28 September 2018

Tengok Khasiat Konsumsi Escargot untuk Kesehatan

Khasiat escargot

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu tahu? Ternyata mengkonsumsi escargot mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Escargot merupakan masakan berbahan baku daging bekicot yang berasal dari Perancis. Di Jepang bahkan pengolahan bekicot ini begitu sederhana, hanya dengan bumbu jahe, cuka, dan pemanis.

Teksturnya yang kenyal dan berlendir ini membuat escargot banyak disukai. Di Perancis, escargot menjadi santapan dengan harga yang cukup mahal. Biasanya escargot dimasak dengan cara direbus atau dikukus terlebih dahulu, kemudian dipanggang dengan aneka bumbu rempah. Escargot juga memiliki banyak manfaat, di antaranya:

1. Penyembuhan Penyakit Asma

Sebenarnya belum ada penelitian ilmiah yang mengatakan bahwa zat yang terdapat pada escargot dapat menyembuhkan penyakit asma. Namun dalam beberapa kasus, masyarakat luas mengatakan bahwa escargot dapat membantu proses penyembuhan penyakit asma.

Caranya adalah dengan memberikan daging escargot secara rutin pada pengidap asma. Lama kelamaan, gejala asma dari pengidap akan menghilang dan akhirnya pengidap asma tersebut pulih dari penyakit asma ini.

2. Baik untuk Perkembangan Otot

Hal ini disebabkan oleh kandungan protein hewani dan kandungan asam amino yang cukup tinggi pada escargot. Protein dan asam amino dapat membantu otot menjadi lebih berkembang. Apabila otot kamu lebih berkembang, kekuatan fisik akan menjadi lebih baik lagi.

3. Menyembuhkan Gatal-Gatal

Escargot ternyata juga bisa menyembuhkan gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya seperti kutu air, kudis, dan lainnya. Kandungan lendir alami dalam escargot mampu meredakan penyakit gatal serta mencegah peradangan. Dalam dunia pengobatan, escargot bahkan banyak digunakan sebagai obat herbal dengan berbagai varian seperti dijadikan sate atau sup.

4. Meredakan Panas Dalam

Daging escargot memiliki nilai kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa meredakan panas dalam. Escargot selalu dimasak dengan berbagai macam rempah dan bumbu agar aromanya lebih wangi serta lendirnya hilang. Kandungan rempah-rempah yang digunakan ini juga dapat membantu meredakan panas dalam.

5. Kandungan Gizi Escargot

Selain rasanya yang gurih, escargot juga mengandung nutrisi yang sangat kaya dan bermanfaat bagi kesehatan bila diolah dengan baik. Dari 1 kilogram, biasanya diperoleh 150-180 gram daging. Escargot mengandung tinggi protein, rendah lemak, rendah karbohidrat, kaya akan zat besi, magnesium, kalium, fosfor, vitamin B kompleks, dan vitamin E yang penting sebagai antioksidan.

Dengan kandungan protein yang tinggi, komponen asam amino penyusun protein juga ditemukan dalam jumlah yang cukup banyak. Asam amino mampu meningkatkan imunitas tubuh terhadap berbagai jenis penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri maupun virus.

Mineral kalsium, fosfor, dan magnesium ditemukan dalam jumlah yang tinggi pada escargot. Ini sangat baik khususnya bagi wanita karena memberikan nutrisi yang memperlambat penuaan. Kalsium dan magnesium dapat mencegah osteoporosis pada wanita berusia lanjut.

Nah, di atas adalah manfaat escargot dan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Dapat dikatakan bahwa nilai gizi escargot, dari segi protein dan zat besinya, bahkan melebihi hidangan daging sapi.

Jika kamu ragu ingin mengkonsumsi escargot dan ingin berkonsultasi terlebih dahulu. Kamu bisa berdiskusi langsung dengan dokter ahlinya di aplikasi Halodoc. Kamu tidak hanya dapat berdiskusi langsung, kamu juga dapat membeli obat dengan layanan Apotek antar dari Halodoc. Yuk, download aplikasinya segera di App Store atau Google play!

Baca juga: