Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C Bisa Bahayakan Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C Bisa Bahayakan Ginjal

Halodoc, Jakarta - Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang sangat diperlukan tubuh. Vitamin C mudah larut dalam air, sehingga berfungsi membantu penyerapan zat besi. Mendengar vitamin C pasti kamu langsung ingatnya buah jeruk. Padahal, vitamin C banyak terdapat pada sayur dan buah lainnya, seperti brokoli, stroberi, dan cabai merah. Selain melalui bisa diperoleh dari makanan, vitamin C bisa diperoleh dalam bentuk tablet, permen, pil, hingga suntikan.

Baca Juga: 4 Manfaat Vitamin C untuk Wajah yang Mesti Dicoba

Walaupun vitamin ini dibutuhkan karena memiliki segudang manfaat, konsumsi vitamin C secara berlebihan bisa mendatangkan berbagai bahaya bagi tubuh, salah satunya ginjal. Berikut ini penjelasan vitamin C tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Dampak Konsumsi Vitamin C Berlebihan Pada Ginjal

Studi dari University of Florida mengungkapkan bahwa takaran harian vitamin C yang dianjurkan sebanyak 80-90 miligram. Tidak ada manfaat lebih yang tubuh dapatkan ketika mengonsumsi vitamin C melebihi jumlah tersebut. Tubuh otomatis membuang kelebihan vitamin C melalui urine. Seseorang mengonsumsi lebih dari batas vitamin C yang dianjurkan bisa mengalami gangguan pencernaan ringan karena vitamin C yang tidak diserap tubuh mengiritasi saluran pencernaan.

Melansir dari Medical News Today, konsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi secara terus menerus juga bisa menimbulkan batu ginjal. Ketika seseorang membebani tubuh dengan dosis vitamin C yang lebih besar dari batas anjuran, kelebihan vitamin itu akan mulai menumpuk pada ginjal.

Pada kasus yang cukup jarang terjadi, seseorang yang mengonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi setelah menjalani transplantasi ginjal bisa meninggal dunia, akibat timbunan kalsium oksalat yang merusak ginjal barunya. Itulah mengapa vitamin C tidak boleh diberikan pada pengidap gagal ginjal.

Kalau kamu merasakan nyeri hebat di bawah tulang rusuk yang menjalar ke perut bagian bawah dan disertai nyeri saat buang air kecil, sebaiknya segera periksakan ke dokter karena bisa jadi itu tanda batu ginjal. Sebelum mengunjungi rumah sakit, kamu bisa membuat janji dengan dokter terlebih dahulu lewat aplikasi Halodoc.

Baca Juga: Ingin Suntik Vitamin C? Kenali Dulu Manfaat dan Bahayanya

Bahaya Lain dari Kelebihan Vitamin C

Selain membawa dampak buruk bagi ginjal, beberapa kondisi lain yang mungkin timbul akibat terlalu banyaknya konsumsi vitamin C, di antaranya:

1. Gejala Alergi

Vitamin C yang dikonsumsi berlebihan memicu munculnya reaksi alergi. Terutama pada beberapa suplemen vitamin C yang mengandung jagung.

2. Penyakit Jantung

Dampak lain dari kelebihan konsumsi vitamin C adalah meningkatnya risiko terserang penyakit jantung. Apalagi pada wanita yang memasuki masa menopause dan mengidap diabetes. Jika konsumsi melebihi dosis 300 miligram per harinya, risiko penyakit jantung juga meningkat.

3. Pengenceran Darah

Vitamin C memiliki sifat antikoagulan, yang artinya memiliki efek mengencerkan darah. Oleh karena itu, kelebihan asupan vitamin C menyebabkan darah menjadi lebih encer, yang kemudian memicu berbagai gangguan kesehatan.

4. Memicu Diabetes

Akibat dari kelebihan vitamin C yang perlu diwaspadai adalah penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan vitamin C memiliki efek terhadap kadar gula dalam darah.

Baca Juga: Bahaya Kekurangan Vitamin C saat Hamil

Nah, sebenarnya dalam kadar yang cukup, vitamin C dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, lain halnya jika vitamin C dikonsumsi secara berlebihan. Tubuh akan mudah lemah dan otot-otot pun akan terasa lelah. Jadi, sebaiknya konsumsi vitamin C sesuai dengan kebutuhan tubuh, ya.

Referensi :
Healthline. Diakses pada 2019. Does Too Much Vitamin C Cause Side Effects?.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Is it possible to take too much vitamin C?.
Medical News Today. Diakses pada 2019. What happens when you take too much vitamin C?.