26 November 2018

Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C Bisa Bahayakan Ginjal

Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C Bisa Bahayakan Ginjal

Halodoc, Jakarta - Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Sayangnya, tubuh tidak dapat memproduksi atau pun menyimpan vitamin ini secara teratur, sehingga kita perlu mengonsumsi vitamin C secara teratur. Namun, konsumsi vitamin C secara berlebihan ternyata dapat mendatangkan berbagai bahaya bagi tubuh, salah satunya ginjal.

Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air dan salah satu fungsinya bagi tubuh adalah membantu penyerapan zat besi. Selain itu, vitamin C juga penting dalam membantu pertumbuhan anak-anak, melindungi sel-sel tubuh, mempercepat penyembuhan luka, serta menjaga kesehatan jaringan ikat. Berbagai manfaat vitamin C tersebut secara alami bisa didapatkan dari buah dan sayur, seperti brokoli, jeruk, stroberi, dan cabai merah. Namun, vitamin ini juga bisa diperoleh dalam bentuk tablet, permen, pil, hingga suntikan.

Sebaiknya Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Takaran harian vitamin C yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah sebanyak 65-90 miligram. Tidak ada manfaat lebih yang akan didapatkan tubuh ketika mengonsumsi vitamin C melebihi jumlah itu. Secara alami, tubuh akan langsung membuang kelebihan vitamin C melalui urine.

Beberapa penelitian pun mengungkapkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak vitamin dan mineral dapat menyebabkan masalah kesehatan. Beberapa contoh gejala umum dari terlalu banyak mengonsumsi vitamin C adalah sebagai berikut:

Tak hanya itu, beberapa pakar diet mengungkapkan bahwa konsumsi suplemen vitamin C terlalu banyak pada masa kehamilan dapat menyebabkan sakit perut dan meningkatkan risiko persalinan prematur. Vitamin C dalam dosis terlalu tinggi berisiko menyebabkan hiperoksaluria, yaitu gangguan kesehatan serius saat kadar asam oksalat yang diekskresikan di dalam urine terlalu tinggi, sehingga meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal.

Bahkan, pada kasus yang cukup jarang terjadi, seseorang yang mengonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi setelah menjalani transplantasi ginjal bisa meninggal dunia, akibat timbunan kalsium oksalat yang merusak ginjal barunya. Itulah mengapa vitamin C tidak boleh diberikan pada pengidap gagal ginjal.

Bahaya Lain dari Kelebihan Vitamin C

Selain membawa dampak buruk bagi ginjal, beberapa kondisi lain yang mungkin timbul akibat terlalu banyaknya konsumsi vitamin C adalah sebagai berikut:

1. Gejala Alergi

Vitamin C yang dikonsumsi berlebihan dapat memicu munculnya reaksi alergi. Terutama pada beberapa suplemen vitamin C yang mengandung jagung.

2. Penyakit Jantung

Dampak lain dari kelebihan konsumsi vitamin C adalah meningkatnya risiko terserang penyakit jantung. Apalagi pada wanita yang telah memasuki masa menopause dan mengidap diabetes. Jika konsumsi melebihi dosis 300 miligram per harinya, risiko penyakit jantung pun akan meningkat.

3. Pengenceran Darah

Vitamin C memiliki sifat antikoagulan, yang artinya memiliki efek mengencerkan darah. Oleh karena itu, kelebihan asupan vitamin C dapat menyebabkan darah menjadi lebih encer, yang kemudian memicu berbagai gangguan kesehatan.

4. Memicu Diabetes

Akibat dari kelebihan vitamin C yang perlu sangat diwaspadai adalah penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan vitamin C memiliki efek terhadap kadar gula dalam darah.

5. Tubuh Mudah Lemah

Dalam kadar yang cukup, vitamin C memang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, lain halnya jika vitamin C dikonsumsi secara berlebihan. Tubuh akan mudah lemah dan otot-otot pun akan terasa lelah.

Itulah sedikit penjelasan tentang bahaya mengonsumsi vitamin C secara berlebihan. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!

Baca juga: