Testis Besar Sebelah, Tanda Terserang Varikokel?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Testis Besar Sebelah, Tanda Terserang Varikokel?

Halodoc, Jakarta - Masalah kesehatan yang berkaitan dengan testis sering kali membuat kaum adam merasa cemas. Alasannya jelas, organ yang satu ini berkaitan erat dengan kesuburan sperma. Nah, sayangnya testis bukan organ yang bebas masalah. Dari beberapa keluhan yang bisa menyerang testis, varikokel merupakan salah satu yang mesti diwaspadai.

Varikokel adalah pembengkakan pada pembuluh darah vena dalam kantong zakar (skrotum/pembungkus testis). Pembengkakan ini bisa membuat testis besar sebelah atau kedua-duanya. Simak ulasan lengkapnya mengenai varikokel yang bisa membuat testis besar sebelah.

Baca juga: Cara untuk Mencegah Penyakit Varikokel

Mirip Varises pada Tungkai

Coba tebak, kira-kira apa yang bisa membuat testis besar sebelah yang menjadi salah satu gejala varikokel? Menurut National Institutes of Health (NIH) - MedlinePlus, varikokel terbentuk ketika katup di dalam vena yang mengalir di sepanjang korda spermatika (struktur yang menggantungkan testis dalam skrotum) mencegah darah mengalir dengan baik.

Kondisi ini membuat darah kembali naik, sehingga menyebabkan pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah. Pembuluh darah yang membawa darah dari testis ke penis seharusnya enggak teraba atau terasa. Namun, pembuluh darah dan vena tampak seperti banyak cacing dalam skrotum bila varikokel menyerang seseorang. Boleh dibilang, kondisi mirip dengan varises pada tungkai.

Masih menurut NIH, dalam kebanyakan kasus varikokel lebih sering terjadi pada pria usia 15 hingga 25. pembengkakannya sering ditemukan pada skrotum sebelah kiri. Sedangkan varikokel pada pria yang lebih tua lain lagi ceritanya. Kondisi ini yang muncul tiba-tiba pada kelompok ini, bisa disebabkan oleh tumor ginjal. Tumor ini yang menghalangi aliran darah vena dan menekan pembuluh vena.

Penyebabnya sudah, lalu bagaimana dengan gejalanya?

Baca juga: Memakai Celana Terlalu Ketat Penyebab Penyakit Varikokel

Bukan Hanya Pembengkakan Testis

Pada sebagian kasus ada pengidap varikokel yang tidak mengalami gejala. Namun, ada pula pengidapnya yang mengalami keluhan, salah satunya testis yang bengkak sebelah.

Selain itu, ada pula gejala-gejala lainnya yang mungkin terjadi, seperti:

  • Skrotum menjadi bengkak;

  • Pembesaran vena terlihat seperti cacing pada skrotum seiring berjalannya waktu;

  • Rasa tidak nyaman pada skrotum;

  • Nyeri makin bertambah saat berdiri atau melakukan aktivitas fisik dalam waktu lama.

Nah, andaikan mengalami gejala-gejala di atas, segeralah temui dokter untuk mendapatkan saran dan penanganan yang tepat. Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

Varikokel Bisa Bikin Mandul, Masa Sih?

Berbicara varikokel sebenarnya enggak cuma menyoal testis besar sebelah saja. Menurut dalam jurnal NIH - Current Issues in Adolescent Varicocele: Pediatric Urological Perspectives, varikokel merupakan penyebab paling umum dari infertilitas. Kok bisa?

Baca juga: Mengenal Penyakit Varikokel, Bisa Berakibat Kemandulan Bagi Pria

Alasannya varikokel bisa membuat suhu di sekitar testis tinggi. Nah, hal ini yang mengganggu pembentukan, fungsi, dan pergerakan sperma. Namun, untungnya kondisi ini mungkin bisa diatasi lewat pembedahan.

Selain masalah kemandulan, varikokel juga bisa membuat testis menyusut. Kok bisa? Jadi katup pembuluh vena yang rusak bisa menyebabkan darah terkumpul dan menekan vena. Hal ini dapat meningkatkan paparan toksin dalam darah. Nah, kondisi ini yang mengakibatkan kerusakan pada testis, termasuk penyusutan. Tuh, seram kan?

Jadi, jika kamu memiliki keluhan pada testis atau masalah kesehatan, sebaiknya segera periksakan ke rumah sakit terdekat. Atau kamu bisa bertanya dulu pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

 

Referensi:
Mayo Clinic.  Diakses pada 2019. Diseases and Conditions. Varicocele.
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2019. Varicocele
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2019. Current Issues in Adolescent Varicocele: Pediatric Urological Perspectives.