Tidur Mangap Saat Mudik, Hati-Hati Tersedak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
tidur-mangap-saat-mudik-hati-hati-tersedak-halodoc

Halodoc, Jakarta – Perjalanan panjang saat mudik membuat kita seringkali harus tidur di dalam kendaraan. Malah kadang-kadang saking lelahnya, beberapa orang bisa tidur dalam keadaan mangap! Rasanya pasti malu banget bila orang lain mendapati kamu sedang tidur dengan mulut menganga. Tapi tahukah kamu, tidur dengan mulut mangap juga bisa membuat kamu tersedak, lho.

Baca juga: Back Hug, Pertolongan Pertama Saat Tersedak

Tidur mangap adalah hal umum yang hampir pernah dialami oleh semua orang saat tidur dalam perjalanan. Apalagi bila kamu tidur dengan posisi kepala mendongak ke atas. Tidur dengan mulut menganga sering diartikan sebagai tanda kelelahan. Namun, selain karena kelelahan, ternyata masih ada beberapa alasan lain yang bisa membuat orang tidur mangap.

1. Otot Menjadi Rileks

Saat tidur, mulut mangap adalah reaksi yang otomatis terjadi karena otot menjadi rileks. Jadi, seiring tubuh beristirahat, otot-otot pun menjadi lebih lemas dan mengakibatkan mulut kamu terbuka. Berbeda pada saat mulut menutup, otot-otot cenderung berkontraksi.

2. Kesulitan Mengambil Oksigen

Normalnya, kita semua bernapas menghirup oksigen melalui hidung untuk kemudian disalurkan ke paru-paru. Namun, saat kamu dalam keadaan yang sangat lelah, tubuh mungkin akan kesulitan mengambil oksigen melalui hidung. Karena itulah, mulut secara otomatis akan terbuka untuk mengambil oksigen yang diperlukan tubuh.

3. Tidur dengan Posisi Mendongak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidur dengan posisi kepala mendongak memang lebih memungkinkan kamu untuk tidur dengan mulut mangap.

4. Faktor Kegemukan atau Obesitas

Tubuh yang kegemukan alias obesitas juga bisa menekan jalur napas sehingga menjadi lebih sempit. Akhirnya, pada saat tidur, mulut akan cenderung terbuka untuk membantu mengumpulkan oksigen.

Bahaya Tidur Mangap Saat Mudik

Kamu sebaiknya berhati-hati bila tidur dalam perjalanan mudik. Pasalnya, tidur mangap bisa bikin kamu tersedak oleh air liur atau bila ada serangga yang masuk. Tersedak bisa terjadi saat kamu harus menelan dan bernapas dalam waktu yang bersamaan. Ini tidak berbahaya sih, tapi bisa berakibat pada kejadian yang mengganggu kualitas tidur.

Selain tersedak, tidur mangap juga bisa menyebabkan mulut kering yang berujung pada kerusakan gigi, bau mulut, bibir pecah-pecah, dan struktur rahang berubah.

Tips Mencegah Tidur Mangap Saat Tidur

Selain tidak enak dilihat, tidur mangap saat mudik pun bisa membuat kamu tidak sengaja menelan benda-benda asing yang kotor, apalagi serangga. Jadi, cegah tidur mangap saat mudik dengan tips-tips berikut:

  • Tutupi Mulut dengan masker

Ini adalah solusi terbaik untuk mengatasi tidur mangap saat mudik. Selain agar tidak kelihatan orang lain, masker juga bisa mencegah serangga masuk ke dalam mulut yang bisa bikin tersedak.

  • Temukan penyebabnya

Cari tahu hal apa yang menyebabkan kamu sering tidur dengan mulut terbuka. Cara paling efektif untuk mencegah tidur mangap adalah dengan mengatasi penyebabnya.

  • Perbaiki posisi tidur

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidur dengan kepala mendongak lebih memungkinkan kamu untuk tidur dengan mulut mangap. Jadi sebaiknya, tidurlah dengan menyandarkan kepala di suatu tempat, seperti di bantalan leher.

Baca juga: Serba Salah, Coba 5 Posisi Tidur Ini Saat Maag Kambuh

  • Menurunkan Berat Badan

Kegemukan enggak hanya bisa membuat kamu tidur mangap, tapi juga ngorok saat tidur. Karena itu, bila berat badan kamu berlebih, berusahalah menurunkan berat badan dengan cara mengatur pola makan dan berolahraga secara rutin.

Baca juga: Mengapa Mendengkur saat Tidur?

Nah, itulah sekilas tentang dampak tidur mangap saat mudik yang sebenarnya tidak berbahaya, tapi juga bukan kebiasaan yang baik. Jangan lupa download juga Halodoc yang bisa menjadi teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu selama mudik. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.