19 September 2018

Tidur Siang Bisa Membuat Otak Mengingat Hal yang Tidak Pernah Terjadi

tidur siang, manfaat tidur siang, kesehatan otak

Halodoc, Jakarta – Bagi para pekerja, tidur siang adalah suatu kegiatan yang sangat mewah. Padahal, tidur siang beberapa jam secara teratur setiap harinya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh kamu. Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan rutin melakukan tidur siang. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh kamu, tapi juga untuk kesehatan otak kamu.

Banyak hal yang terjadi pada otak selama tubuh kita beristirahat. Namun yang perlu kamu ketahui, selama kita tidur, otak kita pun masih akan terus bekerja tanpa henti. Bahkan tahukah kamu, bahwa tidur siang dapat membuat otak kita mengingat hal-hal yang tidak pernah terjadi dalam hidup?

Ya, bagi beberapa peneliti, fenomena ini dikenal juga sebagai kenangan palsu. Kenangan palsu dalam tidur bisa muncul pada proses tidur bagian tahap 2. Saat kamu tidur, kamu akan melalui beberapa 4 tahapan dalam tidur. Proses otak mengingat hal yang tidak pernah terjadi biasanya terjadi pada tahap 2, yaitu tahap di mana jantung dan pernapasan kamu melemah. Kamu akan mengalami relaksasi yang luar biasa pada tahap ini. Proses relaksasi inilah yang kemungkinan memunculkan kenangan palsu pada tidur kamu.

Manfaat Tidur Siang

Banyak hal yang bisa kamu rasakan dengan melakukan tidur siang secara teratur. Tidak hanya untuk kesehatan otak kamu saja, nyatanya tidur siang juga memberikan dampak yang baik untuk kesehatan tubuh kamu. Berikut adalah manfaat yang bisa kamu rasakan dengan rutin melakukan tidur siang:

1. Tidur Siang sebagai Relaksasi

Tekanan yang terjadi pada tubuh dan pikiran saat bekerja atau beraktivitas lainnya pada siang hari membuat dampak yang cukup buruk bagi kesehatan tubuh. Biasanya, kamu akan mengalami stres yang dapat membawa dampak yang kurang baik pada kesehatan psikis dan juga tubuh. Dengan melakukan tidur siang, tubuh kamu akan menjadi lebih rileks dan tenang. Dengan begitu, kamu bisa melakukan kegiatan selanjutnya dengan lebih baik.

2. Tidur Siang Meningkatkan Daya Ingat

Menurut beberapa penelitian, tidur siang sangat baik untuk meningkatkan daya ingat dan menajamkan memori. Maka tidak ada salahnya tidur siang hari untuk meningkatkan daya ingatmu. Tidak hanya itu, tidur siang juga bisa meningkatkan produktivitas kamu dalam berkegiatan.

3. Tidur Siang Membantu Meningkatkan Mood

Serotonin adalah salah satu zat yang bertanggung jawab mengontrol mood dan juga hasrat tidur. Nyatanya, tidur siang akan membuat otak kamu dibanjiri zat serotonin. Dengan begitu, tidur siang akan membuat kamu lebih merasa positif dan kondisi tubuh kembali membaik.

4. Tidur Siang Membuat Kamu Lebih Kreatif

Saat kita tidur, otak mengalami peningkatan fungsi dan juga kegiatan hemisfer bagian kanan. Hemisfer bagian kanan pada otak adalah bagian yang bertanggung jawab atas segi kreativitas. Jadi, tidur siang dengan jumlah yang cukup akan membuat kita menjadi lebih kreatif.

Jangan takut di cap sebagai pemalas saat kamu tidur siang. Buktinya, tidur siang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kamu. Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan otak kamu atau pola tidur kamu, jangan ragu untuk bertanya ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: