• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Cegah Sakit Saat Kehujanan

Tips Cegah Sakit Saat Kehujanan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Tips Cegah Sakit Saat Kehujanan

Halodoc, Jakarta – Musim hujan identik dengan musim orang sakit. Orang lebih mudah terserang berbagai penyakit saat musim hujan. Apalagi jika kamu sampai kehujanan dan kena angin yang dingin. Jika, daya tahan tubuh tidak cukup kuat, maka kamu bisa terserang flu dan sakit kepala. Lalu, bagaimana caranya agar tidak sakit setelah kehujanan?

Baca juga: Inilah yang Harus Dilakukan Setelah Kehujanan

Penyebab kebanyakan orang langsung jatuh sakit setelah kehujanan karena tubuh kaget menerima suhu dingin yang tidak seperti biasanya dan terjadi secara tiba-tiba, sehingga membuat kekebalan tubuh jadi menurun. Pada saat cuaca dingin, virus lebih mudah menyebar sehingga membuat orang lebih mudah sakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang setelah kehujanan adalah pusing atau sakit kepala.

Lakukan Ini agar Tidak Sakit Saat Kehujanan

Air hujan dapat membuat suhu tubuh menjadi lebih dingin, terutama di bagian kepala. Kondisi ini membuat tubuh mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi rasa dingin tersebut.

Akibatnya, sakit kepala pun muncul. Selain sakit kepala, suhu yang dingin juga bisa membuat orang jadi flu. Nah, berikut ini tips yang dicoba untuk mencegah tubuh sakit setelah kehujanan, yaitu:

  • Segera Mandi & Keramas

Air hujan yang turun mengandung gas atau senyawa yang bersifat asam. Tingkat keasaman yang lebih besar dari gas ini ditemukan pada hujan yang turun rintik-rintik atau gerimis. Makanya, meskipun kamu hanya terkena sedikit air hujan, kamu disarankan untuk segera mandi dan keramas untuk menghilangkan senyawa bersifat asam yang dibawa oleh air hujan.

Dilansir dari The Generic Pharmacy, mandi setelah kehujanan juga dapat membuat suhu tubuh menjadi lebih stabil. Tidak ada salahnya untuk mencoba mandi menggunakan air hangat agar tubuh tetap rileks. Selain mandi, kamu dapat merendam kaki pada air hangat agar tubuh lebih nyaman.

  • Konsumsi Makanan atau Minuman Hangat

Untuk menurunkan suhu tubuh yang dingin supaya tidak sakit, kamu juga bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang hangat, seperti susu hangat, sup, dan sekoteng. Selain itu, air jahe juga sangat baik diminum setelah kehujanan karena bermanfaat untuk menghangatkan tubuh sehingga mencegah kamu terkena flu dan pilek. 

Jika setelah kehujanan kamu mengalami beberapa gejala penyakit flu, tidak ada salahnya untuk gunakan aplikasi Halodoc agar kamu dapat bertanya langsung pada dokter mengenai penanganan terhadap penyakit flu. Penyakit flu yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya.

Baca juga: Benarkah Kehujanan adalah Penyebab Flu?

  • Mengonsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang sehat penting untuk diterapkan selama musim hujan ini, agar sistem kekebalan tubuhmu tetap terjaga. Dilansir dari Healthline, memiliki pola makan sehat selama musim hujan dapat membuat kamu terhindar dari gangguan kesehatan karena sistem imun tubuh yang optimal.

Ada beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh, seperti bawang putih, brokoli, paprika merah, jahe dan juga sayur bayam.

  • Lakukan Hidup Sehat

Terkadang kondisi kehujanan membuat sebagian orang menjadi malas untuk beraktivitas. Sebaiknya tetap perhatikan kondisi hidup yang sehat setelah kamu mengalami kehujanan.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, menjalani hidup yang sehat dapat menghindari kamu dari gangguan kesehatan, salah satunya penyakit flu. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan, seperti memenuhi kebutuhan istirahat, tetap melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi makanan sehat, dan jangan lupa memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya.

Baca juga: Kenapa Kehujanan Bisa Bikin Pilek?

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk menghindari sakit setelah kehujanan. Tidak ada salahnya mempersiapkan barang-barang yang bisa digunakan untuk mencegah kehujanan saat beraktivitas, seperti payung dan jaket agar tubuh tetap terasa hangat.

 

Referensi:

Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Healthy Habits to Help Prevent Flu
Healthline. Diakses pada 2020. 15 Foods That Boost the Immune System
The Generic Pharmacy. Diakses pada 2020. Stuck in The Rain: 4 Tips to Keep Getting Sick in Sudden Rain
Globe. Diakses pada 2020. 5 Ways To Avoid Getting Sick During The Rainy Months