29 November 2017

Tips Cegah Sakit Saat Kehujanan

Tips Cegah Sakit Saat Kehujanan

Halodoc, Jakarta – Musim hujan identik dengan musim orang sakit. Orang akan lebih mudah terserang berbagai penyakit saat musim hujan. Apalagi jika kamu sampai kehujanan dan kena angin yang dingin. Jika, daya tahanmu tidak cukup kuat, maka kamu bisa terserang flu dan sakit kepala. Lalu bagaimana caranya agar tidak sakit setelah kehujanan? Kamu bisa mengetahuinya di sini. 

Penyebab kebanyakan orang langsung jatuh sakit setelah kehujanan adalah karena tubuh kaget menerima suhu dingin yang tidak seperti biasanya dan terjadi secara tiba-tiba, sehingga membuat kekebalan tubuh jadi menurun. Pada saat cuaca dingin, virus pun dapat lebih mudah menyebar sehingga membuat orang lebih mudah sakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang setelah kehujanan adalah pusing atau sakit kepala.

Dikutip dari Menshealth, air hujan membuat suhu tubuh menjadi lebih dingin, terutama di bagian kepala. Kondisi ini membuat tubuh mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi rasa dingin tersebut. Akibarnya, sakit kepala pun muncul. Selain sakit kepala, suhu yang dingin juga bisa membuat orang jadi flu. Agar kamu tidak sakit setelah kehujanan, berikut tips-tipsnya:

  • Segera Mandi & Keramas

Air hujan yang turun mengandung gas atau senyawa yang bersifat asam. Tingkat keasaman yang lebih besar dari gas ini ditemukan pada hujan yang turun rintik-rintik atau gerimis. Makanya, meskipun kamu hanya terkena sedikit air hujan, kamu tetap disarankan untuk segera mandi dan keramas untuk menghilangkan senyawa bersifat asam yang dibawa oleh air hujan. Mengganti baju yang basah dengan baju kering juga penting agar suhu tubuh tidak semakin dingin yang membuat kekebalan tubuh semakin menurun.  

  • Konsumsi Makanan atau Minuman Hangat

Untuk menurunkan suhu tubuh yang dingin supaya tidak sakit, kamu juga bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang hangat, seperti susu hangat, sup, dan sekoteng. Selain itu, air jahe juga sangat baik diminum setelah kehujanan karena bermanfaat untuk meghangatkan tubuh sehingga mencegah kamu terkena flu dan pilek.

  • Mengonsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang sehat penting untuk diterapkan selama musim hujan ini, agar sistem kekebalan tubuhmu tetap terjaga. Buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral adalah contoh makanan yang harus kamu konsumsi jika tidak ingin sakit. Selain itu, asupan protein yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi tempe, tahu, ikan, telur, dan lain-lain dapat membantu membangun pertahanan tubuh untuk melawan virus dan kuman penyebab penyakit.

  • Minum Air Putih

Cuaca yang dingin membuat kebanyakan orang jadi malas minum air. Padahal air putih dapat mencegah flu, bahkan mengobati penyakit tersebut lho. Dr David Lewis, seorang dokter THT mengungkapkan bahwa air putih bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan melancarkan sistem peredaran darah, sehingga mencegah orang terserang penyakit flu. Minum air putih juga dapat mengeluarkan virus dan bakteri penyebab flu lewat air seni atau keringat.

  • Hindari Begadang

Setelah terkena hujan, sebaiknya jangan tidur malam atau begadang. Tidur yang cukup dapat membantu memulihkan stamina dan kondisi tubuhmu. Tidur juga akan mengembalikan sistem kekebalan yang turun.

Kamu juga bisa membicarakan kondisi kesehatan kamu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk meminta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Caranya sangat mudah, hanya tinggal order lewat aplikasi, dan pesanan akan diantarkan dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.