21 November 2018

Tips Ibu Hamil Tetap Aman Beraktivitas dan Terhindar dari Sakit Pinggang

Tips Ibu Hamil Tetap Aman Beraktivitas dan Terhindar dari Sakit Pinggang

Halodoc, Jakarta - Hal yang biasanya terjadi pada wanita hamil, terutama ketika usia kehamilan sudah memasuki minggu-minggu menjelang kelahiran adalah sakit pinggang. Sakit pinggang pada wanita hamil disebabkan oleh tubuh yang semakin berat karena perkembangan kandungan. Dengan begitu, wanita hamil harus menyesuaikan tubuhnya ketika berdiri dan berjalan.

Sakit pinggang pada wanita hamil terjadi karena peningkatan hormon-hormon yang dilepaskan saat hamil. Kondisi tersebut pun terjadi karena peregangan ligamen di daerah panggul karena tubuh sedang mempersiapkan kelahiran bayi. Selain itu, postur tubuh yang tidak baik, berdiri secara berlebihan, dan membungkuk juga dapat menambah atau pun memicu terjadinya nyeri pinggang. Stres juga dapat menyebabkan sakit pinggang dan meningkatkan rasa nyerinya.

Untuk wanita hamil, kamu dapat mencegah dan terhindar dari sakit pinggang dengan tips-tips berikut ini:

  1. Melatih Postur yang Baik

Pada wanita hamil, pusat gravitasinya akan berpindah ke depan. Untuk menghindari tubuh jatuh ke depan dan membahayakan janin, wanita hamil dapat menyeimbangkan tubuhnya dengan bersandar ke belakang. Hal tersebut untuk menghindari tubuh terpaku pada punggung bawah. Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya sakit pinggang pada wanita hamil. Selalu pertahankan prinsip postur tubuh yang baik, yaitu dengan cara:

  • Selalu pastikan posisi tubuh tegak.
  • Tahan posisi dada di depan.
  • Selalu jaga posisi bahu dan tetap relaks.
  • Saat berdiri, lebarkan jarak antara kaki agar tidak cepat lelah.
  • Saat duduk, pilih kursi yang dapat menahan punggung kamu atau letakkan bantal kecil di belakang punggung bawah.
  1. Berolahraga

Dengan olahraga yang teratur, sakit pinggang ketika hamil dapat dihindari. Olahraga teratur dapat memperkuat otot, meningkatkan fleksibilitas, dan meringankan stres pada tulang belakang. Olahraga yang aman untuk sebagian besar wanita hamil adalah berjalan santai, berenang, dan bersepeda statis. Para dokter akan merekomendasikan olahraga yang berguna untuk memperkuat pinggang dan perut pada wanita hamil.

  1. Kompres Panas dan Dingin

Kompres panas dan dingin dapat digunakan untuk meredakan sakit pinggang pada wanita hamil. Menerapkan kompres panas dan dingin ke pinggang dapat membantu menghilangkan rasa nyeri di pinggang. Letakkanlah kompres dingin pada area yang terasa sakit hingga 20 menit beberapa kali sehari. Lalu setelah dua atau tiga hari, gantilah ke kompres panas, lalu letakkan ke pinggang yang sakit. Sangat tidak direkomendasikan untuk menggunakan kompres panas pada perut untuk wanita hamil.

  1. Konseling

Sakit punggung juga dapat disebabkan oleh rasa stres pada wanita hamil. Maka dari itu, menceritakannya pada teman atau pun mengambil sesi konseling dapat mengurangi rasa stres, sehingga sakit pinggang dapat diminimalisir.

  1. Akupunktur

Akupunktur adalah sebuah bentuk pengobatan dari Cina yang menggunakan jarum tipis yang kemudian dimasukkan ke dalam kulit pada lokasi tertentu. Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa akupunktur efektif untuk mengurangi nyeri karena sakit pinggang saat kehamilan.

  1. Tidur dengan Posisi yang Tepat

Posisi tidur yang disarankan oleh para dokter untuk mencegah terjadinya sakit pinggang pada wanita hamil adalah posisi miring ke samping, bukan posisi telentang. Caranya adalah dengan menekuk salah satu lutut dan tempatkan bantal di bawahnya. Lalu, letakkan juga bantal di bawah perut dan belakang punggung. Selalu gunakan bantal penyangga untuk punggung ketika berbaring atau ketika duduk dalam waktu yang lama.

Itu lah 6 tips untuk wanita hamil yang ingin mencegah terjadinya sakit pinggang. Apabila ibu mempunyai pertanyaan perihal kehamilan, dokter-dokter dari Halodoc siap membantu. Ibu juga bisa membeli obat di Halodoc, pesanan akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: