Usir Radikal Bebas dengan Astaxanthin si Antioksidan Super

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Usir Radikal Bebas dengan Astaxanthin si Antioksidan Super

Halodoc, Jakarta - Radikal bebas adalah sumber bahaya yang jarang disadari keberadaannya. Padahal, radikal bebas berada dekat dengan manusia karena bisa didapat dari paparan sinar UV matahari, asap rokok, asap kendaraan, polusi udara, bahan kimia industri, serta makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Radikal bebas adalah molekul yang mengandung elektron tunggal, bersifat tidak stabil, dan sangat reaktif. Molekul ini mampu menyerang molekul lain (seperti lipid, asam nukleat, dan protein) dan menyebabkan kerusakan sel, protein, DNA, hingga gangguan keseimbangan dalam tubuh.

Bahaya Radikal Bebas bagi Kesehatan

Radikal bebas dalam jumlah kecil sebenarnya tidak berbahaya. Namun, banyaknya sumber radikal bebas di lingkungan berisiko menambah jumlah molekul ini dalam tubuh. Kondisi ini diperparah dengan sifat radikal bebas yang cenderung menarik elektron dari molekul lain dan mengubahnya menjadi radikal bebas, sehingga jumlahnya terakumulasi dalam tubuh.

Radikal bebas menjadi sulit dihilangkan dan memicu stres oksidatif, yaitu kondisi ketika jumlah radikal bebas melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Akibatnya, intensitas proses oksidasi sel tubuh semakin tinggi dan menimbulkan kerusakan yang lebih banyak. Stres oksidatif ini memicu terjadinya penuaan dini dan berbagai penyakit seperti tumor, kanker, stroke, penyakit jantung koroner, alzheimer, aterosklerosis, dan parkinson.

Tidak ada gejala spesifik banyaknya jumlah radikal bebas, tapi secara umum, kondisi ini ditandai dengan kelelahan, sakit kepala, pusing, nyeri sendi, gangguan penglihatan, muncul keriput, dan sering sakit karena daya tahan tubuh menurun. Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan tidak ada alat yang mengukur jumlah radikal bebas dalam tubuh. Hal yang bisa diukur adalah hasil produksi radikal bebas, seperti MD4 dan 4-hidroksi nonenal.

Cegah Bahaya Radikal Bebas dengan Antioksidan

Cara terbaik mencegah dampak negatif radikal bebas adalah mengonsumsi antioksidan, zat yang berfungsi menghambat proses kimiawi oleh radikal bebas dalam tubuh. Senyawa ini sudah dimiliki tubuh dalam bentuk enzim, tapi jumlahnya belum cukup untuk melawan serangan radikal bebas. Maka itu, kamu perlu meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh dengan konsumsi makanan bervitamin dan mengandung fitonutrien seperti buah, sayuran, teh hijau, dan kacang - kacangan.

Kamu juga bisa mencegah radikal bebas dengan konsumsi astaxanthin, jenis antioksidan yang banyak ditemukan pada buah, sayuran, dan hewan berwarna merah atau oranye maupun dalam bentuk suplemen.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, astaxanthin terbukti punya banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan kesehatan mata, jantung, sendi, dan kulit. Maka itu, Supreme Health memadukan astaxanthin dengan bahan alami lain untuk memaksimalkan perlindungan tubuh dalam melawan radikal bebas. Kombinasi ini bisa ditemukan pada suplemen Astria.

Keunggulan Astria dalam Melawan Radikal Bebas

Sebagian besar antioksidan hanya bisa menangani satu radikal bebas pada satu waktu, sehingga perlindungannya tidak begitu maksimal. Hal ini berbeda dengan Astria, suplemen astaxanthin yang bisa mengatasi beberapa radikal bebas sekaligus. Astria juga satu – satunya suplemen berbentuk oil, sehingga kandungan astaxanthinnya 10 persen lebih murni dibandingkan astaxanthin berbentuk bubuk. Khasiat Astria berbeda - beda pada tiap orang, tapi sebagian besar merasakannya beberapa hari atau minggu setelah konsumsi pertama. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa menggabungkan Astria pada menu makan harian untuk membantu proses penyerapannya.

Jadi, kamu paham pentingnya suplemen untuk kesehatan dan melawan radikal bebas yang bisa didapatkan dari Astria. Kamu bisa dengan mudah membeli suplemen Astria di aplikasi Halodoc. Kamu bisa membeli suplemen Astria Astaxanthin dan produk kesehatan lain dengan mudah hanya dalam satu aplikasi. Pilih fitur Pharmacy Delivery, pesanan kamu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!