• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Vaksin dan Gaya Hidup Sehat, Kunci Pencegahan Meningitis

Vaksin dan Gaya Hidup Sehat, Kunci Pencegahan Meningitis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Penikmat musik Indonesia sedang berduka, lantaran berpulangnya salah satu penyanyi legendaris, Glenn Fredly, pada Rabu (8/4) lalu, karena penyakit radang selaput otak atau meningitis. Penyakit ini merupakan kondisi ketika terjadi peradangan pada meninges, yaitu lapisan pelindung otak dan saraf tulang belakang. Jika tidak ditangani dengan baik, meningitis dapat menimbulkan komplikasi fatal.

Untuk itu, alangkah baiknya jika kamu mengetahui bagaimana cara pencegahan untuk meningitis. Karena disebabkan oleh infeksi, menjaga gaya hidup sehat dan bersih merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan, agar terhindar dari meningitis. Namun, penyakit ini juga dapat dicegah dengan mendapatkan vaksin untuk meningitis. Lebih jelasnya, simak setelah ini. 

Baca juga: Ketahui Penyebab Terjadinya Meningitis

Upaya Pencegahan untuk Meningitis

Umumnya, penyakit meningitis disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Karena penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi fatal, berikut beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah meningitis:

1. Vaksinasi

Vaksinasi adalah cara paling efektif untuk mencegah meningitis. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, vaksin meningitis sudah dapat diberikan ketika berusia 11-12 tahun, lalu vaksin tambahan ketika berusia 16-18 tahun. Sebab, pada usia 18-21 tahun, risiko penularan meningitis cukup tinggi, sehingga vaksin lengkap sudah harus diberikan sebelum usia tersebut.

Vaksin meningitis juga direkomendasikan jika kamu akan bepergian ke negara dengan angka kasus meningitis tinggi. Selain vaksin meningitis, mendapatkan vaksinasi campak, gondong, rubella, dan cacar air juga dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus pemicu meningitis. Berikut beberapa jenis vaksin yang dapat digunakan untuk mencegah meningitis:

  • Vaksin pneumococcal. Memberikan perlindungan terhadap bakteri pneumococcal.
  • Vaksin Hib. Melindungi dari bakteri Haemophilus influenzae tipe B penyebab meningitis.
  • Vaksin MenC. Melindungi dari bakteri meningococcal grup C.
  • Vaksin MMR. Melindungi dari kondisi yang memicu meningitis, seperti gondongan, campak, dan rubella.
  • Vaksin ACWY. Memberikan perlindungan terhadap bakteri meningococcal grup A, C, W, dan Y.
  • Vaksin meningitis B. Melindungi dari bakteri meningococcal tipe B.

Perlu diketahui bahwa pemberian vaksin-vaksin tersebut harus disesuaikan dengan umur seseorang. Jadi, download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter terkait vaksin apa yang tepat sesuai kondisi. Setelah tahu vaksin jenis apa yang diperlukan, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc juga untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, untuk mendapatkan vaksin.

Baca juga: Apakah Meningitis Dapat Menular?

2. Jaga Kebersihan dan Rutin Cuci Tangan

Sama halnya seperti virus flu, virus dan bakteri penyebab meningitis juga bisa masuk ke mulut melalui tangan. Kamu mungkin tidak bisa mengontrol perpindahan tanganmu ke tempat-tempat mana saja, tetapi kamu bisa menghindari penularan virus dan bakteri dengan cara menjaga kebersihan dan rutin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun. 

3. Jangan Berbagi Barang Pribadi dengan Orang Lain

Meningitis juga dapat menular lewat sentuhan fisik, pertukaran udara dan penggunaan barang-barang pribadi, misalnya sikat gigi, baju, pakaian dalam, piring, lipstik, dan rokok dari orang yang terinfeksi meningitis. Jadi, sebaiknya hindari berbagi minuman, makanan, atau apa pun yang melibatkan pertukaran air liur secara langsung dan tidak langsung dengan orang lain.

4. Jaga Jarak Fisik dari Orang yang Terinfeksi

Bakteri penyebab meningitis yang bersarang pada hidung dan tenggorokan bisa menyebar ketika batuk dan bersin. Kamu bisa saja terkena meningitis jika berada dalam jangkauan yang cukup dekat dengan orang yang mengidap penyakit ini. Jika seseorang yang kamu kenal mengidap infeksi pernapasan, ada baiknya jaga jarak dan menggunakan pelindung masker. 

Baca juga: Alasan Meningitis Berakibat Fatal

5. Miliki Pola Makan Sehat

Memiliki pola makan sehat sebenarnya adalah suatu keharusan, jika kamu ingin hidup sehat, dan terhindar dari meningitis atau penyakit lainnya. Dengan mengonsumsi makanan sehat, daya tahan tubuh kamu akan menjadi kuat dan lebih tangguh dalam menghadapi serangan infeksi bakteri atau virus dari luar.

Itulah beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit meningitis. Jangan lupa juga untuk tingkatkan daya tahan tubuh dengan rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan banyak minum air putih. Selain itu, penting juga untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, agar semua penyakit yang mungkin bersarang dalam tubuh bisa dideteksi dan diobati lebih cepat.

Referensi:
The Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Meningitis.
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Meningitis.