Vertigo Bisa Sebabkan Infeksi Telinga, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Vertigo Bisa Sebabkan Infeksi Telinga, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mengalami vertigo? Kalau pernah, pasti rasanya seperti pusing seolah lingkungan di sekelilingmu ikut berputar-putar. Kondisi ini dapat mengganggu pengidap untuk menjalankan aktivitas seperti biasa. Pasalnya, mereka kesulitan untuk berdiri apalagi berjalan secara normal. Terlebih jika vertigo yang dialami cukup parah. Ada anggapan bahwa, kondisi vertigo dapat memicu terjadinya infeksi telinga. Benarkah demikian? Yuk, cek faktanya di bawah ini.

Baca Juga: Ingat, 4 Makanan Ini Wajib Dihindari Pengidap Vertigo

Benarkah Vertigo Bisa Menyebabkan Infeksi Telinga?

Faktanya, munculnya vertigo disebabkan infeksi telinga. Vertigo akibat infeksi telinga dapat muncul tiba-tiba. Selain vertigo, pengidap infeksi telinga umumnya mengalami telinga berdenging dan gangguan pendengaran. Nah, berikut jenis infeksi telinga yang bisa memicu timbulnya vertigo, yaitu:

  • Labirinitis. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, labirinitis adalah infeksi telinga yang bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri yang masuk ke saluran berliku (labirin) di telinga.

  • Vestibular neuritis. Vestibular neuritis adalah infeksi telinga di bagian saluran telinga yang terhubung langsung dengan otak. Kondisi ini sering disebabkan oleh infeksi virus.

Selain kedua infeksi telinga atas, ada Kondisi medis yang masih berkaitan dengan gangguan telinga yang bisa memicu terjadinya vertigo:

  • Cedera kepala. Seseorang yang pernah mengalami cedera kepala akibat kecelakaan dan benturan juga rentan mengalami vertigo. Pasalnya, cedera juga bisa menimbulkan efek samping pada telinga bagian dalam.  

  • Penyakit Meniere. Penyakit meniere merupakan jenis penyakit langka yang menyerang telinga bagian dalam. Selain vertigo, pengidapnya juga bisa mengalami telinga berdenging dalam kurun waktu cukup lama.

  • Benign paroxymal positional vertigo (BPPV).  BPPV muncul ketika adanya perubahan posisi kepala secara tiba-tiba. Contohnya, perubahan posisi kepala tegak menjadi menunduk secara cepat atau dari menunduk ke posisi mendongak. BPPV sering dialami oleh individu yang pernah menjalani operasi telinga.

Apabila kamu mengalami vertigo, segera tanya dokter Halodoc untuk cari tahu penyebabnya. Melalui aplikasi Halodoc kamu bisa Chat, Voice/Video Call dengan dokter. Mudah sekali, bukan? Yuk, download aplikasinya sekarang di smartphone kamu, ya!

Baca Juga: 4 Kebiasaan yang Dapat Menjadi Faktor Penyebab Vertigo

Bukan hanya infeksi telinga, ada jenis-jenis penyakit lain yang juga ditandai dengan kondisi vertigo. Penyakit tumor otak, migrain, neuroma akustik, multiple sclerosis atau stroke juga rentan menyebabkan vertigo.

Perawatan untuk Mengurangi Gejala Vertigo

Ada banyak cara untuk mengurangi gejala vertigo, mulai dari konsumsi obat-obatan atau melakukan teknik tertentu. Jenis obat-obatan yang bisa dipilih meliputi diphenhydramine, promethazine, meclizine atau dimenhydrinate. Selain minum obat, ada beberapa teknik yang bisa kamu lakukan untuk meredakan vertigo, yaitu:

  • Hindari perubahan cepat dalam posisi atau gerakan tiba-tiba;

  • Sebaiknya duduk diam selama serangan vertigo;

  • Cobalah untuk bangun perlahan dari posisi berbaring atau duduk;

  • Hindari televisi, layar komputer, dan lampu terang atau berkedip selama serangan vertigo;

  • Jika vertigo terjadi saat berada di tempat tidur, cobalah duduk di kursi dan jaga agar kepala tetap diam. Pencahayaan rendah lebih baik untuk mengurangi gejala daripada kegelapan atau lampu terang;

  • Jika vertigo berlanjut untuk waktu yang lama, kamu mungkin butuh bantuan terapis fisik dan okupasi untuk membantu meningkatkan keseimbangan;

  • Hindari mengemudikan mobil atau menggunakan mesin lain sampai vertigo mereda.

Jika gejala vertigo yang kamu alami semakin parah, maka segera periksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat agar segera mendapatkan penanganan yang tepat, ya!

Baca Juga: Terapi Vertigo Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

Referensi:
WebMd (2019). Why Am I Dizzy?.
NHS (2019). Labyrinthitis. Treating labyrinthitis.
Healthline (2019). Labyrinthitis: Symptoms, Causes.