• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Vertigo saat Hamil, Apakah Berbahaya?

Vertigo saat Hamil, Apakah Berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat wanita sedang hamil, banyak hal yang dapat terjadi sebagai dampak dari kehamilan tersebut. Ibu mungkin mengalami perubahan pada bentuk tubuh dan juga dari segi hormon. Peningkatan hormon yang terjadi tersebut dapat menyebabkan ibu mengalami vertigo yang mengganggu.

Vertigo saat hamil adalah hal yang umum terjadi. Gangguan tersebut dapat menyebabkan ibu merasakan semua yang ada di sekitar ibu berputar, sehingga terasa sangat pusing, kesulitan berjalan, hingga pingsan. Meski umum terjadi, vertigo saat hamil juga bisa berbahaya. Berikut bahasan lengkapnya!

Baca juga: Alami Vertigo saat Hamil, Ini Penyebabnya

Bahaya Vertigo saat Hamil

Vertigo adalah gangguan yang umum terjadi ketika seseorang sedang hamil. Ibu hamil mungkin lebih sering mengalaminya pada trimester pertama, walaupun tidak menutup kemungkinan terjadi selama kehamilan. Kejadian ini terjadi sebagai gejala awal dari tekanan darah rendah yang menurun karena timbulnya perasaan mual yang membuat sulit untuk makan banyak.

Kondisi ini juga dapat terjadi karena meningkatnya hormon yang menyebabkan pembuluh darah menjadi rileks dan melebar. Hal tersebut dapat membantu untuk meningkatkan aliran darah ke janin, tetapi dapat memperlambat aliran darah kembali menjadi lebih rendah dari biasanya. Karenanya, aliran darah ke otak berkurang dan menyebabkan vertigo.

Vertigo juga terjadi karena penyesuaian terhadap metabolisme baru pada tubuh karena kadar gula darah yang menurun. Wanita hamil yang mengidap anemia atau memiliki varises lebih rentan untuk mengalami gangguan sakit kepala ini dibandingkan yang tidak. Pada trimester kedua, perasaan pusing terjadi disebabkan rahim yang menekan pembuluh darah karena semakin besar.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Dapat Menjadi Faktor Penyebab Vertigo

Apa bahaya vertigo saat hamil yang mungkin terjadi? Vertigo yang terjadi pada ibu hamil umumnya tidak berdampak pada janin yang dikandung. Walau begitu, hal ini dapat menyebabkan ibu mengalami kehilangan keseimbangan karena semua yang ibu lihat akan berputar-putar. Maka dari itu, ibu harus benar-benar tidak melakukan apa pun dan beristirahat agar pusing yang terjadi hilang.

Cara yang ampuh agar vertigo yang terjadi dapat dengan cepat ditanggulangi adalah dengan mengangkat kaki ibu untuk meningkatkan alirah darah ke otak. Jika hal tersebut sulit dilakukan, cobalah untuk duduk dan tekuk kaki sejauh yang ibu bisa dan bernapas secara perlahan dan dalam agar aliran darah lancar.

Jika ibu mempunyai pertanyaan terkait vertigo saat hamil, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Selain itu, ibu juga dapat memesan pemeriksaan fisik secara online melalui aplikasi tersebut.

Baca juga: 4 Fakta & Mitos Vertigo Pada Wanita

Cara Mencegah Vertigo saat Hamil

Dikarenakan vertigo yang terjadi dapat berbahaya ketika sedang berkegiatan, ada baiknya ibu mengetahui cara untuk mencegahnya. Dengan begitu, ibu dapat beraktivitas dengan baik tanpa gangguan. Berikut beberapa cara untuk mencegah gangguan sakit kepala tersebut:

  • Bangun dengan Perlahan

Cobalah bangun dari posisi tidur secara perlahan agar tubuh tidak kaget. Selain itu, dengan bangun secara mendadak dapat menyebabkan tekanan darah menurun tiba-tiba dan menyebabkan pusing yang berujung pada vertigo.

  • Lebih Banyak Konsumsi Kudapan

Ibu dapat memastikan lebih banyak konsumsi makanan sehat dan menyeluruh selama hamil. Camilan yang baik adalah campuran dari protein dan karbohidrat kompleks di setiap makanan agar menjaga kadar gula darah tetap stabil.

  • Perbanyak Konsumsi Cairan

Ibu juga harus memastikan tubuh menerima cairan yang cukup, karena pusing yang terjadi juga dapat disebabkan oleh dehidrasi. Pastikan ibu mengonsumsi sekitar 2 liter cairan per hari dan lebih banyak lagi ketika udara panas atau aktif berolahraga.

Itulah bahaya yang dapat terjadi pada ibu hamil ketika mengalami vertigo. Dengan mengetahui bahaya dari vertigo, ibu harus mencegahnya terjadi agar tidak membahayakan diri dan janin yang dikandung. Selain itu, jika hal tersebut sudah sangat sering kambuh, ada baiknya untuk memeriksakannya pada dokter.

Referensi:
American Pregnancy. Diakses pada 2019. Dizziness and Pregnancy
What to Expect. Diakses pada 2019. Dizziness During Pregnancy