Virus Influenza Dapat Sebabkan Laringitis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Virus Influenza Dapat Sebabkan Laringitis

Halodoc, Jakarta - Flu atau influenza adalah penyakit yang dapat mengganggu aktivitas kamu. Gangguan ini disebabkan oleh virus yang membuat tenggorokan tidak nyaman. Infeksi yang disebabkan oleh virus tersebut ternyata dapat menyebabkan kamu mengalami laringitis.

Gangguan tersebut dapat menyebabkan kamu merasakan sakit tenggorokan, batuk, demam, hingga kehilangan suara. Hal ini terjadi karena saluran pernapasan tempat pita suara berada mengalami radang. Berikut adalah pembahasan mengenai infeksi virus influenza yang sebabkan laringitis!

Baca juga: Ikuti Tips Ini untuk Mencegah Laringitis

Virus Influenza Bisa Sebabkan Laringitis

Influenza adalah sebuah penyakit yang dapat menular dan disebabkan oleh virus. Seseorang yang terserang penyakit ini mungkin akan merasakan demam tinggi, pilek, sakit tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala, hingga batuk. Ternyata, virus tersebut dapat berkembang sehingga menyebabkan laringitis.

Virus influenza tersebut dapat sebabkan laringitis pada tenggorokan seseorang. Ketika virus tersebut menyerang bagian pita suara kamu atau laring, sehingga menyebabkan infeksi dan laringitis pun akan terjadi. Walau begitu, umumnya gangguan ini terjadi pada seseorang yang mempunyai kekebalan tubuh yang lemah.

Walau begitu, laringitis lebih umum terjadi disebabkan oleh kerusakan pada pita suara. Seseorang yang terlalu banyak menggunakan bagian laringnya tersebut dapat menyebabkan radang. Beberapa hal yang dapat menyebabkannya adalah bernyanyi dengan berteriak-teriak dan terlalu sering bernyanyi.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini saat Mengalami Laringitis

Gejala Laringitis yang Dapat Terjadi

Laringitis adalah terjadinya peradangan pada kotak suara. Umumnya, gangguan ini akan menjadi lebih baik tanpa pengobatan dengan waktu sekitar satu minggu. Gejala dari gangguan ini dapat memburuk selama dua hingga tiga hari. Berikut beberapa gejala umum ketika seseorang mengalami laringitis, yaitu:

  • Suara serak.

  • Kesulitan berbicara.

  • Sakit tenggorokan.

  • Demam ringan.

  • dan batuk iritasi.

Pada beberapa kasus, gangguan tersebut dapat menyebabkan laring kamu membengkak dan menyebabkan kesulitan untuk bernapas. Gangguan ini umumnya terjadi pada anak kecil yang masih memiliki batang tenggorokan yang lebih kecil dan lebih sempit. Jika hal ini terjadi, kamu harus segera mendapatkan pengobatan.

Laringitis juga yang terjadi umumnya berhubungan dengan penyakit lain, seperti pilek, flu, infeksi tenggorokan atau radang amandel. Maka dari itu, kamu mungkin akan mengalami gejala lain, seperti:

  • Hidung yang mengeluarkan ingus.

  • Rasa sakit yang timbul saat menelan.

  • Terjadinya pembengkakan pada kelenjar di leher.

  • dan merasa lelah dan pegal.

Lalu, jika kamu mempunyai pertanyaan terkait virus influenza yang dapat menyebabkan laringitis, dokter dari Halodoc dapat membantu untuk menjawabnya. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat melalui aplikasi tersebut tanpa keluar rumah, mudah bukan?

Baca juga: Awasi Penyebab Laringitis yang Menyerang Tenggorokan

Pengobatan Terhadap Laringitis

Pengobatan yang paling penting dan efektif yang dapat kamu lakukan adalah mengistirahatkan suara kamu terlebih dahulu untuk sementara waktu. Tanpa penggunaan yang berlebih, sehingga menyebabkan pita suara kamu stres, bagian tersebut dapat sembuh dengan sendirinya tanpa obat.

Namun, jika kebutuhan untuk berbicara sangat mendesak, kamu dapat meminta dokter untuk meresepkan kortikosteroid. Obat buatan manusia ini akan meniru hormon, seperti kortisol yang diproduksi oleh tubuh kamu secara alami. Hal ini akan mengurangi peradangan yang terjadi pada laring.

Berikut beberapa pengobatan rumahan yang dapat membantu untuk penyembuhan radang pada tenggorokan kamu, yaitu:

  • Perbanyak minum cairan. Kamu mungkin merasakan sakit saat menelan, tetapi dengan terus menjaga hidrasi pada tubuh, gangguan tersebut pun akan semakin membaik. Selain itu, hindari konsumsi alkohol dan kafein.

  • Berkumurlah dengan air garam yang hangat. Salinitas tidak hanya akan menenangkan area tersebut, tetapi juga dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi.

  • Kamu dapat mengisap tablet untuk memulihkan tenggorokan, yang umumnya mengandung obat herbal, seperti mint. Hal tersebut disebut dapat menenangkan sakit tenggorokan.

Referensi:
NHSinform.Diakses pada 2019.Laryngitis
WebMD.Diakses pada 2019.What Is Laryngitis?