Wanita Wajib Tahu, Ini 6 Ciri Miss V Sehat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Wanita Wajib Tahu, Ini 6 Ciri Miss V Sehat

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan dan kebersihan Miss V sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, Miss V yang tidak terawat bisa memicu banyak kerugian, termasuk masalah kesehatan tubuh dan kehidupan seksual. Pada dasarnya, vagina merupakan organ yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Meski begitu, kamu tetap melakukan perawatan agar kesehatan organ ini selalu terjaga. 

Sama seperti saat mengalami gangguan, Miss V yang sehat juga akan menunjukkan beberapa tanda. Mengetahui tanda organ reproduksi yang sehat bisa dijadikan ukuran dan merencanakan cara perawatan yang perlu dilakukan selanjutnya. Biar lebih jelas dan yakin bahwa kesehatannya terjaga, cari tahu apa saja tanda miss V yang sehat melalui artikel berikut!   

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Miss V Juga Butuh Perhatian Khusus

Tanda Miss V Sehat Tidak Hanya dari Luar 

Miss V yang tidak dijaga kesehatan dan kebersihannya sangat rentan terserang gangguan, seperti keputihan, gatal, hingga penyakit menular seksual. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu memastikan kesehatan organ ini terjaga. Vagina yang sehat biasanya memiliki 6 tanda berikut ini: 

1. Tidak Gatal 

Sensasi gatal yang muncul bisa menjadi salah satu tanda adanya gangguan pada area kewanitan. Sebab, Miss V yang sehat dan normal tidak akan memicu rasa gatal yang tidak wajar. Sebaiknya waspadai jika kondisi ini terjadi, sebab gatal yang muncul bisa menjadi tanda adanya infeksi pada vagina. 

2. Tidak Ada Benjolan 

Selain rasa gatal, waspadai juga keberadaan benjolan pada area Miss V. Selain benjolan, tanda iritasi juga bisa menjadi gejala gangguan pada vagina. Dalam keadaan normal, vagina yang sehat tidak akan memiliki benjolan maupun luka iritasi. Untuk mengetahui hal ini, disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan pada area Miss V setiap membersihkannya. Dengan begitu, kamu bisa segera mengetahui jika ada kelainan atau perubahan yang terjadi di area ini. 

3. Keputihan Normal

Keputihan alias keluarnya cairan dari miss V adalah hal yang wajar dan hampir pasti terjadi. Namun, sebaiknya perhatikan bagaimana kondisi keputihan yang terjadi. Vagina yang sehat tidak akan mengeluarkan keputihan tidak normal, yaitu keputihan yang ditandai dengan bau tidak sedap, cairan yang keluar berwarna hijau dan kental, serta dibarengi dengan rasa sakit dan gatal. 

Baca juga: Tidak Perlu Panik, Inilah Cara Mengatasi Keputihan

4. Tidak Terasa Sakit 

Miss V yang sehat tidak akan terasa sakit. Sebaliknya, jika muncul rasa sakit yang tak tertahankan di area intim ini, segera lakukan pemeriksaan kesehatan. Sebab, bisa jadi nyeri pada vagina merupakan gejala awal dari penyakit tertentu, termasuk penyakit menular seksual

5. Aroma yang Khas 

Setiap wanita dan tentunya setiap vagina memiliki aroma yang khas. Artinya, aroma dari organ intim ini bisa berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya. Vagina yang sehat pada dasarnya akan mengeluarkan bau yang agak asam, seperti cuka dan bisa tercium dari jarak kira-kira 30 sentimeter. 

6. Tidak Berbau Busuk 

Seperti dikatakan sebelumnya, Miss V yang sehat akan memiliki aroma yang sedikit asam. Jika vagina mengeluarkan bau yang tidak wajar, seperti bau busuk, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan. Hal ini bisa menjadi gejala penyakit yang mungkin berdampak fatal jika dibiarkan. 

Baca juga: 5 Penyakit Kelamin Berbahaya yang Perlu Diketahui

Cari tahu lebih lanjut seputar ciri Miss V sehat dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Vagina: What's normal, what's not.
Romper. Diakses pada 2019. 7 Signs You Have Healthy Vagina.
Self. DIakses pada 2019. This Is What Your Vagina Is Supposed To Smell Like.