29 December 2017

Warna Lidah bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan

Warna Lidah bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Hampir semua perubahan yang terjadi pada tubuh manusia bisa menjadi tanda dan gejala. Entah tanda yang wajar, seperti perubahan usia sampai  perubahan yang merupakan gejala awal penyakit yang mematikan. Hal tersebut pun berlaku bagi bagian dalam tubuh manusia, seperti lidah.

Lidah adalah bagian tubuh yang berada di dalam rongga mulut. Pada umumnya lidah manusia memiliki warna yang wajar dan tidak terlalu mencolok. Namun pernahkah kamu memperhatikan atau menemukan perubahan warna pada lidah?

Nyatanya lidah manusia bisa mengalami perubahan warna. Kalau ini terjadi, kamu perlu waspada sebab perubahan warna pada lidah bisa menunjukkan kondisi kesehatan tubuh. Bagaimana cara mengetahuinya?

Lidah berubah warna putih

Salah satu warna yang cukup sering terlihat pada lidah adalah putih. Menurut sejumlah ahli, lidah yang berubah menjadi sedikit putih merupakan tanda bahwa tubuh mengalami dehidrasi. Kondisi ini merupakan tanda bahwa tubuh mengalami kekurangan cairan dan perlu segera minum air putih. Sebagian tubuh manusia terdiri dari air sehingga asupan air minum yang cukup adalah salah satu kunci untuk menjaga keseahatan. Untuk menghindari dehidrasi, biasakanlah banyak minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat beraktifitas.

Tanda lain yang ditunjukkan dengan lidah  yang berwarna putih adalah telah terjadi infeksi jamur di seputar area mulut. Seorang Profesor kedokteran gigi klinis UCLA School of Dentistry, Fariba Younai, DDS, mengatakan lidah putih mungkin terjadi karena ada plak yang berkembang di lidah.

Lidah, katanya, termasuk salah satu organ tubuh yang dapat membersihkan dirinya secara alami. Kemudian  lidah juga akan melakukan pembaruan sel-sel di permukaan lidah untuk menyingkirkan bakteri atau sel-sel mati. Namun saat terjadi infeksi, fungsi itu ikut terganggu.

Lidah berubah warna merah

Pada beberapa kasus, lidah manusia bisa berubah warna menjadi kemerahan dan terlihat mencolok. Warna merah mungkin bisa terjadi setelah mengonsumsi makanan, minuman atau buah dan  obat tertentu. Namun jika perubahan terjadi secara mendadak, kamu perlu waspada.

Sebab perubahan warna lidah menjadi merah bisa menjadi pertanda dari penyakit menular tertentu. Namun perlu dilakukan pemeriksaan, dan tentutanya terdapa gejala lain jika kondisi ini yang terjadi.

Warna merah pada lidah pun bisa jadi  tanda telah terjadi  peradangan. Selain itu, beberapa kondisi lain juga bisa menjadi penyebab berubahnya warna lidah menjadi kemerahan seperti kurang vitamin, penyakit kawasaki dan demam scarlet. Penyakit-penyakit tersebut memiliki gejala perubahan warna lidah menjadi merah.

Lidah berubah warna biru

Jika lidah tiba-tiba berubah warna menjadi biru seperti lebam, bisa jadi itu adalah tanda bahwa telah terjadi masalah pada ginjal. Pasalnya  warna ini sering dianggap sebagai pertanda adanya masalah serius yang membutuhkan penangan medis segera.

Perubahan lidah menjadi kebiruan bisa jadi terjadi  karena kurangnya pasokan oksigen sehingga tidak mencukupi untuk tubuh. Selain itu, adanya kelainan darah hingga disfusi jantung pun merupakan kondisi yang dapat menyebabkan lidah berubah biru.

Lidah berubah kuning

Masalah yang terjadi di sekitar bagian perut dan hati manusia juga bisa menjadi pemicu perubahan warna pada lidah. Jika bagian ini yang bermasalah, biasanya lidah seseorang akan berubah warna  menjadi kuning.

Sejumlah ahli pun menyebut bahwa perubahan  lidah menjadi kuning adalah kondisi yang perlu diwaspadai. Pasalnya lidah yang kuning sering dikaitkan dengan black hairy tongue atau penyakit lidah berambut. Mengutip  Mayoclinic, lidah berambut sering ditandai dengan perubahan warna kuning pada bagian dalam mulut, terutama lidah.

Namun tidak melulu perubahan warna lidah terjadi karena adanya masalah serius. Lidah kuning biasanya juga akan terjadi saat ada penumpukan sel kulit mati yang tidak berbahaya di permukaan lidah.

Agar tidak terkecoh, segera lakukan pemeriksaan jika merasa mengalami perubahan warna lidah secara mendadak. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menceritakan gejala  awal seputar penyakit pada dokter, jangan lupa untuk menceritakan kondisi  dan perubahan  warna lidah yang terjadi. Dokter di Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat.

Kamu juga bisa membeli obat dan vitamin di Halodoc, pesanan akan diantar dalam waktu satu jam ke rumah,  lho. Yuk,  download Halodoc di App Store dan Google Play.