Waspada, SARS Dapat Sebabkan Komplikasi Penyakit Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Waspada, SARS Dapat Sebabkan Komplikasi Penyakit Ini

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu, terdapat sebuah gangguan yang dapat menyerang sistem pernapasan dan sangat menular? Kondisi tersebut dikenal dengan gangguan sistem pernapasan akut atau SARS. Perlu diwaspadai, karena kondisi ini dapat berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik.

SARS yang terjadi dapat menyebar dengan cepat, bahkan penyakit ini dapat menyebabkan beberapa komplikasi. Infeksi tersebut dengan mudah menyebar ke orang lain melalui kontak dari keringat dan peralatan makan yang digunakan. Maka dari itu, kamu harus menghindari berbagi makanan dan minuman dengan orang lain.

Baca juga: Begini Pemeriksaan untuk Deteksi SARS

Komplikasi yang Dapat Disebabkan oleh SARS

Gangguan yang disebabkan oleh SARS dapat menyebar dengan mudah ke orang lain. Penyakit yang menyerang sistem pernapasan tersebut memang mudah untuk disembuhkan. Meski begitu, gangguan sistem pernapasan akut tersebut dapat menyebabkan komplikasi, bahkan kematian jika tidak segera diobati.

Gangguan pernapasan ini juga lebih sering menyerang orang yang berusia di atas 65 tahun. SARS juga dapat menyerang seseorang yang mengidap penyakit kronis lainnya. Maka dari itu, kemungkinan untuk mengalami komplikasi yang disebabkan oleh SARS sangat mungkin terjadi.

Berikut adalah beberapa komplikasi yang dapat disebabkan oleh SARS:

  1. Kegagalan Pernapasan

Salah satu komplikasi yang dapat disebabkan oleh SARS adalah kegagalan pernapasan. Keadaan tersebut terjadi karena paru-paru tidak dapat menghilangkan karbon dioksida dari darah. Akibatnya, darah mengalami kekurangan oksigen dan kandungan karbon dioksida menjadi lebih tinggi pada saat yang bersamaan. Akibatnya, pengidapnya bisa mengalami kehilangan kesadaran.

  1. Kerusakan Hati

SARS juga dapat menyebabkan kerusakan pada hati, sehingga tidak dapat berfungsi lagi. Kondisi ini dapat mengancam nyawa orang yang mengidapnya. Apabila gangguan ini terjadi, perawatan medis harus segera dilakukan. Selain itu, kerusakan hati akut dapat terjadi dengan cepat dan sulit dideteksi pada tahap awal.

  1. Gagal Jantung

Gangguan sistem pernapasan akut atau SARS juga dapat menyebabkan pengidapnyanya mengalami gagal jantung. Kondisi tersebut dapat menyebabkan otot jantung tidak memompa dengan normal. Di samping itu, gagal jantung dapat menyebabkan arteri pada jantung menyempit. Gangguan ini mungkin menyebabkan gangguan parah lainnya.

  1. Gangguan Ginjal

SARS juga dapat menyebabkan gangguan pada ginjal. Hal tersebut dapat membuat ginjal kamu tidak berfungsi dengan normal dan lama-kelamaan makin parah. Gangguan ini harus dicegah sejak dini agar tidak menjadi lebih parah.

Itulah komplikasi yang dapat disebabkan oleh SARS. Gangguan pada pernapasan ini sangat fatal ketika terjadi. Maka dari itu, kamu harus tahu cara penyebaran dari gangguan tersebut dan cara mengobatinya. Jika kamu merasa terjadi masalah pada gangguan pernapasan kamu, segeralah bertanya pada ahlinya. Dokter dari Halodoc dapat membantu kamu mengenai hal tersebut.

Baca juga: Cara Pengobatan SARS yang Penting Untuk Diketahui

Cara SARS Menyebar

Sebagian besar penyakit yang berhubungan dengan pernapasan dapat menyebar melalui udara yang mengandung cairan virus. Virus tersebar ketika pengidap gangguan tersebut batuk, bersin, atau berbicara. Selain itu, virus tersebut juga dapat menyebar melalui benda yang terkontaminasi.

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Seseorang yang terdiagnosis gangguan sistem pernapasan akut atau SARS harus segera mendapatkan pengobatan. Orang yang mengalami gangguan tersebut harus ditempatkan di ruang isolasi rumah sakit. Gunanya adalah untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut.

Perawatan yang mungkin dilakukan adalah pemberian antibiotik, yang berguna untuk membasmi bakteri yang ada. Selain itu, orang yang mengidapnya juga dapat diberikan steroid dosis tinggi, supaya paru-parunya tidak bengkak.

Baca juga: Gejala SARS yang Perlu Diwaspadai