Yakin Bahagia dengan Pekerjaan? Ini 5 Tandanya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Yakin Bahagia dengan Pekerjaan? Ini 5 Tandanya

Halodoc, Jakarta – Menjalani pekerjaan sebagai karyawan, kamu menghabiskan waktu setidaknya 8 jam di kantor. Bahkan, terkadang beberapa pekerja menghabiskan waktu lebih dari 8 jam untuk menjalankan pekerjaannya. Ya, terkadang waktu yang dihabiskan setiap harinya lebih banyak untuk bekerja dibandingkan kegiatan lainnya.

Baca juga: Inilah 6 Faktor Pemicu Stres Saat Bekerja

Tentu kondisi ini berjalan dengan baik ketika kamu menyukai dan merasa bahagia dengan pekerjaan yang dilakukan. Lalu, bagaimana dengan pekerjaan yang kamu jalankan sekarang? Pekerjaan yang sekarang dijalani, membuat bahagia atau malah bikin stres? Sebaiknya ketahui beberapa tanda bahwa pekerjaan yang kamu jalani membuat bahagia, yaitu: 

1. Waktu Berlalu dengan Cepat

Ketika kamu menikmati pekerjaan kamu, tanda yang terlihat adalah waktu yang berlalu begitu cepat. Ketika baru memulai kerja dan tiba-tiba sudah hampir jam pulang kerja. Dengan menikmati proses kerja yang berjalan, maka kamu juga mendapatkan hasil pekerjaan yang baik dan membuat pekerjaan terasa ringan.

2. Pekerjaan yang Dikerjakan Begitu Menantang

Ketika menyukai pekerjaan yang dilakukan, kamu selalu merasa tertantang dengan setiap pekerjaan yang harus diselesaikan. Kamu merasa pekerjaan yang dikerjakan bernilai bagi diri sendiri dan orang lain. Tidak hanya itu, ketika seseorang menyukai pekerjaannya, maka ia akan merasa puas dengan hasil yang dikerjakan untuk orang lain.

3. Bersemangat untuk Berangkat Kerja

Mencintai pekerjaan yang dilakukan menjadi alasan mengapa kamu selalu semangat dan bersyukur ketika bangun tidur di pagi hari. Ketika bangun tidur, kamu banyak menjadwal aktivitas-aktivitas yang akan dikerjakan di kantor selama satu hari. Dengan begitu, kamu lebih fokus untuk mengerjakan pekerjaan di hari itu. Tidak ada alasan untuk tidak datang ke kantor setiap harinya. Terkecuali ketika kamu mengalami gangguan kesehatan sebelum berangkat ke kantor. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai gangguan kesehatan yang kamu alami.

Baca juga: Enggak Liburan, Pekerja Wanita Lebih Rentan Kena Stres

4. Tidak Pernah Mengeluh

Banyak orang yang merasa bosan atau tertekan dengan pekerjaannya. Dengan begitu, seseorang lebih mudah mengeluh pada pekerjaan yang sedang dikerjakannya. Ketika kamu mencintai pekerjaan yang dikerjakan, maka tidak akan mengeluh. Jika terus-menerus mengeluh, maka sebaiknya berpikir kembali pada pekerjaan yang kamu lakukan. Siapa tahu, ternyata kamu memang membutuhkan pekerjaan yang lain.

5. Apresiasi Proses Pekerjaan

Setiap pekerjaan pasti memiliki kesulitannya tersendiri, namun jika seseorang mencintai pekerjaannya, maka ia tidak mengeluh pada setiap proses yang dilakukan. Sebaliknya, kamu akan mengapresiasi proses dalam pekerjaan dan menjadikan tiap perubahan sebagai proses pembelajaran yang baru untuk ilmu pekerjaan kamu. Tentu jika kamu menjalani setiap proses dalam pekerjaan, hasilnya pun akan maksimal.

Meskipun kamu menjalankan pekerjaan yang dicintai, tentu tingkat stres dan tekanan pekerjaan juga dapat terjadi. Tidak ada salahnya untuk seimbangkan pekerjaan dengan gaya hidup yang sehat. Jangan lupa untuk rutin berolahraga dan konsumsi makanan sehat. 

Baca juga: Tingkat Kebahagiaan Seseorang Ternyata Ditentukan Usia

Pekerjaan yang dikerjakan terkadang membuat kamu harus duduk dalam waktu yang cukup panjang. Jangan lupa minum air putih dan lakukan peregangan agar stamina tetap optimal.

Referensi:
Life Hack. Diakses pada 2019. 10 Sign You Are Enjoying Your Work
The Muse. Diakses pada 2019. 5 Signs You’re Going To Be Happy No Matter What You Need Up Doing