06 December 2017

Yang Perlu Diketahui Sebelum Berjemur di Pantai

Yang Perlu Diketahui Sebelum Berjemur di Pantai

Halodoc, Jakarta - Rasa bosan memang bisa menghampiri siapa saja, termasuk bosan dengan penampilan dan warna kulit. Alhasil, banyak yang memanfaatkan musim liburan untuk pergi ke pantai dan berjemur di bawah sinar matahari. Tujuannya adalah untuk mendapatkan warna kulit lebih gelap yang sering dianggap lebih eksotis.

Sah-sah saja untuk melakukan hal tersebut. Namun kamu perlu memperhatikan dan memastikan beberapa hal sebelum berjemur di pantai. Alih-alih mendapatkan warna kulit yang eksotis, salah persiapan malah berpotensi membuat kulit rusak, terbakar bahkan memicu penyakit. Biar enggak salah, ikuti tips berjemur di pantai berikut ini, ya:

       1. Pilih Pakaian yang Tepat

Memilih pakaian yang tepat adalah hal mendasar yang harus kamu lakukan dengan benar. Sebab, salah mengenakan jenis baju dan kain dapat memengaruhi proses berjemur. Dan pilihan terbaik adalah mengenakan jenis pakaian yang tipis.

Saat kamu menggunakan pakaian yang terlalu tebal, keringat dan rasa gerah selama berjemur tak dapat dihindari. Keringat yang tak henti mengucur dapat mengganggu proses bersentuhannya matahari dengan kulit. Selain itu, mengenakan pakaian tipis, nisa membuat sinar matahari akan lebih mudah mencapai kulit.

       2. Waktu Berjemur

Sinar matahari yang bagus untuk kulit biasanya ada pada pukul 09.00 WIB hingga sebelum pukul 12.00 WIB. Atau mulai pukul 16.00 WIB hingga matahari terbenam. Artinya, itu adalah waktu terbaik untuk berjemur. Sebab selain pada waktu tersebut, matahari memancarkan sinar ultraviolet yang bersifat karsinogen, atau bisa menyebabkan kanker kulit.

Selain itu anggapan bahwa semakin lama berjemur maka kulit akan semakin gelap adalah salah. Terlalu lama berada di bawah sinar matahari malah bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Aturlah berapa lama kamu perlu berdiam diri di bawah sinar matahari dan jangan memaksakan diri.

       3. Sunblock

Berjemur bukan berarti kamu tidak perlu menggunakan pelindung seperti sunblock. Justru mengoleskan sunblock ke tubuh adalah hal yang penting sebelum berjemur. Hal ini berguna untuk menghindari kulit terpapar langsung sinar matahari.

Selain itu, mengoleskan sunblock juga berfungsi agar kulit yang tersentuh cahaya matahari memiliki warna yang merata. Kamu juga perlu untuk menjaga kelembapan kulit sebelum berjemur. Kamu bisa menggunakan pelembab untuk membantu menjaga kulit agar tidak kering dan rusak.

       4. Kacamata dan Topi

Bukan sekadar untuk bergaya, namun kamu sebaiknya mengenakan kacamata hitam dan topi selama berjemur. Tujuan penggunaan kacamata hitam adalah untuk melindungi mata dari rasa silau yang dapat mengganggu kegiatan berjemur. Sementara topi berfungsi untuk melindungi kepala dari sengatan cahaya matahari. Kepala yang terlalu panas karena sengatan matahari bisa berakibat radang selaput otak.

       5. Penuhi kebutuhan vitamin E

Sebelum berjemur, usahakanlah untuk memenuhi kebutuhan vitamin E bagi tubuh. Sebab kandungan antioksidan dalam vitamin E dapat membantu mengurangi efek berbahaya sinar matahari pada kulit. Antioksidan juga penting untuk mengurangi risiko kanker kulit.

Vitamin E juga berguna untuk mencegah penuaan dini dan munculnya keriput dan membuat kulit  terasa halus. Agar lebih maksimal, kamu bisa mengombinasikan vitamin E dengan vitamin C. Namun pastikan dosisnya tidak berlebihan, ya.

       6. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Meskipun kamu harus menikmati liburan dan kegiatan berjemur di pantai, namun bukan berarti boleh abai pada lingkungan sekitar. Maksudnya, saat berjemur pastikan kamu memerhatikan sekeliling jangan sampai ada binatang, seperti kelomang atau kutu pasir.

Pilihlah tempat paling nyaman dan bebas dari gangguan binatang. Namun kalau tidak ada tempat yang benar-benar bersih, artinya kamu harus waspada selagi berjemur.

Agar semua persiapanmu pas, pastikan kamu mencatat semua yang perlu dibawa. Pastikan juga kebugaran dan kondisi kesehatan berada pada level terbaik. Kalau kamu ada keluhan dan perlu saran dokter, kamu bisa mengandalkan aplikasi Halodoc. Bicara dengan dokter menggunakan fasilitas Video/Voice Call dan Chat. Membeli produk kesehatan pun semakin mudah menggunakan Halodoc. Pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam, lho. Yuk, download Halodoc sekarang di Google Play dan App Store.