28 July 2017

Yuk Dicoba Gerakan Senam Kegel yang Punya Banyak Manfaat Ini!

Yuk Dicoba Gerakan Senam Kegel yang Punya Banyak Manfaat Ini!

Halodoc, Jakarta - Menurut sejumlah ibu-ibu, senam kegel bisa menambah harmonis hubungan suami-istri. Entah dari mana asalnya, senam yang berguna melatih dan menguatkan otot-otot panggul itu disebut BL (body language). Gerakannya mengerutkan otot panggul dengan istilah “jepit” dan melepaskan secara berulang-ulang itulah yang disebut latihan kegel. Kegel merupakan sebuah nama latihan untuk otot panggul. Latihan ini ditemukan oleh Dr. Arnold Kegel sekitar tahun 1948. Otot-otot yang dilatih adalah tulang pelvis (panggul) yang menyokong saluran kemih, kandung kemih, rahim, dan rektum. Agar mampu melakukan senam ini secara benar, terlebih dulu kamu harus tahu otot-otot mana yang harus dikerut serta dilepaskan. Untuk memastikannya, cobalah kamu hentikan aliran urin ketika sedang buang air kecil. Jika kamu berhasil melakukannya, berarti kamu sudah menguasai gerakan dasar dari senam ini. Senam ini harus dilakukan secara bertahap karena jika salah berlatih justru bisa membuat otot-otot dan menimbulkan risiko terjadinya infeksi pada saluran kemih.

Cara Melakukan Gerakan Senam Kegel
Pertama-tama kamu bisa melakukan gerakan mengerutkan dan mengendurkan otot panggul bawah, masing-masing selama 5 detik. Ulangi gerakan ini empat hingga lima kali. Selanjutnya latihan mengerutkan otot bisa ditahan hingga 10 detik, begitu seterusnya. Melakukan latihan kegel tidak harus dalam posisi tertentu, kamu bisa melakukannya dalam posisi duduk atau berdiri. Fokuskan saja pada otot-otot panggul jangan sampai menengangkan otot-otot di daerah perut, paha dan bokong karena bahaya dan bisa menimbulkan risiko yang tidak diinginkan. Untuk hasil yang maksimal lakukan dengan rileks tidak perlu sampai menahan napas dan fokuslah pada pengencangan otot-otot sekitar alat kelamin wanita dan rektrum. Sama seperti latihan lainnya senam kegel semakin mudah jika semakin sering dilakukan. Kamu bisa melakukannya tiga kali sehari, dan usahakan setiap kali latihan sebanyak 10 set mengerutkan dan melepaskan otot-otot panggul. Kamu tidak memerlukan waktu dan ruang khusus untuk melakukannya karena senam ini bisa dilakukan kapan dan dimanapun. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Cara melakukan senam ini untuk pria dan wanita sama tidak berbeda namun manfaat yang dirasakan berbeda.

Manfaat Senam Kegel
Persalinan, penuaan dan kelebihan berat badan dapat menurunkan fungsi serta kekuatan otot panggul bawah. Latihan kegel atau disebut juga senam pelatihan otot panggul bawah bermanfaat untuk memperbaiki kondisi ini. Ini dia beberapa manfaat senam kegel:

  • Pengelolaan urin hingga hubungan intim.
  • Membantu menjaga otot untuk buang air.
  • Pada pria, dapat bermanfaat meningkatkan performa dalam berhubungan intim.
  • Manfaat untuk ibu hamil adalah memperlancar proses persalinan. Otot panggul yang kuat dan elastis bermanfaat membuka jalan lahir dan mencegah episiotomi. Untuk hasil yang maksimal, dapat dilakukan selama kehamilan atau pasca persalinan.
  • Mencegah melemah dan melebarnya otot panggul setelah melahirkan yang bisa menyebakan turunnya rahim.


Ingin mengetahui dan juga berdiskusi dengan dokter tentang senam kegel? Kamu bisa melakukan melalui aplikasi kesehatan Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya dan melakukan chat, video call atau voice call dengan dokter  spesialis untuk mengetahui manfaat senam kegel. Download sekarang juga aplikasi Halodoc pada Google Play dan App Store untuk menggunakannya.