21 July 2017

10 Gejala Alzheimer di Usia Muda yang Harus Kamu Ketahui

10 Gejala Alzheimer di Usia Muda yang Harus Kamu Ketahui

Halodoc, Jakarta - Penyakit Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada pengidap akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan. Alzheimer bukan penyakit menular, melainkan merupakan sejenis sindrom atau gejala dengan apoptosis atau kematian sel sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Fase awal, seseorang yang terkena penyakit ini biasanya akan terlihat mudah lupa, seperti lupa nama benda atau tempat, lupa tentang kejadian-kejadian yang belum lama dilalui, dan lupa mengenai isi percakapan yang belum lama dibicarakan bersama orang lain.

Dalam perjalanannya, gejala dari penyakit ini akan meningkat. Pengidap penyakit ini kemudian akan kesulitan dalam melakukan hal-hal seperti berikut:

  • Melakukan perencanaan.
  • Kesulitan bicara atau mengungkapkan sesuatu ke dalam bahasa.
  • Kesulitan membuat keputusan.
  • Kerap terlihat bingung.
  • Marasa tersesat di tempat yang tidak asing.
  • Mengalami gangguan kecemasan dan penurunan suasana hati.
  • Mengalami perubahan kepribadian, seperti mudah curiga, penuntut, dan agresif.
  • Mengalami delusi dan halusinasi.
  • Tidak mampu melakukan aktivitas atau bahkan tidak mampu bergerak tanpa dibantu orang lain.


Gejala Alzheimer di usia muda yang perlu kamu ketahui dan diwaspadai:

1.  Hilang Ingatan Singkat atau Sesaat

Pada tahap awal pengidap ini sering mengalami hilang ingatan sesaat. Kondisi ini biasanya terjadi ketika melupakan percakapan atau sebuah perintah yang sangat ringan. Hilang ingatan ini  berbeda dengan hilang ingatan pada orang lanjut usia.

2.  Tidak Bisa Mengambil Keputusan
Pengidap Alzheimer juga tidak bisa mengambil keputusan untuk diri sendiri. Biasanya kondisi ini sering ditemukan ketika mereka tidak bisa memilih memakai jenis pakaian apa yang tepat. Jadi mereka seperti bingung dan tidak bisa memilih mana yang harus dilakukan.

3. Perubahan Suasana Hati yang Tiba-tiba
Suasana hati yang mendadak berubah tanpa sebab seperti menangis tanpa sebab adalah salah satu gelaja di usia muda. Perubahan suasana hati paling sering dialami oleh pengidap. Kondisi ini bisa terjadi ketika mereka merasa sangat cemas. Pengidap penyakit ini mudah marah, mudah tersinggung dan sering merasa bingung.

4.  Kesulitan Mengenali Angka dan Uang
Pengidap juga bisa mengalami kesulitan saat mengenali angka dan uang. Mereka akan menggunakan uang untuk hal yang tidak pernah diduga dan juga menahan mengeluarkan uang ketika harus mengeluarkannya. Semua hal yang berhubungan dengan angka akan menjadi hal yang paling sulit dikenali oleh pengidap.

5.  Lupa dengan Kegiatan Sehari-hari dan Kebiasaan
Pada tahap selanjutnya pengidap akan melupakan berbagai kebiasaan dan kegiatan yang sering dilakukan setiap hari.

6.  Sering Lupa Meletakkan Sesuatu
Gejala Alzheimer di usia muda yang paling umum adalah mudah melupakan meletakkan barang atau sesuatu. Pengidap juga akan melupakan berbagai kebiasan penting seperti meletakkan kunci mobil, kunci rumah atau berbagai benda yang sering digunakan. Mereka tidak bisa mengingat dan bahkan mereka mencurigai orang lain mengambil barang mereka.

7.  Sulit Berkonsentrasi
Pada tahap awal pengidap biasanya mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Mereka membutuhkan waktu yang sangat lama kemudian menjadi sangat frustasi.

8.  Sulit Berkomunikasi atau Berkata
Gejala lain yang paling sering terjadi adalah sulit untuk berkomunikasi. Beberapa pengidap awalnya merasa ingin mengeluarkan kata atau mengungkapkan sesuatu namun mereka tiba-tiba melupakan apa yang ingin disampaikan. Akhirnya mereka kemudian sering salah menyebut nama benda dan terjadi salah paham.

9.  Mendadak Tidak Kenal Waktu dan Tempat
Pengidap merasa tidak bisa mengenali waktu dan tempat. Mengira siang namun ternyata malam. Ketika pergi mereka merasa tersesat dan tidak mengenali tempat. Gejala waktu yang paling sering terjadi misalnya ketika keluar selama lima menit tapi mereka mengira sudah lima jam.

10.  Senang Berjalan Tanpa Tujuan
Pengidap akan sering berjalan tanpa tujuan dan arah yang jelas. Mereka merasa ingin pergi ke suatu tempat yang jauh. Kemudian mereka akan mudah tersesat karena merasa tekanan dan ketakutan dalam perjalanan. Bahkan mereka merasa bisa bepergian jauh meskipun sebenarnya hanya ingin pergi ke ruangan lain di dalam rumah.


Setelah mengetahui 10 gejala Alzheimer di usia muda dan kamu ingin berdiskusi dengan ribuan dokter spesialis untuk mengetahui cara pencegahan yang tepat, kamu bisa menanyakan langsung melalui aplikasi kesehatan Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang Alzheimer, penyebab dan pengobatannya bersama dokter spesialis terbaik dan kamu juga bisa melakukan chat, video call atau voice call. Download sekarang juga aplikasi Halodoc pada Google play dan App store untuk menggunakannya.