• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 10 Superfood untuk Jantung Sehat

10 Superfood untuk Jantung Sehat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Meskipun beberapa penyakit jantung merupakan penyakit jantung turunan, pola makan dan konsumsi jenis makanan tertentu bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung. 10 superfood berikut ini baik sekali untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

  1. Alpukat

Seperti minyak zaitun, lemak tak jenuh dalam buah alpukat dikenal bisa menurunkan faktor risiko penyakit jantung. Selain itu, alpukat juga mengandung antioksidan dan potasium yang tinggi.

  1. Kopi

Siapa bilang minum kopi tidak baik untuk jantung? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi sehari bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke sebesar 30 persen. Oleh karena itu, konsumsilah kopi secukupnya untuk kesehatan jantung.

  1. Brokoli, Bayam, dan Kangkung

Sayuran selalu baik bagi kesehatan. Terutama, sayuran hijau bisa memberi dorongan ekstra pada jantung kamu. Kandungan karotenoid yang tinggi menjadi antioksidan yang menjaga tubuh. Selain itu, sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kangkung memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral di dalamnya.

  1. Teh Hijau

Minum empat cangkir teh hijau setiap hari menurunkan 20 persen risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Enggak heran, tradisi kuno dari Asia ini sekarang semakin disukai di berbagai belahan dunia.

  1. Minyak Zaitun

Konsumsi minyak zaitun dapat mengurangi kadar kolesterol dan gula darah. Dengan mengonsumsi empat sendok minyak zaitun setiap hari, dapat mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan kematian. Selain itu, menambahkan minyak zaitun pada makanan, seperti salad, dapat membuat rasanya menjadi lebih kaya dan nikmat.

  1. Anggur Merah

Anggur merah ternyata juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan polifenolnya baik bagi jantung kamu. Namun, perlu diingat untuk mengonsumsi secukupnya. Karena, mengonsumsi anggur merah secara berlebihan malah justru meningkatkan risiko penyakit jantung.

  1. Kacang Polong

Kacang polong merupakan sumber protein baik. Seseorang yang mengonsumsi kacang polong setidaknya empat kali seminggu memiliki 22 persen risiko sakit jantung lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

  1. Kedelai

Produk kedelai, termasuk tahu dan susu kedelai, adalah cara yang baik menambahkan protein ke makanan kamu. Sebab, kedelai adalah makanan yang bebas lemak dan kolesterol yang tidak baik bagi tubuh. Produk kedelai mengandung lemak polyunsaturated tingkat tinggi, serat, vitamin, dan mineral.

  1. Tomat

Seperti kentang, tomat kaya akan potasium yang menjaga jantung tetap sehat. Kandungan likopen di dalamnya menjadi antioksidan yang mengusir kolesterol jahat, sehingga menjaga pembuluh darah tetap terbuka dan menurunkan risiko serangan jantung.

  1. Buah Sitrus

Flavonid dalam buah sitrus menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan ini mencegah pembekuan darah, sehingga risiko penyakit jantung menjadi lebih rendah.

Yuk, jaga kesehatan jantungmu dengan konsumsi makanan sehat. Bagi pengidap penyakit jantung turunan, mengonsumsi makanan ini akan membantu mengurangi risikonya.

Mau tahu lebih banyak bagaimana menjaga kesehatan jantung dan penyakit jantung turunan, kamu bisa tanyakan dokter favorit di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Selain bertanya kepada dokter, di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli vitamin dan obat lewat layanan Apotek Antar, serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.