06 March 2018

10 Tips Makeup yang Aman Saat Hamil

10 Tips Makeup yang Aman Saat Hamil

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan ibu merasa khawatir jika ingin dandan saat hamil. Memang ibu tidak bisa berdandan dan menggunakan berbagai macam kosmetik sebebas dulu, karena ada janin yang perlu diperhatikan kesehatannya. Tapi bukan berarti ibu tidak bisa dandan sama sekali, kok. Berikut tips makeup yang aman untuk ibu hamil.

Saat hamil, kebersihan dan perawatan wajah tetap penting untuk dilakukan secara. Wajah yang bersih dan terawat lah yang membuat ibu tetap cantik selama masa kehamilan. Jika ingin mengenakan makeup, riaslah wajah secara wajar agar ibu terlihat cantik natural dan segar.

  1. Pembersih Wajah

Perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh ibu saat hamil, menyebabkan kelenjar minyak memproduksi minyak secara berlebihan, sehingga wajah ibu akan lebih berminyak daripada biasanya. Karena itu, ibu hamil disarankan untuk mencuci wajahnya dua kali dalam sehari dengan menggunakan sabun pembersih wajah bebas wewangian dan sesuai dengan jenis kulit. Tapi, hindari mencuci wajah lebih dari dua kali karena dapat membuat wajah jadi kering.  

  1. Gunakan Pelembab

Sebagian besar ibu hamil sering mengeluhkan kulitnya yang menjadi kering. Nah, untuk mengatasinya, ibu bisa menggunakan pelembab setelah mencuci wajah. Tidak hanya untuk wajah, ibu juga perlu memerhatikan kelembaban kulit tubuh, khususnya daerah perut. Dengan begitu, ibu bisa mencegah kulit menjadi kering dan masalah kulit lainnya.  

  1. Tabir Surya

Setelah mengoleskan pelembab, aplikasikan tabir surya jika ibu ingin keluar rumah untuk melindungi wajah dari sinar matahari dan mencegah timbulnya noda-noda hitam pada wajah.

  1. Foundation

Kemudian, aplikasikan alas bedak atau foundation yang sesuai dengan warna kulit ibu. Tapi hati-hati, jangan menggunakan foundation yang mengandung timbal, karena bisa menyebabkan gangguan saraf, gangguan hormon, gangguan ginjal, sampai gangguan kesuburan.

  1. Concealer

Saat hamil, wajah ibu bisa terlihat kusam karena munculnya noda hitam di dahi, pipi, hidung, atau di atas bibir. Masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan concealer untuk menutupi noda kehitaman di wajah sampai leher. Dengan begitu, wajah ibu pun akan terlihat mulus dan cerah.

  1. Bedak

Kulit wanita yang sedang hamil biasanya akan lebih cerah, jadi ibu tidak perlu lagi menggunakan makeup yang menor. Gunakanlah bedak berwarna natural atau sewarna kulit tipis-tipis pada wajah.

  1. Merias Wajah

Mulailah merias wajah dari mata, pipi, lalu bibir. Beri garis tipis di sudut luar mata bagian bawah dan atas dengan warna cokelat tua sebagai bingkai. Ibu juga bisa berkreasi dengan memakai warna eye shadow yang berbeda dari sebelumnya. Agar mata tampak berbinar, gunakan maskara setelah ibu melentikkan bulu mata dengan penjepit. Lalu, sapukan blush on tipis-tipis sepanjang tulang pipi untuk menyamarkan pipi yang membulat. Tapi ingat, hindari makeup yang mengandung zat-zat berbahaya bagi janin seperti merkuri, retinoid, dan salicylic acid.

  1. Lipstick

Untuk tampilan yang natural, gunakan lipstik berwarna lembut seperti pink, ungu muda, dan lain-lain. Sebaiknya, oleskan dulu pelembab bibir sebelum memakai lipstik.

  1. Hindari Parfum

Ibu tidak dianjurkan untuk menggunakan parfum selama kehamilan. Parfum sintetis bisa saja mengandung ratusan jenis bahan kimia dan biasanya mengandung phthalate yang sangat berbahaya dan bisa mengganggu kerja endokrin. Jadi, sebagai pengganti parfum, ibu bisa menggunakan natural essensial oil yang lebih aman untuk ibu dan janin.

  1. Gaya Berpakaian yang Stylish

Ibu tetap bisa bergaya stylish kok selama hamil dengan memakai busana yang tepat dan nyaman. Daripada menggunakan daster, lebih baik pilih atasan baby doll dengan desain yang lucu. Pilihlah baby doll yang panjangnya tidak melebihi lutut agar ibu tidak terlihat pendek, dan dengan model kerah V untuk memberi efek leher yang jenjang.

Selamat menjalani kehamilan dengan tampilan yang cantik dan memesona ya! (Baca juga: Perawatan Kecantikan yang Dilarang untuk Ibu Hamil). Jika ibu mengalami masalah kulit atau masalah kesehatan lainnya, bicarakan saja kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Minta saran kesehatan dan rekomendasi obat dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google.