07 November 2017

10 Trik Makeup Sembunyikan Keriput

10 Trik Makeup Sembunyikan Keriput

Halodoc, Jakarta – Garis halus yang muncul di wajah bisa mengurangi kesempurnaan penampilan kamu. Kebanyakan wanita, umumnya akan berusaha untuk mencegah atau bahkan menutupi jejak-jejak keriput di wajah. Keriput memang tidak bisa dicegah namun prosesnya bisa diperlambat dengan melakukan perawatan kulit dan trik makeup yang tepat. Nah, berikut ini adalah cara makeup untuk sembunyikan keriput yang bisa kamu lakukan di rumah.


1. Gunakan Pelembab
Menurut Connie Elder, pendiri dan CEO of PEAK 10 SKIN, cara terbaik untuk menyamarkan keriput adalah dengan melembabkannya. Agar kulit terhidrasi dengan baik dari dalam dan luar, kamu harus minum banyak air dan selalu mengaplikasikan pelembab usai mencuci muka atau memakai makeup.

Bagi wanita yang berusia di atas 40 tahun, pelembab saja tidak cukup untuk memperlambat penuaan. Jadi kamu butuh serum sebelum mengaplikasikan pelembab. Ketika kulit terhidrasi dengan baik, tidak hanya kerutan yang tak terlihat tapi makeup kamu pun terlihat lebih halus di wajah.


2. Gunakan Primer
Primer dengan base silikon adalah senjata ajaib untuk banyak ahli kecantikan profesional. Caitlin Picou, seorang makeup artist dan pemilik brand kecantikan Kismet, silikon bisa mengisi “ruang” yang di permukaan wajah sehingga tampilan terlihat lebih mulus saat mengaplikasikan alas bedak.

Cara terbaik untuk mengaplikasikan primer adalah dengan menggunakan tangan atau kuas kecil. Setelah menggunakan pelembab, aplikasikan sedikit primer di dahi, hidung, pipi dan dagu lalu ratakan dan fokuskan di area kulit yang bermasalah. Beri waktu beberapa menit sebelum mulai mengaplikasikan alas bedak.


3. Gunakan Foundation
Hanya karena kamu punya kerutan lantas harus memakai makeup yang tebal. Kalau kamu menggunakan full-coverage foundation (alas bedak) atau terlalu tebal, nantinya justru membuat kerutan makin terlihat jelas. Agar alas bedak terlihat menyatu dengan kulit, aplikasikan dengan spons sehingga memberikan tampilan yang flawless. Atau kamu bisa mengganti alas bedak dengan BB Cream yang lebih ringan kandungannya namun memberikan efek yang sama.


6. Pilih Warna Chiffon
Color corrector enggak cuma untuk menyambarkan kemerahan dan juga lingkar mata panda. Pilih warna chiffon untuk color corrector kamu untuk membeirkan efek cerah dan menyamarkan kerutan. Shara Strand, seorang makeup artist dan pemilik SHARA Makeup Studio di The Pierre Hotel, New York City berpendapat bahwa mengaplikasikan warna chiffon di kerutan terdalam akan membantu menyamarkannya. Triknya, blend dengan menggunakan jari. Setelah itu, beri concealer agar tertutupi dengan baik. Tak perlu khawatir pilihan warna ini tidak cocok untuk kulit kamu, karena menurutnya chiffon ini cocok untuk semua warna kulit.


7. Jangan Pakai Bedak
Bedak bisa membuat garis halus di wajah terlihat jelas, dan membuat riasan kamu jadi berantakan. Jadi sebaiknya, lewati saja untuk memakai bedak. Namun kalau kamu memang tetap ingin memakai bedak, sebaiknya hindari mengaplikasikannya di area yang memiliki banyak kerutan.


8. Riasan Mata
Tanpa perlu ribet, gunakan riasan yang natural untuk mata. Kamu bisa menggunakan penjepit bulu mata atau bulu mata palsu untuk membuat bulu mata terlihat lebih bervolume. Atau, gunakan maskara untuk membuat bulu mata terlihat lebih lentik.


9. Ingat Blush On
Rona merah yang alami akan membuat riasan kamu sempurna. Jadi pilih blush on dengan warna natural dan aplikasikan pada wajah. Pilih tulang pipi yang menonjol lalu sapukan lembut, tipis-tipis.


10. Pilih Lipstik
Gunakan pelembab dan lip liner sebelum mengaplikasikan lipstik. Pilih warna lip liner yang paling mirip dengan lipstik pilihan kamu. Setelah menggambar garis, pulaskan lipstik pilihan. Sebaiknya, pilih yang memiliki kandungan pelembab dan bukan yang hasil akhirnya matte. Ini karena kebanyakan liptik matte tidak mengandung pelembab sehingga membuat kerutan jadi lebih terlihat.


Tidak sulit bukan mengaplikasikan makeup untuk menyembunyikan keriput. Kuncinya adalah dengan menutupi garis halus dengan cara yang tepat dan warna yang sesuai dengan kulit kamu. Cara lain untuk menyamarkan garis halus adalah dengan melakukan perawatan wajah di ahli kecantikan atau dokter.

Nah, jika kamu memiliki pertanyaan seputar masalah kecantikan dan kulit kamu bisa langsung bertanya pada ahli kecantikan atau dokter spesialis kulit dan kelamin. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bicara langsung dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi sebelum datang ke klinik atau rumah sakit terdekat. Dokter Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juuga bisa membeli suplemen atau vitamin untuk kesehatan kulit di Halodoc, pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.