• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Asupan Makanan untuk Puasa Agar Tetap Berenergi

3 Asupan Makanan untuk Puasa Agar Tetap Berenergi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
3 Asupan Makanan untuk Puasa Agar Tetap Berenergi

Halodoc, Jakarta - Memasuki bulan Ramadan, tentu kamu ingin tetap merasa bugar selama menjalankan aktivitas. Namun seringkali, asupan baik makanan dan minuman yang dipilih belum tepat sehingga kamu justru mudah merasa lapar. Kalau sudah begini, menjalankan ibadah jadi tidak maksimal terutama saat akan menjalankan rutinitas sehari-hari. Oleh karena itu, jangan salah pilih ya. Berikut ini pola asupan makanan untuk puasa agar kamu tetap berenergi selama berpuasa.

  1. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Nasi putih yang sehari-hari dimakan merupakan salah satu jenis karbohidrat sederhana. Jika banyak mengonsumsi karbohidrat sederhana dan gula, maka tubuh merasa cepat lapar dan lemas. Ini karena karbohidrat sederhana dan gula cepat dimetabolisme tubuh. Untuk itu, ganti asupan makanan untuk puasa dengan sumber energi dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah dan roti gandum. Perbanyak juga konsumsi sayur dan buah. Jenis makanan ini akan membuat anda merasa kenyang lebih lama karena dimetabolisme lambat dalam tubuh.

  1. Perbanyak Protein

Protein berguna untuk pembentukan sel-sel baru untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Aneka sumber protein dapat dikonsumsi sebagai asupan makanan untuk puasa. Hindari proses memasak dengan cara digoreng karena lemak akan menambah beban kerja saluran cerna serta menyebabkan perut lebih cepat merasa lapar.

  1. Perbanyak Buah yang Tinggi Kandungan Air

Selama puasa, hidrasi tubuh tetap harus dijaga. Selain harus mengonsumsi air putih dengan aturan 2-2-4 (2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam), kamu dapat menambah buah dengan kandungan air yang tinggi seperti melon dan semangka. Dianjurkan juga untuk mengonsumsi kurma saat sahur dan berbuka karena kurma mengandung fruktosa alami dan kaya serat sehingga membantu menstabilkan kadar gula darah selama puasa.

Nah, kalau kamu punya pertanyaan seputar asupan makanan dan minuman yang tepat. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.