3 Cara Ciptakan Lingkungan Sehat untuk Anak Cerdas

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
3 Cara Ciptakan Lingkungan Sehat untuk Anak Cerdas

Halodoc, Jakarta - Mendidik buah hati agar menjadi anak cerdas bukan pekerjaan mudah namun juga bukan hanya sekedar impian. Untuk mendidik anak yang cerdas, bukan hanya dipengaruhi oleh faktor genetis namun juga lingkungan. Untuk itu, orang tua harus menciptakan lingkungan yang mendukung anak agar dapat mengembangkan kemampuan saraf motorik dan sensorik agar ia tumbuh menjadi anak yang cerdas. Yuk, simak 3 tips menciptakan lingkungan sehat untuk anak cerdas berikut ini:

1. Buat & Ciptakan Pola Hidup Sehat
Agar kecerdasan anak dapat berkembang secara optimal, Anda sebagai orangtua dapat melakukan cara seperti menerapkan dan mengajarkan pola hidup yang sehat pada sang buah hati dengan cara menjaga kebersihan diri, lebih banyak melakukan aktivitas fisik serta memperhatikan waktu istirahatnya.

2. Penuhi Nutrisi Seimbang
Anak cerdas dan nutrisi merupakan salah satu korelasi yang sempurna demi membantu anak tumbuh berkembang. Karena anak yang cerdas, dipastikan telah mendapatkan cakupan gizi yang seimbang, seperti kalsium, karbohidrat, zat besi, protein dan mineral.

Baca juga: Inilah 5 Makanan Sehat untuk Si Kecil yang Masih Balita

3. Berinteraksi Sesering Mungkin dengan Anak
Sesibuk apapun Anda sebagai orangtua dalam menjalani pekerjaan, dianjurkan selalu menyediakan waktu untuk dapat berinteraksi dengan sang buah hati. University of Minessota menyatakan adanya korelasi positif antara tingginya interaksi orangtua dan anak dengan prestasi yang anak dapatkan. Oleh karena itu, lakukan aktivitas bersama anak sesering mungkin, ya.

Selain ketiga cara di atas, kamu juga bisa mencoba beberapa cara berikut yang juga bisa memengaruhi tumbuh kembang anak menjadi anak yang cerdas:

  • Fasilitasi Anak untuk Bereksplorasi

Anak-anak yang berbakat seringkali memiliki keingintahuan yang besar terhadap banyak hal. Nah sebagai orangtua, kamu perlu memfasilitasi anak agar bisa mengembangkan rasa ingin tahu yang beragam tersebut dan memungkinkan mereka untuk belajar dalam berbagai cara. Sekolah merupakan salah satu tempat yang dapat memberikan informasi tentang banyak hal, mulai dari ilmu pengetahuan, bahasa, budaya, gaya hidup, dan lain-lain. Namun, pembelajaran tidak hanya bisa didapatkan dari sekolah saja. Kamu bisa memperluas pandangan dunia Si Kecil dengan memberikan mereka pengalaman baru lainnya, seperti bermain di alam terbuka, memberikan ekstrakurikuler yang menyenangkan, dan mengajarkan anak bahasa yang baru.

Baca juga: 5 Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

  • Menyediakan Buku Berkualitas

Membiasakan anak untuk membaca sejak kecil dapat berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasannya. Dengan membaca buku, imajinasi anak akan semakin terasah, kemampuan bahasanya pun akan semakin luas. Jadi, bacakanlah buku cerita pada Si Kecil setiap malam sebelum ia tidur. Pilihlah buku-buku berkualitas yang dilengkapi dengan banyak gambar agar anak lebih tertarik membacanya.

Baca juga: 6 Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak

  • Musik dan Olahraga

Musik, olahraga dan aktivitas lainnya menuntut perhatian yang fokus dan disiplin yang bisa menstimulasi perkembangan mental anak. Namun ingat, jangan memaksa anak untuk mengadopsi minat kamu sendiri. Minat dan strategi belajar setiap anak sangat unik. Untuk mengembangkan kecerdasan, orangtua sebaiknya tidak mengabaikan ambisi dan keberanian anak, yang sama pentingnya untuk kesuksesan.  

Nah, itulah beberapa cara menciptakan lingkungan sehat untuk anak yang cerdas. Bicarakan kondisi kesehatan si kecil dengan dokter yang tepat. Awasi tumbuh kembang anak dan diskusikan melalui Halodoc. Pilih dokter dan hubungi melalui Chat, Video Call, atau Voice Call. Download aplikasi Halodoc melalui App Store dan Google Play sekarang!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. What Makes Kids Intelligent?

Diperbarui pada tanggal 26 September 2019.