• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Cara Mengatasi Ejakulasi Dini pada Pria yang Baru Menikah

3 Cara Mengatasi Ejakulasi Dini pada Pria yang Baru Menikah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
3 Cara Mengatasi Ejakulasi Dini pada Pria yang Baru Menikah

Halodoc, Jakarta - Saat baru menikah, beberapa pasangan mungkin akan canggung saat melakukan hubungan badan karena baru pertama kali dilakukan oleh keduanya. Hal ini bukan masalah yang baru karena pembicaraan tentang seks kerap dianggap tabu oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, salah satu masalah yang dapat terjadi pada pria yang baru menikah adalah gangguan ejakulasi dini. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya? Berikut ulasannya!

Cara Efektif Mengatasi Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini adalah kondisi yang membuat seorang pria mengeluarkan spermanya dengan cepat saat berhubungan intim. Tentu hal ini dapat mengurangi keintiman dan keharmonisan dalam berumah tangga, terutama dalam jangka panjang. Rasa frustrasi akibat masalah ini mungkin sulit untuk dihindari karena membuat hubungan intim yang dilakukan menjadi kurang dinikmati, sehingga sang wanita sulit mencapai klimaks.

Baca juga: Begini Cara Alami Mengobati Ejakulasi Dini

Ejakulasi dikendalikan oleh sistem saraf pusat. Saat pria dirangsang secara seksual, sinyal dikirimkan ke sumsum tulang belakang dan otak. Ketika mencapai tingkat kegembiraan tertentu, sinyal kemudian dikirim dari otak ke organ reproduksi sehingga membuat air mani keluar melalui Mr.P. Pada pria dengan ejakulasi dini, air mani keluar lebih cepat yang mungkin berhubungan dengan disfungsi ereksi.

Sebelum masuk dalam pembahasan cara mengatasi ejakulasi dini, penting untuk mengetahui segala hal yang menjadi penyebabnya. Umumnya, masalah pada pria ini dianggap disebabkan oleh faktor psikologis. Di sisi lain, hal ini dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan kimiawi di pusat otak yang mengendalikan fungsi ejakulasi. Meski pada akhirnya juga dapat menyebabkan masalah psikologis seperti kecemasan.

Lalu, pengobatan apa yang paling tepat untuk mengatasi ejakulasi dini? Berikut ini beberapa caranya:

1. Terapi Psikologis

Cara pertama yang berguna untuk mengatasi ejakulasi dini adalah dengan terapi psikologis. Hal ini berguna untuk mengatasi perasaan dan emosi yang dapat menyebabkan masalah terkait hubungan seksual. Dengan metode ini, diharapkan sumber masalah pada pria ini dapat teratasi. Terapi psikologis juga dapat mengurangi rasa gugup yang berhubungan dengan kinerja seksual. Dengan begitu, kepercayaan diri dan pemahaman tentang hubungan seksual lebih banyak agar dapat memuaskan pasanganmu.

Baca juga: 5 Cara Alami Mengatasi Ejakulasi Dini

2. Terapi Perilaku

Metode ini menggunakan latihan yang dapat membantu untuk membangun toleransi pada penundaan ejakulasi. Dengan begitu, tubuh dapat terbantu untuk menjauh dari masalah ejakulasi dini. Beberapa metode yang dilakukan adalah Squeeze Method dan Stop-Start Method. Berikut cara melakukannya:

  • Squeeze Method: Metode ini dilakukan dengan merangsang Mr.P hingga mendekati ejakulasi. Saat sudah mendekati waktunya, kamu atau pasangan dapat meremas Mr.P kuat-kuat hingga sebagian ereksi hilang. Tujuannya agar menyadari sensasi yang mengarah ke klimaks. Metode ini dapat membantu untuk mengontrol dan menunda klimaks dengan lebih baik.
  • Stop-Start Method: Cara ini dilakukan dengan merangsang Mr.P tepat sebelum ejakulasi. Saat klimaks, kamu atau pasangan berhenti hingga dorongan untuk klimaks juga ikut terhenti. Ketika sudah mendapatkan kembali kendali, cobalah untuk mulai merangsang Mr.P kembali. Ulangi proses ini sebanyak 3 kali dan biarkan ejakulasi setelahnya. Ulangi metode ini 3 kali seminggu hingga mampu mengontrol lebih baik.

3. Terapi Medis

Terapi medis juga dapat dilakukan sebagai cara untuk mengatasi ejakulasi dini. Ada beberapa obat-obatan, krim penghilang rasa, dan semprotan mati rasa yang dapat efektif untuk memperlambat ejakulasi pada pria. Jenis obat yang biasanya dikonsumsi agar dapat menahan rasa orgasme adalah antidepresan. Lalu, beberapa krim atau semprotan agar Mr.P mati rasa juga dapat digunakan 20–30 menit sebelum berhubungan intim.

Itulah beberapa cara mengatasi ejakulasi dini yang dapat ampuh untuk dilakukan. Apabila kamu mengalami masalah ini, cobalah untuk melakukan semua cara tersebut agar dapat menjaga keharmonisan dalam berumah tangga. Selain itu, jangan segan-segan untuk menemui dokter agar hasil yang didapatkan benar-benar sesuai ekspektasi.

Baca juga: Ganggu Hubungan Suami-Istri, Bisakah Ejakulasi Dini Disembuhkan?

Kamu juga dapat melakukan pemeriksaan terkait ejakulasi dini pada rumah sakit yang sudah menjadi rekanan Halodoc. Dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa memesan pemeriksaan sesuai dengan jadwal yang diinginkan hanya dengan menggunakan gadget. Maka dari itu, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan semua kemudahan tersebut!

Referensi:
Urology Health. Diakses pada 2021. Premature Ejaculation.
Better Health. Diakses pada 2021. Premature ejaculation.