04 June 2018

3 Faktor yang Memengaruhi Tinggi Badan

3 Faktor yang Memengaruhi Tinggi Badan

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan orang ingin memiliki tubuh yang ideal dan proporsional, termasuk tinggi badan yang semampai. Namun, tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor. Apa saja faktor yang memengaruhi tinggi badan?

1. Faktor Genetik

 

 

Faktor genetik di sini adalah tinggi kedua orangtua. Rumus memperkirakan tinggi badan anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah:  

  • Anak laki-laki = (Tinggi badan ibu + 13) + Tinggi ayah (dalam sentimeter) dibagi 2 ± 8,5 sentimeter.
  • Anak perempuan = (Tinggi badan ayah - 13) + Tinggi ibu (dalam sentimeter) dibagi 2 ± 8,5 sentimeter.

Gen yang memengaruhi tinggi badan seseorang dinamakan HMGA2. Perubahan sebuah huruf dasar di kode genetik HMGA2 yakni sebuah C (Cytosine) akan memengaruhi tinggi badan seseorang. Seseorang yang hanya mendapatkan C dari salah satu orangtuanya akan lebih tinggi setengah sentimeter dari yang hanya memiliki T (Thymin). Jika seseorang memiliki C ganda, maka, ia akan lebih tinggi satu sentimeter dari yang memiliki T ganda. Selain HMGA2, masih ada lagi gen-gen yang berkaitan dengan tinggi badan.

2. Faktor Nutrisi

 

 

Jaga kecukupan nutrisi dengan mengonsumsi protein, kalsium, dan berolahraga secara teratur. Proses pemadatan tulang terhenti saat seseorang berusia 35 tahun. Untuk menunjang pertumbuhan tulang yang baik, dibutuhkan vitamin D, kalsium, dan fosfor. Cukupi juga kebutuhan protein hewani (daging, ayam, ikan, aneka seafood, putih telur) dan protein nabati (tahu, tempe, kacang tanah, kacang hijau, kacang polong). Jika nutrisi sudah tercukupi, kamu tidak perlu mengonsumsi suplemen khusus.

3. Faktor Aktivitas

 

 

Aktivitas yang berhubungan dengan penambahan tinggi badan adalah olahraga. Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga yang memberikan beban pada tulang panjang kaki, misalnya atletik, lompat tali, joging, basket, badminton, renang, atau olahraga yang sejenis. Dengan melakukan olahraga ini, tulang akan dirangsang untuk tumbuh lebih panjang karena hentakan berat badan.  

Tips Mendapatkan Tinggi Badan Ideal

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal:

  • Makan makanan bergizi seimbang setiap hari, terutama yang tinggi kalsium, fosfor, dan protein.  
  • Berolahraga secara teratur, terutama olahraga yang merangsang tulang untuk tumbuh lebih panjang.
  • Istirahat yang cukup serta banyak minum air putih agar badan tetap bugar dan dapat tumbuh secara optimal.

Kalau kamu masih punya pertanyaan seputar tinggi badan, gunakan Halodoc saja. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.