• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Latihan yang Bisa Dilakukan dengan Gym Ball

3 Latihan yang Bisa Dilakukan dengan Gym Ball

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Buat kamu yang suka berolahraga, pasti sudah enggak asing lagi dengan bola keseimbangan atau sering disebut juga dengan gym ball. Bola berbentuk besar dan terbuat dari karet lateks ini biasanya digunakan untuk olahraga yoga dan pilates. Namun, gym ball juga bisa digunakan untuk olahraga sehari-hari di rumah, lho.

Gym ball adalah investasi yang baik buat kamu yang ingin mulai berolahraga secara rutin di rumah. Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari berlatih dengan menggunakan bola keseimbangan ini. Kalau kamu masih bingung bagaimana cara menggunakannya, berikut beberapa latihan yang bisa kamu lakukan dengan gym ball:

1. Latihan untuk Meningkatkan Stamina

Latihan ini juga bisa kamu lakukan sebagai pemanasan sebelum memulai latihan kekuatan. Lakukan masing-masing gerakan selama 1 menit.

  • Pertama-tama, duduk di atas gym ball, lalu melompatlah hingga badan terpantul-pantul di atasnya. Latihan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan tubuh.
  • Selanjutnya, pegang bola dengan kedua tangan di depan dada, angkat hingga berada di atas kepala, turunkan, dan ulangi beberapa kali.
  • Masih pegang bola dengan kedua tangan di depan dada, kali ini putar melingkar ke kiri dan ke kanan sebatas pinggang.

2. Latihan untuk Mengencangkan Otot

Gym ball dapat menjadi alat bantu untuk melakukan latihan berbagai otot tubuh, mulai dari otot dada, punggung perut sampai kaki. Buat kamu yang ingin mengecilkan perut, cocok sekali berlatih dengan menggunakan gym ball.

  • Press-up. Latihan ini bertujuan untuk mengencangkan otot dada dan tricep. Caranya, letakkan kedua tangan di atas gym ball dengan tubuh tetap lurus. Turunkan dada ke arah bola dan jaga kedua siku tetap di samping, bukan dibuka ke samping. Kemudian kembali ke posisi awal. Gerakan ini mirip seperti push up, tapi menggunakan gym ball.
  • Jackknife. Latihan ini bertujuan untuk mengencangkan otot perut, punggung, dan lengan. Caranya, posisikan tubuhmu seperti posisi push up, namun dengan kedua kaki diletakkan di atas gym ball dan kedua tangan menyentuh lantai serta dibuka selebar bahu. Posisi tubuh lurus dari kepala sampai tumit. Kemudian gunakan otot perutmu untuk menarik kedua lutut ke arah dada tanpa mengangkat bagian belakang.

3. Latihan untuk Melenturkan Badan

Selain keseimbangan dan kekuatan otot, gym ball juga dapat membantu meningkatkan kelenturan tubuh. Melakukan pemanasan dengan menggunakan gym ball juga bisa mencegah terjadinya cedera saat latihan. Kamu bisa lakukan gerakan berikut ini selama 10-20 detik untuk kelenturan badan:

  • Sandarkan tubuh secara menyamping di atas bola dengan bagian pinggul dan paha menyentuh bola. Usahakan tangan menyentuh lantai dan rasakan otot lengan dan kaki tertarik.
  • Selanjutnya, posisikan tubuh telentang di atas bola dengan kedua tangan terulur ke samping kanan dan kiri seolah sedang menarik sesuatu. Gerakan ini dapat membantu merilekskan otot-otot tubuh yang tegang.
  • Selanjutnya, sambil duduk di atas bola dan menjaga kedua lutut tetap diam, gerakkan pinggul ke kanan dan kiri dan jaga bola tetap diam. Tahan selama beberapa saat ketika kamu menggerakan pinggul ke samping untuk meregangkan tubuh bagian atas dengan lembut.

(Baca juga: 6 Alat Olahraga untuk Latihan Di Rumah)

Nah, itulah tadi cara berolahraga dengan menggunakan gym ball. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen yang kamu butuhkan lewat fitur Apotik Antar di Halodoc. Jadi, kamu enggak perlu repot-repot lagi ke apotik deh. Tinggal order dan pesananmu akan sampai dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.