16 May 2018

3 Manfaat Ngemil Malam Saat Bulan Puasa

3 Manfaat Ngemil Malam Saat Bulan Puasa

Halodoc, Jakarta – Selepas berbuka puasa, rasa lapar sering kali masih kerap menyapa. Tentu saja ini bisa mendorong kamu untuk terus mengunyah camilan alias ngemil saat kamu seharusnya sudah bersiap istirahat. Masalahnya, bagi sebagian besar orang, ngemil sebelum tidur justru tidak baik untuk kesehatan, karena bisa menyebabkan naiknya berat badan dan memicu munculnya gangguan pencernaan. Namun, benarkah demikian?

Sebenarnya, tidak ada larangan ngemil di malam hari, terlebih ketika bulan puasa. Meski begitu, kamu juga harus tahu batasannya supaya tidak menimbulkan berbagai dampak negatif untuk tubuh kamu. Jangan sampai kamu ngemil berlebihan, karena ini justru meningkatkan risiko tubuh mengalami obesitas.

Manfaat Ngemil Malam di Bulan Puasa

Ternyata, ngemil di malam hari saat bulan puasa bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh kamu, lho. Berikut beberapa di antaranya:

Terpenuhinya Asupan Kalori Harian

Manfaat ngemil malam di bulan puasa yang pertama adalah kebutuhan kalori harian tubuh akan terpenuhi pada sebagian orang. Sebenarnya, jumlah kalori harian pada tubuh setiap orang tidak terpengaruh oleh kondisi puasa.

Meski begitu, puasa membuat jam makan kamu terbatas, dan ini menyebabkan asupan kalori dalam tubuh kamu tidak tercukupi. Padahal, sistem metabolisme tubuh akan terganggu jika kebutuhan kalorinya tidak cukup. Oleh karena itu, kamu bisa memenuhinya dengan ngemil di malam hari.

(Baca juga: Makan Malam Sebelum Tidur Ternyata Ada Manfaatnya)

Mencegah Makan Terlalu Banyak Saat Sahur

Jika kamu merasa lapar di malam hari, jangan ditahan. Lebih baik kamu membuat camilan ringan tetapi tetap menyehatkan. Pasalnya, menahan lapar sebelum sahur justru akan membuat kamu makan dengan kalap karena kondisi perut yang sedang kosong. Kamu akan menyantap semua makanan berat supaya merasa kenyang.

Padahal, perut juga punya batasan, dan makan berlebihan saat sahur akan membuat perut kamu mulas. Terlebih lagi, makan banyak saat sahur belum tentu membuat kamu kenyang dalam waktu yang lama. Dibandingkan dengan sajian penuh kalori, lebih baik kamu menyantap makanan bernutrisi, sehingga kamu tidak kekenyangan, tetapi tetap berenergi.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Perut kosong akan membuat kamu jadi susah tidur. Padahal, tak hanya waktu makan, waktu istirahat malam kamu pun terbatas saat bulan puasa. Inilah manfaat ngemil malam selanjutnya yang akan kamu rasakan. Meski waktu tidur malam terbatas, kamu tetap bisa tidur lebih nyenyak. Saat sahur pun, tubuh akan kembali segar.

(Baca juga: Terapkan Pola Makan Ini Agar Tidur Lebih Nyenyak)

Jenis Camilan Sehat untuk Ngemil Malam

Selain manfaat ngemil malam, kamu juga harus mengetahui jenis camilan apa saja yang bisa dikonsumsi sebelum tidur, supaya tubuh tetap sehat dan terhindar dari obesitas meskipun kamu suka ngemil malam hari. Nah, berikut beberapa jenis camilan sehat yang aman dikonsumsi pada malam hari:

  • Aneka buah-buahan segar, seperti apel, pisang, semangka.
  • Susu skim, susu kedelai, susu kacang, atau susu sapi rendah lemak.
  • Yoghurt rendah lemak.
  • Aneka jenis kacang-kacangan dan cokelat hitam rendah lemak.


Itu tadi beberapa manfaat ngemil malam yang bisa kamu dapatkan. Puasa tidak harus jadi penghambat kamu untuk tetap menjaga kesehatan tubuh, ya. Jadi, kalau kamu merasa ada keanehan pada tubuh kamu, segera tanyakan pada dokter. Kamu bisa menggunakan layanan tanya dokter di aplikasi Halodoc. Aplikasi ini juga menyediakan layanan apotek antar, jadi kamu bisa membeli obat atau vitamin apa saja tanpa harus keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!