28 June 2018

3 Manfaat Seks untuk Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan dengan seks

Halodoc, Jakarta – Enggak hanya menyenangkan untuk dilakukan, melakukan hubungan intim ternyata dapat memberi banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Seks sering disebut juga sebagai olahraga ranjang, karena nyatanya kegiatan ini memang efektif membakar banyak kalori. Tapi benarkah kita bisa menurunkan berat badan dengan seks? Simak penjelasan berikut.

1. Mempercepat Metabolisme Tubuh

Para ahli setuju bahwa untuk menurunkan berat badan, kamu perlu membakar kalori lebih banyak dari jumlah kalori yang terkandung dalam makanan yang kamu makan.  Nah, seks dapat membakar kelebihan kalori yang tersimpan dalam tubuhmu. Semakin banyak kalori yang terbakar, semakin cepat pula metabolisme tubuhmu bekerja untuk membakar timbunan lemak.

2. Melatih Otot-otot Tubuh

Selain itu, seks juga merupakan latihan yang baik untuk menjaga kebugaran tubuhmu. Saat kamu berhubungan intim, tanpa sadar berbagai kelompok otot pada tubuhmu akan bekerja. Otot-otot yang biasanya aktif bekerja saat kamu berhubungan intim adalah otot lengan, abdomen, hamstring, bokong, dan betis. Dengan demikian, melakukan seks dapat melatih dan menambah masa otot-otot tersebut, sama halnya seperti kamu berolahraga di gym.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Seks juga dapat meningkatkan detak jantungmu sampai pada tahap seperti kamu melakukan aerobik. Karena itu, seks bisa menjadi latihan yang baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. Dengan memiliki otot jantung yang kuat, pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat, sehingga oksigen dapat dialirkan dengan baik ke dalam sel-sel otot. Hal inilah yang membuat sel-sel dapat membakar lemak lebih banyak selama berhubungan dan saat istirahat.

Baca juga: 7 Manfaat Berhubungan Intim yang Mengejutkan

Jumlah Kalori yang Dapat Dibakar dengan Seks

Dilansir dari laman Livestrong, berhubungan intim selama 25 menit, yang terdiri dari foreplay selama 10 menit dan seks selama 15 menit, terbukti dapat membakar 88 kalori bagi wanita yang memiliki berat badan sebesar 68 kg. Sedangkan bagi pria yang berat badannya sebesar 81 kg, seks selama 25 menit dapat membakar kalori sebanyak 106.

Bila kamu ingin membakar lebih banyak kalori, kamu disarankan untuk melakukan foreplay lebih lama. Karena berciuman saat foreplay selama satu jam bisa membakar kira-kira 58-80 kalori. Jumlah kalori ini setara dengan berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer atau berolahraga selama 23 menit. Sedangkan mulai dari saat bercinta sampai tahap mencapai orgasme, kalori yang terbakar bisa sebanyak 100-140 kalori bila dilakukan selama 45 menit. Bahkan desahan dan tarikan napas yang kamu buat selama berhubungan seks dapat membantu membakar kalori sebanyak 18-30.

Frekuensi untuk Menurunkan Berat Badan dengan Seks

Para ahli mengungkapkan tidak ada patokan yang pasti tentang berapa frekuensi yang ideal untuk menurunkan berat badan dengan seks. Hal ini karena sering melakukan seks tidak lantaran langsung membuat tubuhmu menjadi kurus, melainkan hanya membantu membakar kalori saja. Bahkan meskipun kalori yang dibakar lewat seks terbilang cukup banyak, namun angka di timbanganmu mungkin akan tetap sama.

Namun, menurut Howard Shapiro, seorang dokter pakar penurunan berat badan di New York, melakukan seks secara rutin dapat mengurangi rasa stres sehingga nafsu makan kamu pun akan tetap terjaga. Lain halnya bila kamu sering merasa stres, maka kamu cenderung memiliki nafsu makan yang tinggi. Tingkat stres dan nafsu makan yang rendah inilah yang mempengaruhi berat badanmu agar tetap ideal.

Baca juga: Berhubungan Intim yang Ideal Itu Berapa Kali Seminggu Sih?

Buat kamu yang ingin punya badan langsing dan ideal, kamu enggak bisa serta-merta menurunkan berat badan dengan seks saja. Olahraga dan nutrisi yang tepat tetap lebih membantu. . Kalau kamu punya masalah seputar seks, tanyakan saja pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Enggak usah malu, karena kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.