15 August 2018

3 Tanda Salah Membeli Foundation

foundation, tips memilih foundation, salah menggunakan foundation

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian wanita, mempercantik diri dengan menggunakan makeup sepertinya menjadi hal yang biasa. Alat-alat makeup yang digunakan pun sangat beragam. Mulai dari lipstik, bedak wajah, hingga yang paling penting adalah foundation. Foundation sendiri sudah dikenal lama sebagai alas bedak. Foundation digunakan sebagai dasar sebelum penggunaan alat makeup lainnya.

Foundation juga memiliki berbagai macam jenis. Mulai dari yang padat hingga yang cair. Pada dasarnya, foundation memiliki tekstur yang cukup pekat dan kental, sehingga mampu menutupi kekurangan pada wajah. Tidak hanya itu, penggunaan foundation juga diperlukan agar makeup yang kamu gunakan bisa tahan lebih lama dan tidak mudah luntur.

Baca juga: 6 Tips Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit

Tentunya penggunaan foundation harus disesuaikan dengan jenis dan warna kulit kamu. Jangan sampai kamu salah menggunakan foundation untuk jenis dan warna kulit kamu. Berikut adalah tanda jika kamu salah memilih foundation untuk wajah kamu.

1. Warna Wajah dan Leher Akan Berbeda

Tentu pemilihan warna foundation sangat penting untuk menghasilkan warna makeup yang bagus. Jika kamu salah memilih warna foundation, tentu akan terlihat perbedaan warna antara wajah dan leher kamu. Maka dari itu, pilihlah warna foundation dengan baik.

Sebelum memutuskan untuk membeli foundation, tidak ada salahnya kamu mencoba terlebih dahulu foundation yang akan kamu beli. Jika kamu memiliki warna kulit wajah cenderung memiliki rona kemerahan, pilihlah foundation dengan warna yang agak terang. Namun, jika kamu memiliki rona kekuningan pada kulit wajah kamu, gunakan foundation yang lebih gelap.

2. Timbulnya Masalah Kulit Wajah

Tidak hanya salah pemilihan warna foundation saja, salah memilih jenis foundation yang cocok dengan kulit wajah kamu juga dapat menimbulkan masalah ke depannya. Beberapa di antaranya adalah kulit berjerawat, minyak berlebih di sekitar wajah, dan kulit kering. Timbulnya masalah kulit wajah menandakan kamu salah memilih foundation.

Sebelum memutuskan untuk membeli satu jenis foundation, sebaiknya perhatikan kandungan yang terdapat dalam foundation. Pilihlah foundation yang berbahan dasar alami. Memilih foundation yang mengandung vitamin atau mineral untuk kesehatan wajah juga bisa menjadi salah satu pilihan agar kulit wajah kamu tetap sehat saat kamu menggunakan foundation.

Timbulnya masalah kulit pada wajah bukan saja karena kamu salah memilih jenis foundation, tapi bisa juga disebabkan karena kandungan yang terdapat dalam foundation. Hindari foundation dengan penggunaan bahan kimia yang berbahaya untuk kulit wajah dan kesehatan kamu.

3. Pori-pori Kulit Terlihat Membesar

Pori-pori yang membesar bisa disebabkan karena adanya penumpukan kotoran dan juga sel kulit mati pada kulit wajah. Jika kamu memiliki pori-pori wajah yang cukup besar, sebaiknya pilihlah foundation yang memiliki tekstur ringan. Memilih foundation dengan tekstur berat nyatanya akan membuat pori-pori kamu semakin besar dan terlihat. Hal ini yang bisa membuat makeup kamu terlihat sangat tebal.

Baca juga: 5 Tips Membersihkan Makeup Membandel

Jangan lupa untuk selalu membersihkan makeup dari kulit wajah kamu. Tidak ada salahnya juga untuk menggunakan masker dari bahan alami, agar kesehatan kulit wajah kamu juga tetap terjaga. Nah, jika ada yang mau kamu tanyakan lagi mengenai perawatan kulit wajah, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa bertanya melalui Voice Call atau Video Call dengan dokter. Yuk, download Aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang!