3 Tips Agar Enggak Repot Saat Berobat dengan BPJS

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
berobat menggunakan bpjs, berobat dengan bpjs, bpjs dirujuk ke rumah sakit

Halodoc, Jakarta - BPJS merupakan suatu sistem yang wajib diikuti seluruh WNI, maupun WNA yang telah berada di Indonesia setidaknya dalam kurun waktu 6 bulan. Penyelenggaraan BPJS sendiri bertujuan untuk memastikan seluruh masyarakat Indonesia terlindungi oleh jaminan kesehatan yang adil, merata, dan komprehensif. Iuran yang dibayar pun sesuai dengan tingkat manfaat yang didapatkan. Pemerintah juga menyediakan iuran khusus untuk keluarga yang tidak mampu. Yuk, lihat tips agar kamu enggak perlu repot saat berobat dengan BPJS!

Baca juga: Begini Cara Cek Kesehatan Pakai BPJS

Sama seperti asuransi konvensional, agar biaya pengobatan bisa sepenuhnya ditanggung oleh BPJS, berikut ini tips-tips agar kamu enggak perlu repot saat berobat dengan BPJS:

  • Mendatangi Puskesmas Terdekat

Ketika kamu terdaftar dalam BPJS dan mengalami sakit, pasti kamu ingin mengklaim hak kamu. Di sini memang kamu enggak bisa langsung datang ke rumah sakit. Hal pertama yang kamu lakukan adalah berobat ke FASKES 1 terlebih dahulu. FASKES yang dimaksud di sini adalah puskesmas atau klinik.

Namun jika kamu sakit dengan kondisi darurat dan butuh penanganan cepat dan peralatan yang lebih lengkap, kamu bisa saja langsung ke rumah sakit yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Kondisi darurat yang dimaksud di sini adalah jika kamu dalam kondisi sakit yang bisa menyebabkan cacat atau kematian. Namun, jika sakit yang kamu alami enggak bersifat darurat, kamu harus punya surat rujukan dulu dari FASKES 1, untuk dirujuk ke rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Baca juga: Pakai BPJS, Ketahui 5 Hal Ini Lebih Dulu

  • Melakukan Pemeriksaan Kesehatan di FASKES 1

Pada saat kamu melakukan pemeriksaan kesehatan di FASKES 1, di sinilah kamu akan ditetapkan apakah kamu akan dirujuk ke rumah sakit, atau tidak. Jika memang pihak FASKES 1 tidak sanggup menangani kondisi kamu, kamu akan dirujuk ke rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Saat telah ditetapkan untuk dirujuk ke rumah sakit, maka kamu harus membawa kartu, atau surat rujukan dari FASKES 1. Karena jika kamu enggak membawa kartu ini, klaim kamu akan ditolak dan pihak BPJS Kesehatan tidak akan menanggung biaya pengobatan kamu.

  • Datang ke Rumah Sakit Rujukan

Setelah mendapat surat rujukan, kamu bisa langsung berangkat menuju rumah sakit yang telah ditetapkan. Jangan datang terlambat, ya! Karena jika kamu terlambat, bisa-bisa kamu akan dilayani pada hari berikutnya. Kelengkapan yang harus kamu bawa, antara lain:

  • Kartu BPJS asli beserta fotokopinya.

  • Fotokopi KTP yang masih berlaku.

  • Fotokopi Kartu Keluarga.

  • Fotokopi surat rujukan dari FASKES 1.

Baca juga: 8 Istilah Kesehatan yang Perlu Diketahui Orang Awam

Menjadi anggota BPJS Kesehatan memang banyak menguntungkan. Penting untuk mempelajari prosedur penggunaan BPJS, agar kamu enggak merasa repot lagi saat berobat. Selain itu, jangan lupa untuk memenuhi kewajiban membayar premi setiap bulan, agar kamu enggak ada halangan saat berobat.

Jika kamu punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!