• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Tips Menjaga Elastisitas Kulit saat Menopause

3 Tips Menjaga Elastisitas Kulit saat Menopause

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
3 Tips Menjaga Elastisitas Kulit saat Menopause

Halodoc, Jakarta - Meskipun usia terus bertambah, tetapi kebanyakan wanita yang masih ingin memiliki kulit yang cantik, terutama di area wajah. Memang perlu usaha yang keras untuk menjaga elastisitas kulit, terlebih lagi jika usia sudah memasuki masa menopause. Pengenduran dan penuaan pada kulit sangat terlihat, seperti kulit keriput dan kendur. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga elastisitas kulit. Berikut caranya!

Cara Efektif untuk Menjaga Elastisitas Kulit saat Menopause

Faktanya, seseorang yang mengalami kehilangan elastisitas kulit memang merupakan bagian alami dari proses penuaan. Terkadang, kamu mungkin baru menyadari jika kulit sudah menua saat memegang wajah ketika akan melakukan riasan. Selain itu, kamu juga dapat merasakannya saat menggerakkan kelopak mata dan kulit tidak mengencang kembali seperti dahulu kala. Pasti kamu ingin kulit kembali kencang bukan.

Baca juga: Tips Mudah Untuk Selalu Tampil Awet Muda

Elastisitas kulit sendiri adalah kemampuan kulit untuk meregang dan kembali ke bentuk aslinya. Seseorang yang mengalami kehilangan elastisitas kulit dikenal sebagai elastosis menyebabkan kulit terlihat kendur, berkerut, atau kasar. Hal ini juga dapat terjadi karena paparan matahari sehingga kulit terlihat lebih pucat dibandingkan bagian yang tidak mendapatkan paparan.

Maka dari itu, kamu dapat melakukan beberapa hal yang dapat membuat kulit kembali kencang layaknya usia 30-an. Berikut ini beberapa cara untuk mendapatkan elastisitas kulit yang efektif:

1. Mengonsumsi Suplemen Kolagen

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga elastisitas kulit saat menopause adalah dengan mengonsumsi suplemen dengan kandungan kolagen. Nutrisi tersebut adalah protein yang dapat diserap oleh tubuh dan dikirim ke kulit melalui aliran darah untuk mengembalikan elastisitas dan kekencangan kulit setelah beberapa saat dikonsumsi dengan rutin. Selain suplemen, kamu juga dapat mendapatkan kandungan kolagen dengan mengonsumsi beberapa jenis ikan.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait cara untuk mendapatkan elastisitas kulit kembali, dokter kulit dari Halodoc dapat memberikan cara yang efektif untuk dilakukan. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan agar kulit terlihat lebih muda dibandingkan usia yang seharusnya!

Baca juga: Kerutan di Bawah Mata Mengganggu? Ini Cara Mengatasinya

2. Retinol dan Retinoid

Kamu juga dapat menggunakan retinol untuk mengembalikan elastisitas kulit karena mengandung vitamin A yang tinggi. Retinol adalah produk perawatan kulit yang dapat didapatkan secara bebas dan dapat berbentuk serum mata atau krim wajah. Disebutkan jika retinol topikal yang dikombinasikan dengan vitamin C sangat efektif untuk mengembalikan elastisitas kulit.

Meski begitu, retinol tidak sekuat retinoid yang diberikan secara resep. Retinoid resep yang diberikan oleh dokter dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit karena kandungan tretinoin dan retin-A. Selain itu, kandungan pada retinoid juga dapat efektif untuk mengurangi dan membalikkan efek penuaan pada kulit.

3. Asam Hialuronat

Asam hialuronat adalah zat alami yang banyak ditemukan pada jaringan ikat kulit. Fungsi dari kandungan tersebut adalah menjaga kelembapan dan menjaga agar kulit tetap lembap. Kandungan asam hialuronat dapat menghilang ketika seseorang terlalu sering mendapatkan paparan sinar ultraviolet dan disebabkan faktor penuaan. Menggunakan produk kecantikan dengan kandungan tersebut dapat mengembalikan elastisitas kulit secara alami.

Baca juga: 5 Makanan Sehat untuk Kesehatan Kulit Wajah

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan elastisitas kulit agar kembali kencang dan bersinar. Dengan melakukan hal tersebut, diharapkan kamu dapat kembali terlihat seperti saat muda. Menjaga kecantikan meskipun sudah tidak muda lagi dapat meningkatkan kepercayaan diri bukan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Skin Elasticity: 13 Ways to Improve It.
Skin Kraft. Diakses pada 2020. 11 Ways To Improve Your Skin Elasticity.