14 August 2018

4 Bagian Tubuh ini Jadi Indikator Kecerdasan Anak

kecerdasan anak, tanda orang cerdas

Halodoc, Jakarta – Tingkat kecerdasan seseorang sering kali dikaitkan dengan kemampuan otak. Misalnya, saat seseorang memiliki kecerdasan dan cara berpikir yang cemerlang, sudah hampir pasti otak yang menjadi bagian tubuh yang menerima pujian. Namun, ternyata otak bukan satu-satunya bagian tubuh yang menjadi cerminan kecerdasan, lho.

Dilansir dari laman Reader’s Digest, ada 4 bagian tubuh manusia yang sering dijadikan indikator kecerdasan. Jika bagian-bagian tersebut memiliki bentuk tertentu, diyakini sebagai tanda bahwa orang tersebut cenderung memiliki tingkat kecerdasan yang baik. Apa saja bagian tubuh manusia yang bisa menjadi indikator kecerdasan?

Baca juga: 5 Rutinitas yang Meningkatkan Kecerdasan Anak

1. Kaki yang Panjang

Seseorang yang memiliki kaki panjang cenderung lebih mudah mendapatkan pekerjaan, termasuk pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan lebih tinggi. Menurut studi dari para peneliti di Brown University, orang yang memiliki kaki panjang, atau tinggi badan lebih, biasanya memperoleh lebih banyak uang karena diklaim sebagai orang yang lebih pintar.

Selain itu, tinggi badan ternyata memengaruhi hasil tes kognitif, terutama saat anak-anak. Anak yang memiliki tinggi lebih disebut memiliki hasil tes kognitif yang lebih baik. Orang-orang yang memiliki perawakan lebih tinggi juga banyak bekerja di bidang yang membutuhkan keterampilan verbal serta numerik lebih sulit. Hal itu yang kemudian membuat peneliti menduga ada kaitan antara tinggi badan dan tingkat kecerdasan seseorang.

2. Ukuran Kepala Lebih Besar

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Molecular Psychiatry, orang-orang yang memiliki ukuran kepala lebih besar saat bayi cenderung memiliki skor lebih tinggi dalam tes penalaran verbal-numerik. Hal itu terungkap dalam sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 500.000 orang yang menjalani penilaian kognitif dan fisik. Penelitian itu juga melibatkan pemeriksaan sampel darah, urine, dan air liur.

Artinya, ukuran kepala yang lebih besar saat anak-anak dipercaya sebagai tanda kecerdasan. Bahkan, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa orang dengan kondisi ini cenderung lebih mudah mendapatkan gelar sarjana. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah kondisi tersebut ada hubungannya dengan mekanisme genetik spesifik.

Baca juga: 5 Makanan Ini Dapat Tingkatkan Kecerdasan Anak

3. Tangan Kidal

Secara umum, tangan kanan menjadi bagian yang lebih dominan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Misalnya, makan, menulis, bermain gitar, dan hal lainnya. Namun, ada juga orang yang memiliki kebiasaan sebaliknya. Yaitu menulis, makan, atau melakukan hal lain dengan tangan kiri. Orang yang menjadikan tangan kiri sebagai tangan dominan sering disebut kidal.

Meski tidak secara langsung menunjukkan tingkat kecerdasan, orang yang kidal disebut memiliki kelebihan tersendiri. Sebuah penelitian yang melibatkan pengguna tangan kanan dan kiri menunjukkan bahwa kelompok pengguna tangan kiri memiliki skor tes yang lebih baik. Tes yang diberikan bertujuan untuk menilai memori kerja dan fleksibilitas mental. Para ahli berpendapat keistimewaan orang kidal terjadi karena ia bisa menggunakan kedua sisi otak.

4. Perut Rata

Selain bisa memberi dampak kesehatan, seperti darah tinggi dan serangan jantung, lemak yang bertumpuk di tubuh ternyata juga berpengaruh pada fungsi kognitif seseorang. Lemak bisa bertumpuk di bagian tubuh mana saja, termasuk perut.

Sebuah penilaian menemukan bahwa orang yang memiliki perut rata alias tidak banyak lemak yang bertumpuk, cenderung memiliki kemampuan memori dan kosakata yang lebih baik. Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan seseorang dengan bentuk tubuhnya.

Baca juga: Sering Bermain di Luar Bisa Tingkatkan Kecerdasan Anak?

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!