23 October 2016

4 Buah Terbaik untuk Diabetes

Diabetes, buah untuk diabetes

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu kalau fruktosa (gula buah) juga dapat memberikan dampak negatif bagi pengidap diabetes? Untuk itu, kamu harus cermat memilih jenis buah dengan fruktosa yang tepat dan tidak meningkatkan kadar gula darah. Nah, berikut ini adalah beberapa buah yang dapat dinikmati tanpa khawatir menaikkan gula darah.

1. Grapefruit

Grapefruit juga dikenal dengan nama jeruk bali merah adalah pilihan pertama yang dapat dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Rasanya yang manis dan asam bisa dipadukan dengan segelas air dingin yang diberi perasan lemon. Cukup ambil setengah potong buah ini dan rasakan kesegaran dalam tiap gigitannya.

2. Buah Beri

Cranberry, raspberry, dan blueberry adalah varian buah beri yang cocok disantap karena kandungan fruktosa yang aman bagi pengidap diabetes. Mengandung serat, rendah karbohidrat, antioksidan, dan kaya vitamin yang cocok dikonsumsi sebelum berolahraga. Sebelum mulai latihan fisik, masukan kombinasi buah beri ini kedalam teko berisi air. Aduk, lalu simpan dalam lemari pendingin dalam kondisi tertutup rapat. Tambahkan perasan lemon dan kayu manis lalu nikmati usai beraktivitas untuk meneguk kesegarannya.

3. Semangka

Semangka selain mengandung banyak air juga kaya akan vitamin B dan C, kalium, beta-karoten, serta lycopene yang baik bagi tubuh. Jika kamu bosan menyantap buah ini dengan cara diiris, kamu bisa menyajikannya sebagai hidangan penutup. Haluskan semangka tanpa dicampur dengan air lalu sajikan dalam gelas.

Nikmati acara kumpul bareng Keluarga dengan seteko minuman yang berisi kombinasi potongan buah ceri dan kiwi. Jadi, kamu tak perlu bingung mencari pilihan sajian minuman yang tepat bila ada anggota keluarga yang tidak bisa mencicipi rasa manis berlebihan. Jangan lupa untuk menambah potongan kayu manis dan simpan di lemari pendingin sebelum disajikan. Dua buah ini mengandung kalium, serat, vitamin C, antioksidan tinggi serta rendah karbohidrat.

Itulah empat buah terbaik untuk pengidap diabetes. Kalau kamu punya pertanyaan lain tentang diabetes, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!