• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 4 Buah Terbaik untuk Pengidap Diabetes
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 4 Buah Terbaik untuk Pengidap Diabetes

Inilah 4 Buah Terbaik untuk Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 Februari 2022
Inilah 4 Buah Terbaik untuk Pengidap DiabetesInilah 4 Buah Terbaik untuk Pengidap Diabetes

“Pengidap diabetes tidak boleh mengonsumsi sembarangan makanan, sebab dapat meningkatkan kadar gula di dalam tubuhnya. Salah satu makanan yang mungkin meningkatkan kadar gula adalah buah. Namun, tidak semua buah buruk untuk pengidap diabetes dan bahkan dapat menyehatkan.”

Halodoc, Jakarta - Buah sangat baik untuk memenuhi beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Namun, kandungan gula di dalam beberapa buah ternyata dapat memberikan dampak buruk bagi pengidap diabetes. Maka dari itu, kamu perlu tahu beberapa jenis buah yang paling baik dikonsumsi oleh seseorang dengan masalah kadar gula darah.

Beberapa Buah yang Baik Dikonsumsi Pengidap Diabetes

Buah yang dianggap menyehatkan ternyata dapat menimbulkan dampak buruk bagi pengidap diabetes. Untuk itu, kamu harus cermat memilih jenis buah dengan fruktosa yang tepat dan tidak meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi buah secara utuh tanpa mencampurkan gula tambahan yang jelas-jelas dapat meningkatkan gula darah.

Jika kamu menggunakan indeks glikemik untuk mengukur cara makanan dapat memengaruhi kadar gula darah, benar-benar pastikan buah yang dikonsumsi dalam keadaan utuh tanpa campuran apapun.  Nah, berikut adalah beberapa buah yang dapat dinikmati tanpa khawatir menaikkan gula darah:

1. Grapefruit

Grapefruit juga dikenal dengan nama jeruk bali merah adalah pilihan pertama yang dapat dikonsumsi sebagai buah yang baik untuk pengidap diabetes. Rasanya yang manis dan asam bisa dipadukan dengan segelas air dingin yang diberi perasan lemon. Cukup ambil setengah potong buah ini dan rasakan kesegaran dalam tiap gigitannya.

2. Buah Beri

Cranberry, raspberry, dan blueberry adalah varian buah beri yang cocok disantap karena kandungan fruktosa yang aman sebagai buah terbaik untuk pengidap diabetes. Mengandung serat, rendah karbohidrat, antioksidan, dan kaya vitamin yang cocok dikonsumsi sebelum berolahraga. 

Sebelum mulai latihan fisik, masukan kombinasi buah beri ini kedalam teko berisi air. Aduk, lalu simpan dalam lemari pendingin dalam kondisi tertutup rapat. Tambahkan perasan lemon dan kayu manis lalu nikmati usai beraktivitas untuk meneguk kesegarannya.

3. Semangka

Semangka selain mengandung banyak air juga kaya akan vitamin B dan C, kalium, beta-karoten, serta lycopene yang baik bagi tubuh. Jika kamu bosan menyantap buah ini dengan cara diiris, kamu bisa menyajikannya sebagai hidangan penutup. Haluskan semangka tanpa dicampur dengan air lalu sajikan dalam gelas.

4. Ceri dan Kiwi

Nikmati acara kumpul bareng Keluarga dengan seteko minuman yang berisi kombinasi potongan buah ceri dan kiwi. Jadi, kamu tak perlu bingung mencari pilihan sajian minuman yang tepat bila ada anggota keluarga yang tidak bisa mencicipi rasa manis berlebihan. Jangan lupa untuk menambahkan taburan kayu manis dan simpan di lemari pendingin sebelum disajikan. Dua buah ini mengandung kalium, serat, vitamin C, antioksidan tinggi serta rendah karbohidrat.

Nah, itulah 4 buah yang dapat dengan aman dinikmati seseorang dengan gangguan diabetes. Dengan begitu, kamu dapat memenuhi nutrisi tubuh tanpa perlu takut kadar gula darah dapat naik. Selain konsumsi buah, kamu juga bisa lho berolahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat dan mampu membakar gula berlebihan sehingga efek samping dari diabetes dapat ditekan.

Kamu juga bisa lho bertanya pada dokter dari Halodoc terkait buah apa saja yang cocok dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa berinteraksi langsung dengan ahli medis di mana saja dan kapan saja. Untuk menikmati kemudahan ini, segera unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2022. 8 Best Fruits for a Diabetes-Friendly Diet.
WebMD. Diakses pada 2022. Diabetes and Fruit.