• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Bumbu Dapur yang Mampu Turunkan Kolesterol
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Bumbu Dapur yang Mampu Turunkan Kolesterol

4 Bumbu Dapur yang Mampu Turunkan Kolesterol

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 September 2022

“Terdapat beberapa bumbu dapur yang diklaim dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Salah satunya adalah kayu manis yang dapat bermanfaat untuk mengurangi penyumbatan pada sistem internal tubuh.”

4 Bumbu Dapur yang Mampu Turunkan Kolesterol4 Bumbu Dapur yang Mampu Turunkan Kolesterol

Halodoc, Jakarta – Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah dapat memicu penumpukan lemak yang mengeras di dalam saluran pembuluh darah. Penumpukan tersebut pada akhirnya dapat berujung pada penyumbatan aliran darah di dalam tubuh. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke, atau penyakit jantung. 

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil dengan menerapkan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga. Namun tak hanya itu, kamu juga bisa memasak menggunakan bumbu dapur tertentu sebagai bagian dari upaya menurunkan kolesterol. 

Pasalnya, tak hanya dapat meningkatkan cita rasa, beberapa bumbu dapur yang diolah bersama makanan juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Lantas, apa saja bumbu dapur yang memiliki manfaat tersebut? 

Bumbu Dapur yang Mampu Turunkan Kolesterol

Terdapat beberapa bumbu dapur yang diklaim dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, antara lain: 

1. Kayu Manis 

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang berasal dari kulit bagian dalam beberapa spesies pohon dari genus Cinnamomum. Perlu diketahui bahwa kayu manis adalah bumbu dapur yang memiliki sifat antidiare, antimikroba, sekaligus bersifat antioksidan. Beberapa sifat tersebut membuat kayu manis dapat bermanfaat untuk mengurangi penyumbatan pada sistem internal tubuh. Karena itu, mengonsumsi kayu manis sebagai bumbu memungkinkan tubuh untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan memperlancar aliran darah pada tubuh. Menariknya lagi, sifat antioksidan yang ada pada kayu manis juga diketahui dapat membantu tubuh mengurangi kadar gula darah, sekaligus mengelola sensitivitas insulin tubuh. 

2. Bawang Putih

Bawang putih atau Allium sativum merupakan tanaman yang lazim digunakan sebagai bumbu di seluruh dunia. Ada lebih dari 100 fitokimia telah diidentifikasi dalam bawang putih. Salah satu zat fitokimia penting yang terkandung pada bawang putih adalah senyawa allicin.  Senyawa tersebut diklaim dapat menghambat pembentukan kolesterol. Bahkan, menurut beberapa penelitian, penggunaan suplemen bawang putih pada orang-orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, bermanfaat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL sekitar 10-15 persen. 

3. Jahe

Bumbu dapur selanjutnya yang diklaim dapat membantu menurunkan kadar kolesterol adalah jahe. Rempah yang satu ini memang telah diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Sebab, jahe mengandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi. Ada beberapa bukti ilmiah, baik pada manusia maupun hewan, yang menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat), kolesterol total, dan trigliserida darah secara signifikan.

Salah satunya adalah penelitian yang dipublikasikan pada 2018 silam. Penelitian ini dilakukan terhadap 60 orang pengidap hiperlipidemia. Pada penelitian tersebut, 30 orang yang menerima 5 gram bubuk jahe setiap harinya mengalami penurunan kadar kolesterol LDL (jahat) sebesar 17,4 persen selama periode 3 bulan.

4. Kunyit 

Kunyit adalah bumbu dapur yang familiar ditemukan di daerah tropis seperti India dan Asia Tenggara. Selain mengandung kurkumin, kunyit juga memiliki banyak kandungan antioksidan yang tidak hancur ketika dimasak. Nah, studi yang dipublikasikan pada 2015 silam, menemukan bahwa suplementasi 2,4 gram kunyit selama empat minggu menghasilkan penurunan kolesterol LDL dan protein C reaktif. 

Itulah beberapa bumbu dapur yang diyakini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan beberapa bumbu tersebut sebagai bagian dari menu masakan sehari-hari. Selain itu, pastikan juga untuk menerapkan pola hidup sehat agar kadar kolesterol tubuh terjaga. Salah satunya adalah dengan memeriksakan kadar kolesterol dan kesehatan secara rutin. 

Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit untuk memeriksakan kadar kolesterol atau kondisi kesehatan keseluruhan. Tentunya tanpa perlu mengantre ataupun menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Thorne. Diakses pada 2022. 5 Spices for a Healthy Heart – Let Food Be Your Medicine. 
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Proven Health Benefits of Garlic. 
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Proven Health Benefits of Ginger. 
Research Gate. Diakses pada 2022. Effects of Ginger on LDL-C, Total Cholesterol and Body Weight. 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. 7 Health Benefits of Turmeric. 
NIH. Diakses pada 2022. Clinical efficacy of the co-administration of Turmeric and Black seeds (Kalongi) in metabolic syndrome – a double blind randomized controlled trial – TAK-MetS trial.