• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Alami untuk Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Alami untuk Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

4 Cara Alami untuk Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 14 September 2022

“Bayi rentan untuk alami sumbatan pada hidung, sehingga sulit untuk bernapas. Maka dari itu, setiap orang tua perlu tahu cara mengatasi masalah ini dengan metode alami, sehingga anak mudah bernapas lagi.”

4 Cara Alami untuk Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi4 Cara Alami untuk Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Halodoc, Jakarta – Bayi masih memiliki sistem imun yang lemah sehingga rentan terserang penyakit. Salah satu gangguan yang kerap terjadi pada bayi adalah hidung tersumbat. Masalah ini dapat membuat bayi kesulitan untuk bernapas.

Masalah ini juga dapat disebabkan saluran hidung bayi yang masih sangat kecil. Adanya sedikit lendir atau air susu yang masuk ke hidung, sumbatan bisa terjadi. Masalah ini dapat membuat anak menjadi rewel dan gelisah, akibat kesulitan bernapas.

Maka dari itu, setiap orang tua perlu tahu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Dengan begitu, penanganan yang efektif bisa dilakukan, agar anak dapat kembali bernapas dengan normal lagi.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi dengan Cara Alami dan Efektif

1. Menggunakan Humidifier

menggunakan humidifier

Humidifier, atau pelembap, dapat menambahkan kelembapan di udara. Hal ini berguna untuk mencegah lendir mengering di dalam hidung bayi.

Ibu dapat menempatkan alat pelembap ini di kamar bayi dekat tempat tidurnya, tetapi pastikan Si Kecil tidak bisa menjangkaunya. Pastikan juga untuk membersihkan humidifier secara teratur, guna mencegah pertumbuhan bakteri atau jamur di dalamnya.

2. Pijat dengan Minyak Mustard

pijat dengan minyak

Cara alami lainnya yang efektif untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, yaitu dengan memberikan pijatan menggunakan minyak mustard. 

Untuk menggunakannya sebagai pengobatan rumahan, ambil 1/4 cangkir minyak mustard campur dengan 3-4 siung bawang putih yang dicincang, lalu panaskan sedikit. Tunggu hingga panasnya menghilang, lalu pijat bayi menggunakan minyak tersebut. Oleskan dengan lembut di area hidung, dahi, pipi, dada, dan punggung.

3. Saline Drops

saline drops

Saline drops juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi sumbatan hidung pada bayi. Bahkan, pengobatan rumahan ini mudah dibuat dan ampuh, sehingga Si Kecil bisa dengan mudah untuk bernapas lagi. Metode ini dapat mengencerkan lendir, bahkan lendir bisa menghilang dengan sendirinya.

Ibu bisa membeli cairan ini di banyak toko kesehatan. Cukup taruh 2-3 tetes di setiap lubang hidung anak, lalu gunakan bulb syringe untuk mengeluarkan lendir yang ada. Ulangi lagi metode ini untuk beberapa saat hingga napas anak lebih baik.

Namun, metode ini paling efektif untuk bayi dengan usia di bawah 6 bulan. Anak-anak yang lebih besar mungkin tidak mau melakukan metode ini.

4. Perbanyak Minum Cairan

perbanyak minum cairan

Anak yang lebih banyak mengonsumsi cairan dapat membantu dalam mengencerkan lendir, sehingga bayi lebih mudah untuk bernapas normal kembali. Cara ini juga dapat membantu untuk mencegah dehidrasi pada bayi yang alami demam. Pastikan Si Kecil minum air atau menyusu lebih banyak dari biasanya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Ibu perlu mencari cara yang paling ampuh untuk dilakukan, sehingga anak dapat bernapas lagi dengan normal. Hal ini juga dapat menghentikan sifat rewel dan kerap menangis pada anak akibat gangguan tersebut.

Jika ingin tahu lebih jauh tentang cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan kapan dan dimana saja. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan untuk berinteraksi dengan ahli medis bisa dilakukan menggunakan smartphone. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Only My Health. Diakses pada 2022. Home Remedies To Treat Blocked Nose In Babies.