31 May 2018

4 Cara Atasi Kulit Kering saat Berpuasa

4 Cara Atasi Kulit Kering saat Berpuasa

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang kurang memperhatikan asupan air minum saat sedang sahur atau pun berbuka. Akibatnya, asupan cairan yang dibutuhkan tubuh semakin berkurang bahkan parahnya bisa menyebabkan kulit tubuh kamu kering. Tidak hanya kurang nyaman, saat kulit kamu kering bisa membuat penampilan kamu juga kurang baik. Misalnya saja kulit yang menjadi terlihat kusam dari biasanya, sehingga bisa memengaruhi rasa percaya diri kamu.

Banyak cara untuk mengatasi masalah kulit kering kamu, bisa dengan mengonsumsi air putih yang seimbang atau mengonsumsi makanan yang memang baik untuk melembapkan kulit kamu. Selain itu, ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai perawatan untuk menjaga kulit kamu agar terhindar dari kulit kering atau mengatasi kulit kamu yang sudah terlanjur kering dan kusam. Selain itu, bahan-bahan yang bisa kamu temui di rumah tidak hanya murah, tetapi juga lebih efektif untuk mengembalikan kesehatan kulit kamu.

 

  • Susu

 

Tidak hanya sehat untuk diminum saja, nyatanya susu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit kamu. Susu mengandung asam beta hidroksi yang memiliki fungsi untuk menggantikan sel-sel kulit mati. Selain itu, kandungan asam laktat pada susu juga dipercaya dapat melembapkan kulit dan meremajakan kulit kamu.

Kamu bisa melakukan mandi susu jika kamu mau merasakan langsung manfaat dari susu. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan susu dengan bahan luluran alami lainnya yang ada di rumah kamu. Selain cara itu, kamu juga bisa basuhkan kulit kamu yang kering dengan susu yang tidak mengandung gula selama 5-7 menit, setelah itu bilas kulitmu.

 

  • Madu

 

Madu adalah cairan yang sangat istimewa bagi manusia yang dihasilkan dari lebah dan memiliki banyak sekali manfaat positif bagi manusia. Madu memiliki kandungan yang dapat mengikat zat air, sehingga akan membantu untuk mengatasi kulit kamu yang kering saat kamu menjalani ibadah puasa.

Kamu bisa gunakan madu sebagai bahan untuk lulur. Kamu juga bisa mencampur madu dengan susu agar manfaatnya bisa segera kamu rasakan. Tidak hanya membuat kulit kamu terasa lembap, madu nyatanya juga bisa membuat kulit kamu terlihat lebih cerah.

Madu juga sangat berkhasiat mengatasi bibir kamu yang kering saat menjalankan ibadah puasa. Caranya adalah dengan mengusapkan madu pada bibirmu saat berbuka dan malam hari sebelum tidur. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin agar kelembapan bibir kamu tetap terjaga.

 

  • Lidah Buaya

 

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman obat yang dikenal sebagai tanaman yang digunakan untuk merawat kesehatan kulit. Lidah buaya memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk kulit seperti enzim, asam amino, gula alami, mineral, dan vitamin E. Nah, jika kamu mau memanfaatkan lidah buaya untuk melembapkan kulit kamu, ambil bagian gel dalam dari lidah buaya dan lateks yang merupakan sel-sel dari bagian tanaman lidah buaya yang berada tepat di bawah kulit lidah buaya. Kamu bisa menjadikan gel lidah buaya sebagai bahan untuk lulur.

 

  • Oatmeal

 

Kamu juga bisa menggunakan oatmeal untuk mengatasi kulit kamu yang kering selama menjalankan ibadah puasa. Oatmel mengandung protein tinggi yang dapat membantu kamu untuk memperbaiki kulit kamu. Kamu bisa gunakan oatmeal sebagai masker atau bahan alami untuk lulur badan.

(Baca juga: 5 Perawatan Kulit Kering yang Patut Dicoba)

Selain menggunakan bahan alami di atas, jangan lupa perhatikan asupan cairan bagi kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa. Kalian juga bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui tips mengatasi kulit kering saat menjalani ibadah puasa. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!