04 June 2018

4 Cara Atasi Pegal Biar Mudik Enggak Loyo

4 Cara Atasi Pegal Saat Mudik

Halodoc, Jakarta – Mudik menjadi hal yang paling dinanti-nantikan banyak orang jelang Hari Raya. Demi berkumpul dengan sanak saudara tercinta untuk merayakan Lebaran bersama, para pemudik rela menempuh perjalanan jauh yang seringkali memakan waktu yang cukup lama. Belum lagi bila terjebak macet hingga belasan jam. Tidak heran bila masalah yang paling sering dikeluhkan oleh para pemudik adalah tubuh yang terasa sangat pegal dan nyeri akibat terlalu lama berkendara saat mudik. Nah, untuk mengatasi pegal saat mudik, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut:

1. Duduk Senyaman Mungkin 

Karena kamu akan menempuh perjalanan yang cukup lama saat mudik, jadi carilah posisi duduk senyaman mungkin. Atur sandaran pada bangku mobil sesuai dengan kenyamanan punggungmu. Hindari menyimpan dompet, ponsel atau barang apapun di saku celana belakang karena bisa membuat posisi tulang belakang menjadi tidak sejajar.

(Baca juga: Pria, Bawa Dompet Jangan di Saku Belakang!)

Buat kamu yang mudik menggunakan transportasi umum, bila memungkinkan, hindari duduk terlalu dempet dengan penumpang lain. Kemudian, perhatikanlah posisi dudukmu. Usahakan untuk duduk dengan tegak namun tetap santai. Atur posisi lutut agar sedikit lebih tinggi dari pinggul, dan jaga posisi kepala agar tidak terlalu tegak dan tegang. Kamu akan lebih nyaman jika menyandarkan kepala sejajar dengan tulang belakang.  

2. Tambahkan Bantal

Saat menyiapkan barang-barang yang akan dibawa untuk mudik, enggak ada salahnya membawa bantal kecil. Kamu bisa meletakkan bantal tersebut di belakang punggung untuk menjaga punggungmu tetap nyaman serta mengatasi rasa pegal atau nyeri di punggung bagian bawah. Selain bantal untuk punggung, bantal leher yang banyak dijual di pasaran juga penting untuk dibawa saat mudik. Bantal leher dapat mencegah bagian leher sampai bahumu terasa nyeri, serta berguna untuk kamu tidur selama di perjalanan.

3. Cari Hiburan Selama di Perjalanan

Mengisi waktu selama di perjalanan dengan melakukan kegiatan-kegiatan seperti membaca buku, menonton film atau bermain game di smartphone, dan mendengarkan musik enggak cuma bisa mengusir rasa bosan, tapi juga bisa mengalihkan perhatianmu dari rasa pegal di sekujur tubuhmu lho, sehingga kamu pun bisa merasa sedikit lebih nyaman.

Buat kamu yang mengemudikan kendaraan, kamu bisa memasang musik favorit di mobil atau ngobrol dengan penumpang di sampingmu.

4. Lakukan Peregangan

Agar tubuh tidak kaku, kamu perlu melakukan peregangan setiap 60-90 menit selama mudik. Tidak perlu melakukan gerakan yang terlalu susah, kamu bisa menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan, lalu tekuk siku kanan ke arah kiri belakang dan tahan selama beberapa saat, kemudian regangkan kaki untuk mencegah badan terasa pegal-pegal.

Buat kamu yang naik kereta untuk mudik, kamu bisa melakukan peregangan sambil berjalan-jalan di lorong kereta. Buat kamu yang mengendarai mobil pribadi, kamu bisa memarkir mobil sejenak di rest area, kemudian keluarlah dari mobil untuk menghirup udara segar.

(Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik Lebaran)

Nah, selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa menempelkan HANSAPLAST KOYO yang ampuh untuk menghilangkan rasa pegal dan nyeri di sekujur tubuhmu saat mudik. Sensasi hangat HANSAPLAST KOYO dapat langsung terasa begitu koyo ditempel.

Selain itu, HANSAPLAST KOYO dilengkapi juga dengan teknologi Heat Lock yang dapat menjaga agar sensasi hangat dan aromanya dapat dua kali bertahan lama setelah kemasan dibuka. Koyo modern ini juga memiliki warna yang senada dengan warna kulit dan tidak akan meninggalkan bekas sesudah koyo dicabut. Biar #MudikGakLoyo pakai HANSAPLAST KOYO.

Kamu bisa membeli HANSAPLAST KOYO di aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Apotik Antar dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.