4 Cara Cegah Breakout Akibat Jerawat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
jerawat, breakout, mencegah breakout, skincare

Halodoc, Jakarta - Tidak hanya sebagai tanda pubertas, jerawat sebetulnya adalah masalah kulit wajah yang bisa menyerang siapa pun. Akan tetapi, ada hal yang lebih parah daripada jerawat yaitu breakout.

Breakout adalah kondisi jerawat yang muncul bersamaan dan terkumpul pada suatu area. Penyebabnya pun bisa dari berbagai faktor seperti stres, hormon, dan juga iritasi akibat tidak cocok dengan suatu produk skincare. Nah, agar breakout tidak muncul dan merusak penampilanmu, berikut ini terdapat cara mencegah breakout di wajah:

  1. Hindari Eksfoliasi Berlebihan

Eksfoliasi adalah salah satu rangkaian perawatan wajah yang bertujuan mengangkat sel kulit mati dan kotoran di wajah. Proses ini juga diyakini mampu membuat penampilan kulit terlihat tidak kusam dan semakin cerah.

Meski efeknya sangat baik, tetapi sebetulnya hal ini hanya perlu dilakukan satu kali seminggu saja. Sebab eksfoliasi yang terlalu sering dapat merusak moisture barrier atau lapisan kulit paling luar dan membuat lapisan kulit paling atas terkikis dan rentan terkena iritasi. Akibatnya, kulit menjadi tidak terlindungi, sehingga bakteri jadi mudah menginfeksi dan muncul jerawat.

Baca juga: Ketahui 5 Fakta Tentang Jerawat

  1. Pilih Produk Skincare yang Tepat

Skincare memang dapat menjadi solusi untuk beragam masalah wajah. Namun, tidak semua produk skincare akan memenuhi ekspektasimu. Hal ini dikarenakan kandungan tertentu pada skincare malah membuat kondisi wajahmu menjadi lebih buruk. Nah, berikut ini kandungan bahan kimia yang harus kamu hindari agar tidak muncul breakout:

  • Paraben: Bahan ini memang sudah banyak digunakan pada kosmetik. Efek samping dari penggunaan bahan ini adalah merusak endokrin yang merusak sistem hormon dan membuatmu semakin jerawatan.
  • Silikon: Biasanya digunakan agar kulit terasa halus nan lembut. Parahnya, silikon malah justru menutup pori-pori dan membuat kulit dehidrasi.
  • Alkohol: Fungsi awalnya memang untuk membuat penetrasi bahan-bahan skincare ke kulit menjadi lebih mendalam. Namun jika kadar penggunaannya berlebihan, kulit akan menjadi kering dan iritasi.

 

  1. Hindari Stres

Meski tidak secara langsung menyebabkan jerawat, stres juga mampu merangsang hal-hal lain yang berisiko menyebabkan breakout. Untuk mencegah stres ini, kamu dapat melakukan kegiatan rutin positif yang menenangkan seperti yoga, meditasi, olahraga, membaca, atau belajar hobi baru untuk mencegah breakout.

  1. Perhatikan Asupan Makanan

Asupan makanan yang salah juga dapat menyebabkan jerawat muncul di wajah. Pastikan kamu selalu memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh untuk meminimalisir kemunculan jerawat.

Untuk mencegah jerawat, kamu dapat mencoba untuk makan minimal satu porsi sayuran hijau mentah setiap hari, minum jus sayur minimal satu gelas setiap hari, mengurangi pemanis buatan maupun alami seperti pisang, pepaya, madu, mangga, melon, dan sebagainya, serta mengurangi konsumsi makanan dan minuman dari kacang kedelai.

Baca juga: Inilah 6 Makanan Penyebab Jerawat

Nah, untuk mengatasi masalah jerawat, mulai kini sesuaikan skincare pilihan dengan jenis kulit, ya. Kamu juga bisa berbicara dengan dokter kecantikan untuk mendapatkan saran terbaik. Gunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kecantikan pilihan melalui fitur Chat atau Video/Voice Call. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang melalui App Store dan Google Play!