• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Efektif Mengatasi Bulu Anjing yang Rontok

4 Cara Efektif Mengatasi Bulu Anjing yang Rontok

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Cara Efektif Mengatasi Bulu Anjing yang Rontok

“Bulu anjing memang rentan mengalami kerontokan. Namun, jika intensitas rontoknya berlebihan, penting untuk tahu cara untuk mengatasinya. Nah, beberapa cara yang bisa dilakukan adalah rutin menyikat bulunya, menggunakan humidifier, serta menerapkan pola makan yang sehat.”

Halodoc, Jakarta – Bulu anjing yang indah adalah idaman dari semua pemilik hewan peliharaan. Terkadang, harapan tinggallah harapan. Bulu rontok termasuk salah satu masalah yang umum menyerang anjing. Hal ini membuat kamu malas untuk menyentuhnya dan bahkan mengotori seluruh rumah. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara untuk mengatasi bulu anjing yang rontok di sini!

Cara Mengatasi Bulu Anjing Rontok yang Paling Tepat

Bulu rontok, atau alopecia, adalah masalah yang relatif umum terjadi pada hewan berbulu, termasuk juga anjing. Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai kondisi termasuk infeksi kulit, alergi, dan gangguan endokrin. Anjing dapat mengalami bulu rontok tanpa melihat usia atau ras dengan tingkat keparahan dari ringan hingga parah.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menyikat Bulu Anjing

Jika hewan peliharaan kamu mengalami kerontokan rambut, pastikan untuk diperiksa oleh dokter hewan untuk mencari penyebab yang mendasarinya dan mengobati kondisi tersebut. Diagnosis dapat ditentukan dengan segala gejala yang ditimbulkan, pola kerontokan rambut, kondisi kulit di sekitar rambut rontok, dan masih banyak lagi.

Lalu, bagaimana sih cara efektif untuk mengatasi bulu anjing yang rontok? Nah, inilah cara yang direkomendasikan:

1. Rajin Menyikat Bulunya

Cara mengatasi bulu anjing rontok yang dapat kamu lakukan adalah rajin menyikat bulunya. Meski hal ini sederhana, tetapi rutinitas ini dapat membuat bulu di tubuhnya terawat dengan baik. Menyikat baik untuk anjing karena membuat minyak alami di kulitnya terdistribusi dengan baik ke seluruh bulu yang ada.

Dengan rutin menyikat bulunya, kamu bisa melihat perbedaan dari sebelumnya. Bulu anjing akan terlihat lebih sehat dan berkilau, serta terjaga kelembapannya. Maka dari itu, ada baiknya untuk membuat perencanaan untuk menyikat bulu anjing agar menjadi rutinitas sehingga manfaatnya dapat dirasakan.

2. Gunakan Humidifier

Salah satu masalah yang paling umum menjadi penyebab kerontokan rambut anjing adalah kulit dan bulu yang kering. Nah, cara mengatasi bulu anjing rontok adalah dengan menggunakan pelembap udara. Humidifier dapat menjaga lebih banyak kelembapan, menenangkan kulit anjing, dan mencegah kulit kering serta gatal. Pastikan untuk meletakkannya di dekat tempat tidur anjing.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter hewan dari Halodoc tentang cara mengatasi bulu rontok pada anjing yang paling ampuh. Kamu juga bisa bertanya tentang diagnosis penyakitnya dengan menyebutkan berbagai gejala yang terlihat. Dengan download aplikasi Halodoc, interaksi dengan ahli medis hanya membutuhkan smartphone di tangan!

Baca juga: Tips Melakukan Grooming Anjing di Rumah

3. Gunakan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel termasuk salah satu cara mengatasi bulu anjing rontok. Metode ini telah terbukti selama bertahun-tahun. Sifat asam dari cairan ini dapat digunakan sebagai antijamur dan antibakteri alami.

Kamu dapat mengoleskannya ke kulit yang mengalami iritasi agar masalah kulit bisa teratasi. Kamu bisa mengoleskannya langsung ke kulit atau menambahkannya ke bak mandi saat memandikannya.

4. Penerapan Diet

Anjing juga dapat mengalami alergi yang menjadi penyebab kerontokan pada tubuhnya dan terjadi cukup umum. Gangguan ini terjadi karena alergi dapat menimbulkan banyak masalah, mulai dari peradangan atau iritasi, yang menyebabkan masalah kulit dan rambut kering.

Cara mengatasi bulu anjing rontok berikutnya, yaitu dengan menerapkan pola makan yang tepat untuk hewan kesayanganmu. Pastikan untuk menghindari segala alergen di makanannya yang bisa disebabkan beberapa makanan, seperti gandum, kedelai, dan jagung.

Baca juga: 6 Hal yang Sebabkan Bulu Anjing Sering Rontok

Nah, sekarang kamu tahu beberapa cara mengatasi bulu anjing rontok. Saat masalah ini terus terjadi, sebelum melakukan penanganan, ada baiknya ke dokter hewan untuk mendapat diagnosis. Jika penyebabnya sudah dapat dipastikan, cara penanganan yang paling tepat juga bisa dilakukan.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Miracle Vet. Diakses pada 2021. 7 Home Remedies for Dog Hair Loss.
Wag Walking. Diakses pada 2021. Hair Loss in Dogs.