• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Efektif untuk Mencegah Kutu Anjing

4 Cara Efektif untuk Mencegah Kutu Anjing

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang memelihara anjing, kutu menjadi masalah besar yang kerap mengintai. Kutu anjing merupakan parasit berukuran kecil dan memiliki warna kecoklatan. Umumnya, kutu anjing dapat berkembang biak pada tempat yang lembap. Sebaiknya kamu perlu waspada terhadap kondisi kesehatan anjing kesayangan ketika sering menggaruk atau menggigiti bagian tubuhnya.

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Kutu Anjing yang Menganggu

Perubahan perilaku tersebut bisa menjadi tanda adanya kutu pada anjing. Lakukan pemeriksaan fisik pada anjing dengan melihat kondisi kulit. Jika terdapat titik kecil bergerak pada tubuh anjing, hal tersebut bisa menjadi kutu anjing. Sebaiknya ketahui dampak kutu pada kesehatan anjing serta cara efektif untuk mencegah kutu anjing, di sini!

Ketahui Dampak Kutu pada Anjing

Jangan abai terhadap kondisi kulit anjing, apalagi jika kamu memiliki jenis ras anjing besar dan berbulu. Tidak ada salahnya perhatikan kondisi kesehatan kulit anjing untuk memastikan anjing dalam keadaan sehat. 

Kutu anjing menjadi parasit yang dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, seperti bulu anjing yang perlahan rontok. Kebiasaan menggaruk dan menggigit tubuh yang dilakukan anjing untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat kutu dapat tingkatkan risiko ini.

Selain itu, kutu anjing akan hidup dengan mengisap darah anjing. Kondisi ini dapat menyebabkan anjing mengalami infeksi pada kulit. Tidak jarang, gigitan kutu dapat menimbulkan dermatitis pada anjing yang membuat anjing merasa gatal dan tidak nyaman.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Kontrol Parasit pada Anjing Peliharaan?

Inilah Cara Mencegah Kutu Anjing

Lalu, bagaimana cara mencegah kutu pada anjing agar kondisi ini dapat dihindari? Berikut ini cara tepat untuk cegah kutu pada anjing kesayangan:

1.Hindari Anjing dari Lokasi yang Lembap

Kutu anjing menyukai lokasi yang lembap untuk berkembangbiak. Untuk mencegah kutu pada anjing, sebaiknya hindari anjing dari tempat yang lembap. 

2.Periksa Kondisi Kulit Anjing Secara Rutin

Sebaiknya lakukan pemeriksaan terhadap kulit anjing secara rutin, apalagi jika kamu memiliki anjing dengan jenis bulu panjang. Kamu bisa menyisir bulu anjing untuk memeriksa kulit dan menjaga kesehatan bulu anjing. Jangan lupa untuk membersihkan tubuh anjing setelah kamu mengajak anjing untuk beraktivitas, agar terhindar dari kutu maupun bakteri yang dapat tingkatkan risiko gangguan kesehatan pada anjing.

3.Jaga Kebersihan Lingkungan Bermain Anjing

Selain menjaga kebersihan anjing, jangan lupa untuk memastikan kebersihan lingkungan bermain atau istirahat anjing. Hindari lokasi yang lembap sebagai tempat istirahat untuk anjing.

4.Bersihkan dan Mandikan Anjing Secara Rutin

Membersihkan anjing secara rutin menjadi pencegahan yang cukup efektif. Jika kamu menemukan kutu pada kulit anjing, sebaiknya segera bersihkan dan hilangkan kutu sebelum berkembang biak pada anjing. Namun, lakukan cara mengambil kutu yang tepat agar tidak melukai kulit anjing. 

Gunakan alat pencabut kutu dan angkat kutu mulai dari kepala. Setelah terangkat dengan baik, bersihkan area kulit anjing yang menjadi lokasi gigitan kutu dengan antiseptik (iodine) jika ada luka. Jangan lupa untuk membersihkan tangan dengan baik untuk menghindari gangguan kesehatan yang mungkin terjadi akibat kutu anjing. Letakkan kutu yang telah diambil pada plastik tertutup dan buang pada area yang jauh dari anjing.

Kamu juga bisa rutin mandikan anjing dengan sampo anti kutu agar kondisi anjing berangsur membaik. Dengan begitu, kesehatan anjing tetap terjaga.

Baca juga: Ini Bahayanya Kutu pada Hewan Peliharaan

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kutu pada anjing. Sekarang kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter hewan mengenai gangguan kesehatan pada hewan kesayangan di rumah. Yuk, download Halodoc melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Ticks.
American Kennel Club. Diakses pada 2020. Keep Your Dogs Safe From Fleas and Ticks With 10 Prevention Tips.