• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Mencegah Paru-Paru Basah pada Anak

4 Cara Mencegah Paru-Paru Basah pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
4 Cara Mencegah Paru-Paru Basah pada Anak

“Setiap orangtua perlu tahu tentang cara pencegahan paru-paru basah pada anak. Pasalnya, saat penyakit ini terjadi, anak mungkin saja mengalami masalah yang besar, terutama jika tidak segera mendapatkan penanganan. Tentu saja, pencegahan lebih baik daripada pengobatan.”

Halodoc, Jakarta – Paru-paru basah adalah penyakit yang rentan terjadi pada semua orang, termasuk juga anak-anak. Angka anak-anak yang mengidap penyakit ini terus bertambah setiap tahunnya sehingga para orangtua harus waspada terhadap hal ini. Ibu juga harus tahu tentang beberapa cara mencegah paru-paru basah pada anak. Ketahui cara selengkapnya di sini!

Pencegahan Paru-Paru Basah pada Anak yang Efektif

Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang kerap disebut juga dengan paru-paru basah. Gangguan ini dapat menyebabkan gejala ringan hingga berat pada pengidapnya tanpa terkecuali, termasuk juga anak-anak. Anak-anak dan orang yang sudah berusia tua memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit ini. 

Baca juga: Kenali Bahaya Paru-Paru Basah untuk Kesehatan

Agar anak tidak mengalami penyakit ini, penting untuk melakukan tindak pencegahan dari pneumonia. Cara terbaik untuk mencegah penyakit paru-paru basah pada anak ini adalah dengan melakukan praktik kebersihan yang baik, seperti mencuci tangan secara teratur dan membersihkan, serta mendisinfeksi permukaan tangan.

Selain itu, ada beberapa cara pencegahan paru-paru basah pada anak ini yang perlu diperhatikan, seperti:

1. Pastikan ibu menjauhkan anak dari anak-anak lain dan orang dewasa yang sedang mengidap penyakit ini. Ibu juga perlu memperhatikan anak sendiri. Jika ia mengalami sakit dengan gejala saluran pernapasan atas atau bawah, seperti pilek, batuk, dan bersin, ada baiknya untuk menjauhkannya dari orang lain.

2. Ibu juga perlu memastikan anak untuk mendapatkan vaksinasi. Beberapa vaksin yang dapat mencegah paru-paru basah pada anak adalah vaksin Hib dan Pneumokokus, yang utamanya dapat membantu untuk melindungi anak dari pneumonia yang disebabkan oleh bakteri. Untuk perlindungan lebih maksimal, ibu dapat memberikan anak vaksin influenza yang berpotensi berubah menjadi pneumonia.

Untuk vaksin PCV atau pneumokokus, metode ini dapat melindungi seseorang dari infeksi bakteri yang menjadi penyebab pneumonia. Suntikan ini diberikan saat anak telah berusia 2 bulan hingga ia menginjak 5 tahun. Metode ini efektif untuk mengatasi pneumonia yang disebabkan oleh bakteri. Maka dari itu, pastikan anak ibu mendapatkanya.

Baca juga: Kenali Gejala dan Cara Mencegah Paru-Paru Basah

3. Untuk mencuci tangan agar lebih efektif, ada baiknya dilakukan dengan air hangat dan sabun agar mampu mencegah virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh saat tangan bersentuhan dengan hidung atau mulut. Saat bepergian dan jangkauan air sulit didapatkan, ada baiknya untuk membawa hand sanitizer.

4. Ajarkan anak untuk tidak berbagi peralatan makan, cangkir, atau sedotan dengan orang lain. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus atau bakteri yang mungkin saja didapatkan oleh orang lain. Penerapan ini juga berlaku untuk tisu wajah dan sapu tangan.

Nah, itulah pencegahan penyakit paru-paru basah pada anak yang bisa disebabkan oleh pneumonia. Penting untuk selalu menerapkan semua metode yang disebutkan untuk menjaga kesehatan anak. Kebiasaan bersih perlu ditanamkan sejak dini karena cara ini sangat penting untuk menjaga penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

Baca juga: Ini Penjelasan tentang Istilah Paru-Paru Basah

Ibu juga dapat meminta saran dokter dari Halodoc terkait cara penerapan pencegahan pneumonia pada anak yang paling efektif. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis bisa dilakukan menggunakan smartphone. Untuk itu, segera unduh aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. What to Know About Pneumonia in Children.
Children’s Hospital Los Angeles. Diakses pada 2021. Pneumonia Prevention and How to Care for Your Child.