• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan Dada
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan Dada

4 Cara Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan Dada

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 November 2021
4 Cara Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan Dada

“Tahukah kamu menjaga saluran pernapasan dada sama pentingnya dengan menjaga kesehatan organ lain? Saluran pernapasan dada juga bisa menua seiring dengan usia dan pola hidup yang kamu jalani sehari-hari. Menjauhi rokok, berolahraga, dan bernapas dengan benar dapat membantu menjaga kesehatan saluran pernapasan dada.”

Halodoc, Jakarta –  Seperti halnya jantung, persendian, dan bagian lain dari tubuh, saluran pernapasan dada pun akan menua seiring dengan pertambahan usia. Saluran pernapasan dada akan menjadi kurang fleksibel dan kehilangan kekuatannya, yang bisa membuatnya lebih sulit untuk bernapas. 

Dengan menerapkan kebiasaan sehat tertentu, kamu dapat menjaga kesehatan organ pernapasan lebih baik. Kamu juga bisa membuatnya bekerja secara optimal, bahkan hingga usia lanjut. 

Cara Tepat Menjaga Saluran Pernapasan Dada

Bagaimana cara menjaga kesehatan saluran pernapasan dada? Cara-cara berikut ini bisa kamu lakukan. Di antaranya:

1. Jauhi Rokok 

Kamu mungkin sudah sering mendengar merokok dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru, serta penyakit saluran pernapasan lainnya. Setiap kali merokok, kamu menghirup ribuan bahan kimia ke dalam paru-paru, termasuk nikotin, karbon monoksida, dan tar. 

Racun ini dapat merusak paru-paru dan saluran pernapasan, termasuk meningkatkan lendir, mempersulit paru-paru untuk membersihkan diri, serta mengiritasinya. Secara bertahap, saluran udara pernapasan menyempit, sehingga membuat kamu sulit menarik napas. Merokok juga menyebabkan paru-paru menua lebih cepat. 

Akhirnya, bahan kimia dapat mengubah sel paru-paru dari normal menjadi kanker. Kalau kamu ingin menjaga kesehatan saluran pernapasan dada, salah satu caranya adalah dengan menjauhi rokok.

2. Olahraga

Selain menghindari rokok, berolahraga secara teratur adalah hal terpenting yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan organ pernapasan. Olahraga tidak hanya membuat tubuh tetap bugar, tetapi juga meningkatkan kapasitas paru-paru. 

Saat berolahraga, jantung akan berdetak lebih cepat, sehingga paru-paru bekerja lebih keras. Tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen untuk mengisi bahan bakar otot. Paru-paru akan meningkatkan aktivitasnya untuk mengirimkan oksigen itu sambil mengeluarkan karbon dioksida tambahan.

Menciptakan paru-paru yang kuat dan sehat melalui olahraga membantu kamu melawan penuaan dan penyakit dengan lebih baik. Jika di masa depan kamu mengalami penyakit paru-paru, olahraga dapat membantu memperlambat perkembangannya. selain itu, kamu juga akan tetap aktif lebih lama.

3. Olahraga yang Membuat “Terengah”

Selama berolahraga, pernapasan akan mengalami peningkatan dari sekitar 15 kali per menit menjadi sekitar 40 hingga 60 kali per menit. Itulah mengapa penting untuk secara teratur melakukan latihan aerobik yang membuat kamu terengah-engah.

Jenis latihan ini memberikan latihan terbaik untuk paru-paru. Otot-otot di antara tulang rusuk mengembang dan berkontraksi, sehingga kantung udara di dalam paru-paru bekerja dengan cepat untuk menukar oksigen dengan karbon dioksida. 

Muaythai, lari, zumba, adalah jenis olahraga yang akan membuat kamu lebih terengah ketimbang olahraga lainnya. Memasukkan jenis olahraga ini ke dalam rutinitasmu akan membantu meningkatkan kapasitas dan kemampuan kerja paru-paru.

4. Memperhatikan Postur dan Cara Bernapas yang Baik

Paru-paru sebenarnya adalah organ lunak, sehingga kamu perlu lebih tanggap dalam menjaga kesehatan paru-paru termasuk dengan cara sederhana. Memperhatikan postur dan juga cara bernapas yang baik adalah upaya untuk menjaga kesehatan paru-paru yang merupakan bagian dari saluran pernapasan dada. 

Misalnya ketika duduk, posisikan tubuh tegak, sehingga memberi lebih banyak ruang bagi paru-paru. Kamu juga bisa bersandar di kursi yang stabil, mengangkat dada, dan membuka bagian depan tubuh saat hendak menarik napas dalam. Teknik sederhana ini dapat memberi paru-paru lebih banyak ruang untuk menerima oksigen. 

Itulah informasi mengenai cara menjaga kesehatan saluran pernapasan dada. Informasi selengkapnya mengenai kesehatan pernapasan bisa kamu tanyakan langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Tanpa perlu repot, kamu bisa berbincang dengan dokter kapan dan di mana saja. Praktis kan? Yuk, download aplikasinya sekarang juga ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 5 Ways to Keep Your Lungs Healthy and Whole.
American Lung Association. Diakses pada 2021. Exercise and Lung Health.