4 Cara Meratakan Warna Wajah yang Belang Karena Matahari

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
warna wajah, wajah belang, cara meratakan warna wajah, kulit terkena matahari

Halodoc, Jakarta – Warna kulit yang belang akibat paparan sinar matahari adalah salah satu masalah yang dihadapi oleh wanita. Khususnya wanita pekerja dan wanita yang banyak menghabiskan waktunya di luar ruangan setiap harinya.

Wajah menjadi salah satu bagian yang paling sering terpapar sinar matahari langsung, sehingga menyebabkan warna wajah yang belang. Tentu hal ini bisa membuat rasa percaya diri menurun. Menggunakan tabir surya bisa menjadi salah satu cara untuk melakukan pencegahan agar wajah kamu tidak belang saat beraktivitas di luar ruangan.

Kamu tidak perlu khawatir, jika kamu sudah memiliki warna wajah yang belang akibat paparan sinar matahari. Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa kamu gunakan untuk meratakan warna kulit wajah kamu.

1. Gunakan Gula Sebagai Scrub

Nyatanya gula memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk meratakan warna wajah yang belang akibat sinar matahari. Kamu bisa gunakan gula sebagai scrub saat membersihkan wajah kamu.

Caranya, kamu bisa mencampur gula dengan sedikit air hingga gula menjadi lengket. Setelah lengket, kamu bisa gunakan gula menjadi masker pada wajah dan gosok secara perlahan.

Gula dapat berfungsi sebagai eksfoliator dan mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, kandungan gula juga dapat kamu manfaatkan untuk mencerahkan wajah dan meratakan warna wajah yang belang.

2. Gunakan Masker Mentimun

Manfaat mentimun untuk kecantikan memang sudah tidak diragukan lagi. Mentimun mengandung banyak kandungan air di dalamnya, sehingga sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Tidak hanya itu, nyatanya mentimun juga bermanfaat untuk meratakan warna wajah yang belang akibat paparan sinar matahari.

Kamu bisa memarut mentimun hingga menjadi halus. Kemudian, balurkan parutan mentimun pada wajah yang belang. Tunggu beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan rutin hingga wajah kamu kembali cerah. Tidak hanya untuk meratakan warna wajah, nyatanya mentimun juga memiliki manfaat untuk menghilangkan kantung mata pada area sekitar mata.

3. Teh Chamomile Sebagai Masker

Teh tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Teh juga bisa kamu gunakan untuk kecantikan. Salah satunya adalah teh herbal berjenis chamomile. Kamu bisa gunakan teh chamomile sebagai masker untuk meratakan warna wajah yang belang dan juga kulit terbakar akibat paparan sinar matahari.

Caranya, kamu bisa gunakan kantong teh chamomile yang sudah kamu seduh, letakan di dalam lemari es beberapa saat. Saat sudah dingin, gunakan kantong teh tersebut untuk mengompres bagian wajah yang belang atau terbakar sinar matahari. Gunakan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Gunakan Madu dan Gandum sebagai Masker

Gandum merupakan salah satu biji-bijian yang mengandung mineral, vitamin, dan karbohidrat kompleks. Gandum dipercaya bisa mengembalikan kecantikan wajah dengan membebaskan wajah dari noda dan komedo. Tidak hanya itu, gandum juga nyatanya bisa membantu kamu untuk mencerahkan kulit wajah.

Kamu bisa mencampur gandum dengan madu, kemudian balurkan pada wajah dan diamkan beberapa saat. Setelah didiamkan, kamu boleh memijatnya secara perlahan, kemudian bilas. Rutin menggunakan masker gandum dan madu akan membuat wajah kamu kembali bersinar.

Sebaiknya persiapkan kacamata atau topi saat akan beraktivitas di luar ruangan, agar wajah kamu tetap sehat terawat. Jika kamu memiliki keluhan seputar kesehatan kulit, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: