• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Tepat Makan Oatmeal saat Diet

4 Cara Tepat Makan Oatmeal saat Diet

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
4 Cara Tepat Makan Oatmeal saat Diet

Halodoc, Jakarta – Ada beberapa alasan mengapa oatmeal menjadi makanan yang baik dikonsumsi saat diet. Selain dikemas dengan serat, nutrisinya mampu meningkatkan kesehatan dan mempercepat penurunan berat badan. Oatmeal juga menjadi sumber pati resisten terbaik yang bisa menekan napsu makan dan mempercepat pembakaran kalori.

Baik dikonsumsi langsung secara mentah atau dimasak terlebih dahulu, oatmeal yang terbuat dari gandum bisa mendorong penurunan berat badan yang ideal. Namun, cara kamu menyajikan oatmeal memberikan pengaruh besar pada manfaat yang bisa diberikannya. Kamu harus menghindari topping berlemak dan manis bila kamu ingin mengonsumsi oatmeal untuk menurunkan berat badan.

Berikut cara makan oatmeal yang tepat saat diet:

1.Hindari Oatmeal Manis dan Instan

Usahakan untuk selalu pilih oatmeal yang tawar tanpa tambahan rasa. Oatmeal kemasan dengan tambahan rasa biasanya mengandung gula yang bisa menambah kalori yang tidak diinginkan dan menurunkan nilai gizinya. Secangkir oatmeal dengan rasa memiliki sekitar 70 kalori lebih banyak daripada secangkir oatmeal tawar.

2.Makan Sebagai Camilan

Gandum pada oatmeal kaya akan kandungan serat yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna, sehingga bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Hal itu membuat oatmeal bukan hanya bisa menjadi menu sarapan yang sehat, tapi juga bisa menjadi pilihan camilan yang baik.

Mencampur oatmeal dengan bahan-bahan isian lainnya, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian bisa menjadi pilihan camilan yang sehat sebagai pengganti camilan yang manis atau digoreng.

Baca juga: Cocok untuk Camilan, Ini 5 Makanan Sehat Asal Meksiko

3.Tambahkan Topping Kaya Serat

Nutrisi utama untuk menurunkan berat badan adalah serat. Menurut penelitian oleh University of Massachusetts Medical School, serat membantu menurunkan berat badan dengan cara membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu tidak tergoda untuk makan berlebihan. 

Bila kamu menyukai makanan manis, kamu bisa menambahkan buah beri, seperti raspberry, blueberry, stroberi, dan blackberry ke dalam mangkuk oatmeal kamu. Buah beri membantu memuaskan keinginan kamu untuk makan manis dan kandungan serat di dalamnya membuat sajian oatmeal kamu menjadi lebih sehat.

4.Jangan Tambahkan Topping Berlemak

Menambahkan madu atau sirup maple hanya memberi lebih banyak kalori dan mengurangi nilai gizi oatmeal. Sebaliknya, kamu bisa menambahkan pisang atau setetes stevia (pemanis alami bebas kalori untuk memuaskan keinginan kamu untuk makan manis.

Hindari juga menambahkan selai kacang ke oatmeal kamu. Sebab, 2 sendok makan selai kacang memiliki 188 kalori dengan nilai gizi yang sedikit. Ganti susu dengan air untuk mengolah oatmeal agar lebih sehat untuk membantu program penurunan berat badan kamu.

Baca juga: 4 Makanan Sehat yang Bikin Cepat Kenyang

Tips Mengolah Oatmeal untuk Menurunkan Berat Badan

Salah satu kelebihan oatmeal adalah makanan ini bisa diolah dengan berbagai macam cara sesuai yang kamu inginkan. 

Contohnya, kamu bisa menambahkan topping dan tekstur yang berbeda agar kamu tidak bosan sarapan dengan oatmeal. Kamu bisa menambahkan susu almond, puree pisang tanpa pemanis, dan kayu manis agar rasanya lebih enak dan sehat. Kamu juga bisa menambahkan bumbu berbeda, seperti kapulaga atau bahkan cabai rawit untuk menambah rasa. 

Cara lain untuk membuat oatmeal lebih enak, yaitu tambahkan 1-2 putih telur saat memasak oatmeal. Putih telur memang tidak menambahkan rasa, tapi setidaknya bisa menambahkan protein bermanfaat yang pastinya kamu butuhkan untuk menurunkan berat badan.

Menurut sebuah studi oleh Harvard School of Public Health, bersamaan dengan serat, protein juga penting dan merupakan kunci untuk menurunkan berat badan ekstra. Makanan yang kaya protein dan serat membantu membakar lebih banyak kalori selama proses pencernaan dan membuat kamu kenyang lebih lama.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan oatmeal ke hidangan pancake kamu, atau membuat smoothie oatmeal, atau mencampurkannya ke susu protein.

Baca juga: Ini yang Didapatkan Jika Mengonsumsi Roti Gandum

Bila kamu ingin bertanya lebih lanjut seputar diet dan nutrisi, kamu bisa bertanya langsung pada ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:
Times of India. Diakses pada 2020. 4 ways to eat oats to boost your weight loss plan.
Eat This Not That. Diakses pada 2020. 25 Clever Ways to Lose Weight With Oatmeal.