19 February 2018

4 Fakta Tentang Bulu Mata yang Rontok

4 Fakta Tentang Bulu Mata yang Rontok

Halodoc, Jakarta – Jangan langsung senang dulu dan menganggap Si Dia kangen saat bulu mata kamu jatuh sehelai. Faktanya bulu mata memiliki siklus rontok secara berkala, jadi bukan hal yang aneh kalau sehelai bulu mata kamu rontok. Jadi, kalau hari ini bulu mata kamu ada yang rontok bukan berarti ada yang rindu, ya!

Idealnya, setiap hari kurang dari 10 helai bulu mata kamu yang akan rontok. Tapi tenang saja, enggak akan membuat bulu mata jadi botak kok. Dalam rentang 90 hari atau tiga bulan akan ada beberapa bulu mata yang baru akan tumbuh dan mengganti bulu mata yang mati atau rontok tersebut. Nah, agar lebih mengenal bulu mata kamu, yuk cari tahu fakta tentang bulu mata yang perlu kamu ketahui.

  1. Embrio Bayi Sudah Memiliki Bulu Mata

Pernahkah kamu bertanya tentang sejak kapan bulu mata tumbuh? Bahkan sejak di dalam kandungan, bulu mata sudah tumbuh ketika janin memasuki usia 7-8 minggu. Pertumbuhan bulu mata ini termasuk dalam pertumbuhan Si Kecil.

  1. Siklus Hidup Bulu Mata

Meski rasanya bulu mata seringkali rontok, kamu enggak perlu merasa khawatir jika bulu mata akan “botak”. Seperti rambut di kepala, bulu mata pun memiliki siklus tumbuh secara berkala. Bulu mata memiliki siklus hidup 200 hari, berbeda dengan rambut yang hanya bertahan selama 135 hari. Setelah rontok, bulu mata pun akan tumbuh kembali. Rata-rata bulu mata normal tumbuh sekitar 0,16 milimeter per hari. Tidak terlalu efektif juga kalau kamu menggunting bulu mata supaya lentik karena lentik atau tidaknya dipengaruhi oleh faktor keturunan. Tapi memotong sedikit ujung bulu mata dapat merangsang pertumbuhan bulu mata.

  1. Ekstension Bulu Mata, Ya atau Tidak?

Sebenarnya perawatan yang paling disarankan adalah perawatan yang dilakukan secara natural. Ekstension bulu mata, penggunaan eyeline, eyeshadow dapat menyebabkan bulu mata rontok. Pastikan kamu melakukan perawatan di salon kecantikan yang memang sudah terjamin penggunaan produk-produk kecantikannya. Satu lagi nih, jangan malas membersihkan sisa-sisa make up. Ini yang dapat mengurangi kesehatan bulu mata, lho!

  1. Pelindung Mata

Entah bagaimana pun bentuk bulu matamu, lentik atau tidak tetap saja memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi mata secara full. Mulai dari bulunya yang menahan agar bola mata tidak terkena debu ataupun air, sampai ada kutu kecil yang tinggal di akar bulu mata yang bertugas untuk memakan sel-sel mati dalam bulu mata.

 

Untuk menjaga kesehatan bulu mata, ada banyak cara untuk melakukannya. Beberapa diantaranya adalah dengan memerhatikan asupan makanan. Misalnya, rajin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Sedangkan untuk perawatan dari luar, kamu bisa bahan-bahan alami seperti madu atau lidah buaya ke bulu mata, didiamkan sebentar baru kemudian dibersihkan.

Untuk mendapatkan tips cantik dan sehat lainnya kamu bisa mendiskusikannya dengan berbagai dokter ahli tepercaya yang ada di Halodoc. Dengan Halodoc kamu jadi lebih mudah bicara dengan dokter tanpa harus berlama-lama antri di rumah sakit. Kamu juga bisa bebas membicarakan masalah kesehatan melalui pilihan Chat, Voice Call atau Video Call. Kamu juga bisa membeli vitamin yang kamu butuhkan untuk kesehatan kulit dengan layanan Pharmacy Delivery dan pesanan akan diantar dalam waktu 1 jam saja. Yuk, tunggu apalagi? Download segera aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.