• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Fakta tentang Penyakit Lupus yang Harus Diketahui

4 Fakta tentang Penyakit Lupus yang Harus Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Fakta tentang Penyakit Lupus yang Harus Diketahui

Halodoc, Jakarta - Ada banyak jenis penyakit autoimun yang dapat membahayakan tubuh, salah satunya adalah penyakit lupus. Gangguan ini disebabkan sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan tubuh sendiri. Jika dibiarkan, gangguan sistem imun ini dapat menimbulkan banyak masalah pada beberapa organ penting. Maka dari itu, sangat penting untuk mendapatkan penanganan dini sebelum menimbulkan dampak yang buruk.

Di samping itu, masih banyak orang yang bingung tentang penyakit lupus karena memang gejalanya sulit untuk dipastikan. Bahkan, lupus kerap disebut juga dengan penyakit seribu wajah karena gejalanya yang timbul sama dengan penyakit umum lainnya. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa fakta terkait penyakit lupus yang perlu diketahui. Berikut ulasan lengkapnya!

Beberapa Fakta Tentang Penyakit Lupus yang Penting untuk Diketahui

Lupus adalah gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel dan jaringan sendiri. Beberapa bagian tubuh yang rentan terserang, antara lain sendi, kulit, ginjal, paru-paru, mata, jantung, sistem saraf, dan organ penting lainnya. Memang, lupus adalah penyakit yang rumit sehingga perlu tahu beberapa fakta yang penting berhubungan dengan gangguan sistem imun ini. Berikut ini beberapa fakta yang perlu diketahui:

1. Lupus adalah Penyakit Autoimun

Sistem kekebalan tubuh dirancang untuk melindungi diri dari penyakit dan infeksi. Cara kerja sistem imun adalah memproduksi antibodi untuk menghancurkan penyerang berbahaya layaknya bakteri, virus, serta racun. Pada seseorang yang mengidap penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh salah mengidentifikasi sel sehat sebagai sesuatu yang membahayakan. Setelah itu, imunitas tubuh akan menyerangnya sehingga menimbulkan masalah baru. Penyakit lupus termasuk salah satu gangguan terkait sistem imun yang umum terjadi.

2. Lupus Terbagi Menjadi Lima Jenis

Faktanya, ada lima jenis lupus yang dapat memengaruhi tubuh secara berbeda. Lupus eritematosus sistemik (SLE) adalah jenis yang paling umum terjadi, diperkirakan sekitar 70 persen dari total semua kasus lupus yang ada. Gangguan ini juga dapat memengaruhi seluruh tubuh dan organ secara bersamaan. Hampir semua orang yang mengidap SLE akan mengalami gejala nyeri sendi dan pembengkakan. Gejala lainnya yang dapat dirasakan dapat bervariasi dan beberapa yang dapat dirasakan adalah ruam kulit, rambut rontok, hingga kesulitan bernapas.

3. Wanita Lebih Rentan Mengidap Penyakit Lupus

Fakta lainnya terkait penyakit lupus adalah wanita disebut-sebut sembilan kali lebih rentan untuk mendapatkan diagnosis penyakit ini dibandingkan pria, terutama di saat masa subur. Seorang wanita yang mengidap lupus dapat mengalaminya antara usia 15 hingga 49 tahun. Wanita disebut-sebut lebih rentan mengidap penyakit lupus kemungkinan adanya pengaruh dari hormon estrogen. Setelah menopause, risiko wanita mengidap lupus dibandingkan pria menurun drastis.

4. Ras Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Lupus

Ras disebut-sebut dapat meningkatkan risiko seseorang mengidap penyakit autoimun ini. Penyakit ini lebih rentan terjadi pada wanita keturunan Afrika-Amerika, Hispanik, Asia, dan Amerika Asli. Fakta lainnya adalah wanita Afrika-Amerika cenderung dapat terkena lupus di usia yang lebih muda dan komplikasi yang terjadi lebih serius. Meski begitu, tingkat kematian paling rendah ada pada ras keturunan Asia dan Hispanik.

Itulah beberapa fakta yang perlu diketahui berhubungan dengan penyakit lupus. Dengan mengetahui fakta ini diharapkan, maka segala pengetahuan yang berhubungan dengan penyakit autoimun ini bertambah. Jadi, segala gejala yang timbul dan risiko yang dapat meningkatkan penyakit ini terjadi bisa dihindari.

Jika masih memiliki pertanyaan yang berhubungan dengan penyakit lupus, dokter dari Halodoc siap membantu untuk menjawab semua kebingunganmu. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa langsung berinteraksi dengan ahli medis profesional melalui fitur Chat dan Voice/Video Call, tanpa perlu bertatap muka langsung. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2021. 9 Things You Need To Know About Lupus.
Very Well Health. Diakses pada 2021. 10 Things You Should Know About Lupus.