22 May 2018

4 Gerakan Pilates Supaya Tidur Nyenyak

4 Gerakan Pilates Supaya Tidur Nyenyak

Halodoc, Jakarta – Untuk mengatasi masalah sulit tidur, biasanya kamu disarankan untuk menghindari mengonsumsi alkohol ataupun kafein beberapa jam menjelang tidur. Namun, olahraga ringan seperti sit up atau push up juga bisa membantu kamu untuk merasa lebih rileks dan menghindari kamu dari penyakit insomnia.

Tidak hanya sit up dan push up saja, melakukan beberapa gerakan olahraga pilates juga bisa membuat kamu memiliki kualitas tidur yang baik dan terhindar dari penyakit insomnia. Pasalnya, kekurangan waktu tidur bisa saja membahayakan kesehatan kamu.

Selain bisa dilakukan di rumah, pilates juga tidak membutuhkan waktu yang panjang. Kamu bisa merasakan manfaat olahraga ini, asalkan kamu mengikuti beberapa gerakan yang memang bisa membantu kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Functional Squat

Untuk mengawali gerakan functional squat, kamu harus berdiri dengan kaki direntangkan hingga sejajar dengan pinggul dan posisikan tanganmu tegak lurus sejajar dengan bahu. Setelah siap dengan posisi ini, kamu bisa mencoba untuk mengubah posisi menjadi setengah jongkok secara perlahan.

Jangan lupa bebankan tubuh kamu pada tumit, sehingga keseimbangan akan tetap terjaga. Tahan posisi setengah jongkok dalam tiga kali tarikan napas kamu. Jika kamu merasa tidak nyaman atau sakit pada bagian tertentu, kamu bisa sedikit melebarkan rentangan kaki kamu untuk menghindari dari rasa sakit.

Legs Up The Wall

Jika kamu merasa malas untuk beranjak dari tempat tidur, kamu bisa melakukan gerakan ini dari atas ranjang kamu. Caranya kamu harus membentuk sikap lilin di depan dinding kamar, kemudian sandarkan kedua kaki kamu pada dinding yang ada di hadapan kamu. Pastikan posisi kaki kamu tetap lurus, kemudian letakkan kedua tangan kamu pada sisi tubuh kamu. Setelah siap dengan gerakan ini, kamu bisa hitung hingga 25 pada gerakan ini.

Warrior With One Side Bend

Mulailah dengan posisi berdiri, kemudian geser kaki kanan ke belakang untuk bertumpu pada tumit dan tarik tangan kamu ke atas mengarah keluar. Saat posisi sudah siap, tarik napas dan hembuskan kembali. Atur napas kamu hingga kamu merasa rileks. Kamu bisa mengulangi gerakan ini pada sisi selanjutnya.

Corpse Pose

Baringkan tubuh kamu di atas ranjang sampai kamu merasa tubuh kamu rileks. Kemudian, letakkan kedua tangan di samping kanan dengan posisi telapak tangan terbuka menghadap ke atas. Lalu, tarik napas sampai kamu merasa rileks dan mulai merasa mengantuk.

Supine Bent Knee Twist

Masih posisi berbaring di atas tempat tidur kamu. Posisikan kaki telentang dan lengan di samping tubuh. Kamu bisa menggunakan bantal untuk meletakkan kepala kamu. Kemudian, angkat salah satu kaki dan tarik hingga ke dada. Kemudian, tarik napas secara teratur. Ambil dua napas panjang dan lakukan secara teratur. Selanjutnya, kamu bisa melakukan pada sisi yang lainnya.

(Baca juga: 5 Olahraga Sesuai Bentuk Tubuh)

Jika kamu telah melakukan gerakan-gerakan di atas, tetapi masih mengalami masalah sulit tidur, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan fitur Contact Doctor, kamu bisa melakukan Voice Call, Video Call, atau Chat untuk bertanya langsung mengenai masalah yang kamu hadapi. Yuk, langsung download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!