• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Fragrance pada Kosmetik yang Perlu Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Fragrance pada Kosmetik yang Perlu Diketahui

4 Jenis Fragrance pada Kosmetik yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 31 Agustus 2022

“Fragrance digunakan untuk memberikan aroma atau wangi tertentu pada kosmetik. Pastikan kamu mengetahui jenis fragrance dalam kosmetik, seperti minyak esensial dan parfum.”

4 Jenis Fragrance pada Kosmetik yang Perlu Diketahui4 Jenis Fragrance pada Kosmetik yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan saat memilih kosmetik, salah satunya adalah kandungan yang terdapat di dalamnya. Salah satu yang perlu menjadi perhatian adalah jumlah fragrance dalam kosmetik. 

Fragrance memang tidak dapat dipisahkan dari proses pembuatan kosmetik. Namun dengan mengetahui jumlah dan jenis fragrance yang digunakan dalam kosmetik bisa membantu kamu mencegah efek samping paparan fragrance pada kesehatan. 

Jenis Fragrance pada Kosmetik

Kosmetik adalah bahan atau produk yang digunakan untuk membuat penampilan, seperti kulit, rambut, hingga wajah menjadi lebih sehat dan menarik. Agar manfaat dari kosmetik bisa dirasakan secara optimal, kamu perlu memastikan kosmetik cocok untuk digunakan jenis kulit yang kamu miliki.

Selain memastikan kandungannya aman dan alami, pastikan juga kosmetik yang kamu gunakan tidak mengandung pewangi buatan dan memiliki jumlah kandungan fragrance yang sesuai. 

Fragrance atau pewangi adalah kandungan yang digunakan dalam pembuatan kosmetik untuk memberikan wangi atau aroma tertentu. Jika digunakan dalam jumlah yang sesuai, hal ini dapat memberikan manfaat yang baik. Namun, jika kandungan fragrance berlebihan bukan tidak mungkin hal ini dapat menyebabkan efek samping pada penggunanya.

Lalu, apa saja jenis fragrance yang aman digunakan dalam kosmetik? Berikut ini jenis fragrance yang bisa digunakan:

  • Parfum.
  • Cologne.
  • Aftershave.
  • Minyak Esensial.

Bahan pewangi ini juga kerap ditemukan pada beberapa produk kosmetik, seperti sampo, sabun mandi, krim cukur, hingga pelembap tubuh. 

Meskipun ada beberapa produk kosmetik yang memiliki label tanpa pewangi, hal ini bukan berarti tidak ada kandungan fragrance sama sekali. Biasanya, fragrance hanya digunakan dalam jumlah yang sangat kecil untuk menutup aroma atau bau tidak sedap dari berbagai kandungan yang digunakan dalam kosmetik.

Kosmetik dengan kandungan minyak esensial biasa dikenal memiliki efek aromaterapi. Ini akan banyak digunakan pada produk yang bisa digunakan langsung pada kulit. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika menggunakan kosmetik dengan kandungan minyak esensial yang alami, seperti:

  • Meringankan nyeri otot.
  • Menurunkan sakit kepala.
  • Meningkatkan kualitas tidur.
  • Mengatasi kolik.

Waspada Efek Samping Fragrance yang Berlebihan

Pastikan kamu mengetahui jumlah kandungan fragrance pada setiap produk kosmetik yang kamu gunakan. Hal ini dilakukan untuk mencegah berbagai efek samping yang mungkin terjadi, seperti:

  1. Alergi Kulit

Beberapa orang memiliki kondisi kulit yang sangat sensitif, sehingga berisiko mengalami alergi kulit ketika mengalami paparan fragrance atau pewangi dari kosmetik yang digunakan. 

Alergi kulit akan ditandai dengan beberapa gejala, seperti kulit kemerahan, ruam, gatal, hingga kulit menjadi kering atau bersisik. Segera hentikan penggunaan kosmetik jika kamu mengalami keluhan kesehatan tersebut.

  1. Dermatitis Kontak

Kondisi ini terjadi akibat paparan bahan atau zat yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Biasanya, dermatitis kontak bisa terjadi akibat paparan berulang dari penggunaan kosmetik, seperti sabun.

  1. Sensitivitas Fragrance

Paparan berulang dapat menyebabkan kamu mengalami sensitivitas fragrance. Kondisi ini akan lebih berisiko dialami oleh pengidap asma atau seseorang yang memiliki riwayat alergi. Ada beberapa gejala yang akan dialami oleh seseorang yang mengalami sensitivitas fragrance, seperti sakit kepala, mual, hidung berair, bersin-bersin, dan kesulitan bernapas.

Itulah berbagai penjelasan mengenai jenis fragrance dan efek samping yang bisa dialami ketika menggunakan produk dengan jumlah fragrance berlebihan. Jika kamu mengalami keluhan kesehatan setelah penggunaan produk kosmetik tertentu, segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit.

Kamu bisa cari tahu lokasi rumah sakit terdekat yang bisa kamu kunjungi menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
U.S. Food and Drug. Diakses pada 2022. Fragrances in Cosmetics.
Springer. Diakses pada 2022. Fragranced Consumer Products: Exposures and Effects from Emissions.
Very Well Health. Diakses pada 2022. An Overview of Skin Allergies.
Everyday Health. Diakses pada 2022. Fragrance Sensitivity: When Scents Cause Symptoms.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Contact Dermatitis.