03 March 2017

4 Jenis Makanan yang Baik untuk Berenang

HaloDoc, Jakarta – Berenang merupakan salah satu olahraga air yang cukup banyak diminati. Selain menyehatkan, berenang juga mampu membantu untuk menambah massa otot. Saat bergerak di dalam air, badan akan lebih terasa lebih berat sehingga otot pun akan bekerja secara lebih efektif. Setiap gerakan yang dilakukan saat berenang dapat melatih dan membentuk otot tubuh.

Sebelum berenang, sebaiknya melakukan pemanasan agar tubuh tidak kaku dan kram saat berada di dalam air. Selain itu, tak ada salahnya untuk makan sebelum berenang. Lalu bagaimana setelah berenang? Makan setelahnya dianjurkan untuk mengganti energi yang dikeluarkan saat bergerak di dalam air. Yang perlu diperhatikan untuk berenang setelah makan setidaknya satu jam dan jenis makanan yang dipilih. Nah, berikut ini adalah 4 jenis makanan yang baik dikonsumsi saat berenang:

pasta
1. Pasta & Nasi

Tidak ada larangan makan sebelum berenang, namun sebaiknya konsumsi makanan berkarbohidrat dalam jumlah sedikit sebelum berenang. Beberapa jenis makanan “berat” yang disarankan adalah pasta atau nasi dalam porsi kecil. 

pisang
2. Pisang

Tambahkan pisang dalam menu makan sebelum berenang karena dapat menjadi sumber pottasium yang baik. Selain itu, pisang juga dapat menjadi sumber gula alami yang baik untuk menambah energi tubuh. Kalium dalam pisang juga dapat membantu mencegah kelelahan pada otot.

ikan
3. Ikan

Protein dalam ikan sangat baik dikonsumsi sebelum berenang karena mudah dicerna dan mudah diserap oleh tubuh. Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan juga dapat membantu mengurangi kolesterol, menjaga fleksibilitas dari arteri dan vena serta memperkuat otot jantung.

telur
4. Telur

Makanan selanjutnya yang juga kaya akan protein adalah telur. Makanan ini juga mengandung asam amino bermanfaat bagi otot dan manfaat protein di dalamnya lebih bermanfaat dibandingkan sumber protein dari makanan lain.

Itulah 4 jenis makanan yang baik dikonsumsi saat berenang. Apabila perlu bicara dengan dokter mengenai masalah kesehatan otot dan gizi, Anda pun bisa mencoba menghubungi dokter HaloDoc melalui fitur Call, Chat, atau Video Call. Apalagi jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke rumah sakit. Download aplikasi HaloDoc sekarang di App Store dan Google Play