• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Makanan yang Baik untuk Berenang

4 Jenis Makanan yang Baik untuk Berenang

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Berolahraga sebaiknya tidak dilakukan dengan perut kosong. Begitu pun saat berenang. Sebaiknya sebelum berenang atau olahraga lainnya, kamu mengonsumsi camilan atau makanan ringan lainnya.

Sebelum melakukan pemanasan untuk perenang, ada baiknya kamu makan sedikit. Lalu bagaimana setelah berenang? Kamu juga perlu makan setelahnya untuk menggantikan energi yang dikeluarkan saat bergerak di dalam air. Hal yang perlu diperhatikan untuk berenang setelah makan setidaknya satu jam dan jenis makanan yang dipilih. Berikut adalah jenis-jenis makanan yang baik dikonsumsi saat berenang:

1. Pasta dan Nasi

Tidak ada larangan makan sebelum berenang. Namun, sebaiknya konsumsi makanan karbohidrat dalam jumlah sedikit sebelum berenang. Beberapa jenis makanan “berat” yang disarankan adalah pasta atau nasi dalam porsi kecil. 

Baca juga: Awas, Ini Bahaya Berenang Setelah Makan

2. Pisang

Buah pisang juga bisa menjadi pilihan menu makanan sebelum berenang, karena dapat menjadi sumber pottasium yang baik. Selain itu, pisang juga dapat menjadi sumber gula alami yang baik untuk menambah energi tubuh. Kalium dalam pisang juga dapat membantu mencegah kelelahan pada otot tubuh kamu. 

3. Ikan

Protein dalam ikan sangat baik dikonsumsi sebelum berenang karena mudah dicerna dan mudah diserap oleh tubuh. Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan juga dapat membantu mengurangi kolesterol, menjadi fleksibilitas dari arteri dan vena serta memperkuat otot jantung.

4. Telur

Makanan selanjutnya yang juga kaya akan protein adalah telur. Makanan ini juga mengandung asam amino yang bermanfaat bagi otot dan manfaat protein di dalamnya lebih bermanfaat dibandingkan sumber protein dari makanan lain. 

Baca juga: Benarkah Berenang Memakai Lensa Kontak Berisiko Terkena Uveitis?

Jangan Lupa Minum

Setelah berenang, jangan lupa untuk minum. Meskipun kamu berolahraga di dalam air, kamu tetap membutuhkan air atau cairan yang cukup sebelum, selama dan setelah berolahraga untuk membantu mencegah dehidrasi. Agar tetap terhidrasi dengan baik saat berenang, inilah rekomendasi minum yang direkomendasikan:

  • Minumlah kira-kira 2 hingga 3 gelas (473 hingga 710 mililiter) air selama dua hingga tiga jam sebelum latihan. 
  • Minumlah sekitar setengah hingga 1 cangkir (118 hingga 237 mililiter) air setiap 15 hingga 20 menit selama latihan. Sesuaikan jumlah yang terkait dengan ukuran tubuh dan cuaca.
  • Minumlah kira-kira 2 hingga 3 gelas (473 hingga 710 mililiter) air setelah latihan untuk setiap 0,5 kilogram berat badan yang hilang selama berenang. 

Air umumnya adalah cara terbaik untuk mengganti cairan yang hilang. Namun, jika kamu berolahraga lebih dari 60 menit, gunakan minuman khusus olahraga. Minuman olahraga dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh dan memberi kamu sedikit lebih banyak energi karena mengandung karbohidrat. 

Baca juga: 5 Olahraga untuk Mempercepat Kehamilan

Dalam hal makan dan berolahraga, setiap orang bisa berbeda. Jadi perhatikan bagaimana perasaan kamu selama latihan dan kinerja tubuh secara keseluruhan. Biarkan pengalaman memandu kamu tentang kebiasaan makan sebelum dan sesudah berolahraga yang paling cocok untuk kamu.

Pertimbangkan untuk membuat catatan jurnal untuk memantau bagaimana tubuh bereaksi terhadap makanan berat dan ringan. Dengan begitu, kamu dapat menyesuaikan diet untuk kinerja yang optimal.

Itulah jenis makanan yang baik dikonsumsi saat berenang. Jika perlu, sebaiknya bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai kesehatan otot dan gizi, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc kapan saja dan dimana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Eating and exercise: 5 tips to maximize your workouts
WebMD. Diakses pada 2020. Food to Fuel Your Workout